19 March 2019

Idap Kaki Gajah, Bisakah Sembuh Tanpa Minum Obat?

Idap Kaki Gajah, Bisakah Sembuh Tanpa Minum Obat?

Halodoc, Jakarta - Pernah dengar soal penyakit kaki gajah? Penyakit yang memiliki nama medis lymphatic filariasis ini adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing filarioidea yang menginfeksi kelenjar getah bening. Cacing ini masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini biasanya menyerang orang yang tinggal di wilayah tropis. Bagaimana gejala dan cara mengobati penyakit kaki gajah? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyakit kaki gajah terjadi ketika nyamuk mengisap darah seseorang yang mengandung cacing filaria. Kemudian, nyamuk yang telah terinfeksi cacing itu akan menyebarkan cacing filaria ketika menggigit orang lain. Larva cacing filaria kemudian akan tinggal di dalam pembuluh getah bening. Di dalam pembuluh getah bening inilah larva cacing filaria akan tumbuh dewasa dan berkembang biak.

Baca juga: Inilah 3 Jenis Filariasis yang Perlu Diketahui

Cacing dewasa kemudian bisa hidup hingga 7 tahun lamanya dalam pembuluh getah bening manusia. Mereka akan menyebarkan jutaan cacing ke dalam pembuluh darah sehingga ketika digigit, nyamuk bisa menularkannya lagi kepada orang lain.

Gejala yang Terbagi Menjadi Beberapa Fase

Seseorang yang terinfeksi cacing filaria tidak bisa langsung dipastikan, karena penyakit ini memiliki beberapa fase, yaitu:

1. Fase Tanpa Gejala

Saat seseorang terinfeksi cacing filaria, dia tidak akan langsung menunjukkan gejala tertentu. Meski begitu, pada fase ini sebenarnya telah terjadi kerusakan sistem aliran getah bening dan limpa, seiring terjadinya perubahan pada sistem kekebalan tubuh.

2. Fase Akut

Ditandai dengan adanya peradangan pada kulit, kelenjar getah bening, dan pembuluh getah bening, yang biasanya menyertai pembengkakan kelenjar getah bening yang sudah kronis, dan kaki gajah. Hal ini disebabkan oleh respons sistem kekebalan tubuh terhadap parasit. Gejala-gejala yang dapat muncul pada fase akut ini meliputi demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan pembengkakan pada tungkai kaki dan kantung zakar.

Baca juga: Bikin Ganggu, Ini Daftar Penyakit Akibat Nyamuk

3. Fase Kronis

Saat memasuki fase kronis, pembengkakan jaringan limfa dan penebalan kulit pada kaki dan zakar bisa terjadi. Pada wanita, dapat terjadi pembengkakan pada payudara dan organ kelamin.

Begini Cara Mengobati dan Mencegah Penyebarannya

Karena melibatkan nyamuk sebagai perantara, maka cara mencegah penyakit kaki gajah adalah sebisa mungkin menghindari terkena gigitan nyamuk, terutama pada waktu pagi dan sore hari. Caranya adalah dengan membersihkan lingkungan agar nyamuk tidak bersarang, tidur dengan memakai kelambu, memakai pakaian panjang saat beraktivitas di luar rumah, dan mengoleskan penangkal nyamuk di kulit yang tidak tertutup pakaian.

Meminum obat cacing rutin setiap tahun dapat membunuh larva cacing dalam aliran darah. Jika seseorang sudah mengidap penyakit kaki gajah maka dia akan disarankan untuk mengonsumsi obat antiparasit, seperti albendazole dan ivermectin, atau bersama diethylcarbamazine citrate. Obat-obatan ini efektif untuk membersihkan darah dari mikrofilaria, sekaligus mencegah penyebaran kepada orang lain.

Baca juga: Operasi untuk Atasi Filariasis, Perlukah?

Untuk membasmi cacing dewasa, dapat digunakan obat doxycycline. Pemakaian obat tersebut juga berperan sebagai pencegahan terhadap penularan kaki gajah di masyarakat. Untuk infeksi cacing filaria yang menyebabkan pembengkakan yang besar di bagian kantung zakar atau mengenai bagian mata, mungkin akan diperlukan tindakan operasi.

Itulah sedikit penjelasan tentang penyakit kaki gajah. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!