Ini 3 Waktu yang Dianjurkan untuk Olahraga Saat Puasa

Ini 3 Waktu yang Dianjurkan untuk Olahraga Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Untuk kamu yang ingin tetap hidup sehat, puasa seharusnya tidak menghalangi kamu untuk tetap berolahraga. Olahraga saat puasa juga bisa dimanfaatkan untuk lebih banyak membakar kalori sehingga mampu menurunkan berat badan dengan lebih optimal. Namun, bukan berarti olahraga saat puasa bisa disamakan dengan olahraga pada hari biasa, terdapat beberapa aturan yang tetap harus ikuti supaya puasa tetap lancar. Salah satunya adalah dengan tetap perhatikan waktu dan intensitas olahraga saat puasa.

Selama puasa, kamu akan merasa lemas dan mudah lelah. Olahraga berat saat puasa dapat menyebabkan kerusakan otot dan meningkatkan hormon stres dalam tubuh. Jadi, kamu harus pintar-pintar mencari waktu yang tepat untuk olahraga saat bulan puasa. Nah, berikut ini waktu yang dianjurkan untuk melakukan olahraga selama puasa:

Baca Juga: Olahraga selama Puasa? Ini Hal yang Harus Disesuaikan

Setelah Sahur

Waktu yang sarankan pertama untuk olahraga adalah setelah sahur. Tubuh kamu telah menerima energi dari makanan yang kamu makan saat sahur, sehingga kamu bisa melakukan olahraga pada waktu ini.

Pastikan olahraga yang kamu lakukan setelah sahur adalah olahraga dengan intensitas ringan seperti bersepeda atau jalan di sekitar rumah. Dengan rutin melakukan olahraga setelah sahur, maka hal ini baik untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

Sebelum Buka Puasa

Waktu olahraga yang disarankan juga selama puasa adalah sesaat sebelum buka puasa guna membakar lemak lebih banyak lagi. Hal ini tentu saja menguntungkan kamu yang juga tengah mengurangi berat badan selama puasa ini. Dengan berolahraga di saat perut kosong, maka hal ini membantu untuk membakar lemak lebih banyak.

Setelah letih olahraga, kamu kemudian bisa menikmati sajian buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang. Sehingga waktu olahraga sebelum buka puasa merupakan waktu olahraga yang paling baik karena kamu tidak perlu khawatir mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.

Namun, usahakan untuk tidak memaksakan olahraga sebelum berbuka ini. Kamu wajib membatasi olahraga hanya sekitar 60 menit saja. Yang penting jangan sampai kamu sakit, merasa lemas, dan pusing setelah olahraga karena bisa membuat kesehatan menurun dan mengganggu ibadah puasa.

Baca Juga: 5 Penyebab Munculnya Keluhan Sakit Saat Puasa

Setelah Berbuka Puasa

Ini juga merupakan salah satu waktu terbaik untuk olahraga selama bulan puasa. Namun jangan langsung melakukannya setelah berbuka ya! Tunggu sekitar dua sampai tiga jam setelah buka puasa sampai makanan bisa dicerna oleh tubuh sehingga kamu mendapatkan energi kembali untuk melakukan olahraga.

Untuk olahraga yang dilakukan setelah berbuka puasa, tidak ada pantangan yang harus dilakukan. Hal ini karena kamu memiliki cukup energi, sehingga kamu juga bisa melakukan olahraga apapun. Mulai dari intensitas ringan sampai berat, termasuk olahraga untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Puasa

Mulai sekarang jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas berolahraga. Tetap perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka. Jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh kamu sebanyak 2 liter per hari.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kegiatan olahraga saat puasa. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu ketika menjalankan ibadah puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!