Ini 5 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 5 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Ketika menjalani ibadah puasa, tubuh akan terasa lebih lemas dibanding hari biasanya. Hal ini karena asupan makanan dan minuman yang berkurang. Namun, meskipun kamu sedang menjalani ibadah puasa, hindari bermalas-malasan seharian. Melakukan ibadah puasa bukan berarti kamu juga puasa untuk melakukan olahraga.

Baca juga: Kesalahan Ketika Berolahraga saat Puasa

Kurangnya aktivitas fisik atau olahraga bisa menurunkan kekuatan otot pada tubuh dan membuat tubuh kamu tidak sehat. Jadi, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan olahraga ketika bulan puasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan olahraga di bulan puasa, seperti jenis olahraga dan waktu olahraga.

Perhatikan waktu berolahraga ketika kamu sedang berpuasa. Tidak seperti hari-hari biasa, waktu berolahraga pada bulan puasa nyatanya sangat terbatas. Hindari melakukan olahraga pada waktu siang hari karena dapat menyebabkan dehidrasi. Sebaiknya pilih waktu sore hari menjelang waktu berbuka.

Selain itu, jangan lupa untuk sesuaikan jenis olahraga yang akan kamu lakukan. Berikut ini olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa:

1. Jalan Santai

Jalan santai adalah salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan pada bulan puasa. Kamu bisa melakukan jalan santai beberapa saat menjelang waktu berbuka. Selain menunggu waktu berbuka, dengan berjalan-jalan santai di sekitar lingkungan, kamu juga bisa melepaskan kepenatan setelah seharian beraktivitas. Lakukan jalan santai selama 20 hingga 30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh ketika kamu berpuasa.

2. Berenang

Melakukan olahraga renang ketika puasa boleh saja dilakukan. Sebaiknya pastikan tidak ada air yang masuk kedalam tubuh selama kamu menjalani olahraga renang. Kamu bisa melakukan olahraga renang menjelang berbuka puasa pada sore hari. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum kamu berenang agar meminimalkan risiko kram ataupun tegang otot.

Baca juga: Sehat Berpuasa dengan Rutin Olahraga

3. Yoga

Selain mampu menjaga pikiran kamu tetap rileks dan santai, yoga adalah jenis olahraga yang membantu untuk mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Sambil menunggu waktu berbuka kamu bisa melakukan berbagai pose yoga yang dapat menjaga tubuh kamu tetap sehat dan bugar seperti cat cow pose, seated twist, downward dog, warrior one dan warrior two.

4. Bersepeda

Salah satu olahraga yang baik dilakukan saat bulan puasa adalah bersepeda. Bersepeda santai pada sore hari membuat pikiran menjadi lebih tenang dan santai. Pilih waktu sore hari ketika akan bersepeda sambil menunggu waktu berbuka puasa. Lakukan olahraga bersepeda selama 30 hingga 45 menit.

5. Naik Turun Tangga

Meskipun terlihat sepele, nyatanya melakukan kegiatan naik turun tangga merupakan kegiatan yang dapat membuat tubuh kamu menjadi sehat dan bugar. Kegiatan ini dapat dilakukan di mana saja. Sebaiknya kurangi penggunaan lift dan perbanyak gunakan tangga ketika berada di kantor. Naik turun tangga selama 10 menit mampu membantu untuk menurunkan kalori dalam tubuh sebesar 178 kalori.

Mulai sekarang jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas berolahraga. Tetap perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka. Jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh kamu sebanyak 2 liter per hari.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kegiatan olahraga saat puasa. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu ketika menjalankan ibadah puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Jika Berolahraga Saat Puasa