• Home
  • /
  • Ingin Hasil Kerja Bagus, Konsumsi 4 Makanan untuk Otak Ini

Ingin Hasil Kerja Bagus, Konsumsi 4 Makanan untuk Otak Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ingin Hasil Kerja Bagus, Konsumsi 4 Makanan untuk Otak Ini

Halodoc, Jakarta - Otak adalah organ vital, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan semua makanan yang dikonsumsi menyehatkan. Dengan memiliki otak yang sehat, kamu dapat mengatasi banyak masalah dengan mudah, karena fungsinya yang berada dalam tahap maksimal.

Seiring dengan bertambahnya usia, memang fungsi otak dapat menurun dan daya ingat menjadi lebih lemah. Maka dari itu, kamu benar-benar harus mencegahnya sebelum terjadi. Hal yang penting untuk dilakukan adalah menjaga asupan makanan mengandung nutrisi tinggi. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, banyak manfaat positif lainnya yang dapat terasa pada tubuh. Inilah beberapa makanan tersebut:

  1. Ikan Berlemak

Makanan pertama yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak adalah ikan berlemak. Beberapa jenis ikan, seperti salmon, trout, dan sarden, merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Faktanya, sekitar 60 persen otak terdiri dari lemak dengan separuh dari angka tersebut masuk dalam jenis omega-3. Otak dapat menggunakan omega-3 untuk membangun sel otak dan saraf untuk pembelajaran dan memori.

Selain itu, terdapat manfaat tambahan lainnya saat seseorang rutin mengonsumsi makanan ini. Salah satunya adalah dapat memperlambat penurunan mental yang disebabkan oleh faktor usia dan membantu mencegah penyakit Alzheimer. Seseorang yang kurang mengonsumsi omega-3 dipercaya berhubungan dengan gangguan belajar hingga depresi. Maka dari itu, pastikan untuk rutin mengonsumsi ikan berlemak agar otak dan tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Otak dengan 6 Jenis Makanan Ini

  1. Cokelat Hitam

Makanan lainnya yang baik untuk otak agar tetap berfungsi dengan baik adalah cokelat hitam. Pasalnya, makanan tersebut mengandung kakao, yaitu sejenis antioksidan yang mengandung flavonoid. Kandungan antioksidan berperan penting untuk menjaga kesehatan otak, karena organ tersebut sangat rentan terhadap stres oksidatif yang dapat menyebabkan penurunan kognitif disebabkan usia dan penyakit otak.

Pada sebuah penelitian disebutkan jika flavonoid baik untuk otak karena dapat mendorong pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di bagian otak yang berhubungan dengan memori dan pembelajaran. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat merangsang aliran darah di otak dan dapat mengatasi masalah memori. Cobalah untuk membiasakan diri mengonsumsi cokelat hitam agar kesehatan otak terjaga.

  1. Bluberi

Bluberi adalah salah satu buah yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan pada tubuh, terutama untuk otak. Makanan ini baik dikonsumsi karena kandungan anthocyanin di dalamnya yang dapat memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan. Seperti dikatakan sebelumnya, kandungan antioksidan dapat melawan stres oksidatif yang dapat berkontribusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif.

Selain itu, kandungan antioksidan pada bluberi dapat meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak. Pada suatu penelitian juga ditemukan jika buah tersebut dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat dan bahkan mencegah gangguan memori jangka pendek. Kamu dapat mengonsumsi buah bluberi dengan cara dimakan langsung atau mencampurnya dengan sereal saat sarapan.

Baca juga: 6 Makanan untuk Tingkatkan Konsentrasi Otak

  1. Brokoli

Banyak orang kurang menyukai brokoli karena rasanya, padahal banyak manfaat yang diberikan oleh sayuran ini. Makanan ini dapat menjadi sumber serat makanan dengan kalori yang rendah dan mampu menyehatkan otak. Brokoli kaya akan senyawa glukosinolat yang dapat dipecah oleh tubuh menjadi isotiosianat. Kandungan tersebut dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko terserang penyakit neurodegeneratif. 

Selain itu, sayur tersebut juga kaya akan kandungan vitamin C, flavonoid, serta antioksidan. Hal yang paling penting adalah brokoli kaya akan kandungan vitamin K, yang dapat mencukupi kebutuhan harian kamu saat mengonsumsinya sekitar 1 cangkir. Vitamin tersebut dapat membentuk sphingolipid, sejenis lemak padat yang baik untuk merangsang sel-sel otak. Hal tersebut baik untuk menjaga daya ingat.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan otak dan juga bermanfaat bagi bagian tubuh lainnya. Pastikan kamu mengonsumsi beberapa makanan tersebut setiap hari dan bahkan jadikan sebagai rutinitas. Dengan begitu, otak yang sehat didapatkan dan dapat menunjang semua pekerjaan yang dilakukan setiap hari.

Baca juga: 9 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

Jika kamu masih ingin tahu lebih jauh terkait beberapa makanan lainnya yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone agar mendapatkan kemudahan akses kesehatan!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Best Foods to Boost Your Brain and Memory.
Medical News Today. Diakses pada 2020. 12 foods to boost brain function.