Ini 4 Mitos Flu yang Masih Dipercaya Hingga Kini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini 4 Mitos Flu yang Masih Dipercaya Hingga Kini

Halodoc, Jakarta – Banyak yang berpikir bahwa penyakit flu dan batuk pilek adalah penyakit yang sama. Meskipun memiliki gejala yang hampir sama, kedua penyakit ini disebabkan oleh virus yang berbeda. Selain itu, penyakit flu merupakan salah satu penyakit yang mudah ditularkan pada orang lain. 

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Mengenai Vaksin Flu

Virus influenza dapat ditularkan melalui udara dan juga percikan air liur pengidap flu pada orang lain. Tidak ada salahnya untuk menjaga kebersihan diri khususnya tangan agar penyebaran virus influenza dapat dihentikan.

Inilah Mitos Seputar Penyakit Flu

Penyakit flu merupakan penyakit yang umum dialami oleh siapa saja di segala usia. Selain virus influenza, ada beberapa pemicu yang meningkatkan seseorang berisiko alami penyakit flu. DI antaranya seperti kondisi tempat tinggal yang berada di tengah pengidap flu, sistem kekebalan tubuh yang lemah, usia seseorang, dan pengidap penyakit kronis.

Penyakit flu adalah salah satu penyakit yang mudah diatasi sehingga terkadang banyak orang yang menyepelekan penyakit ini. Padahal, jika tidak diatasi penyakit flu dapat sebabkan gangguan kesehatan atau komplikasi, seperti meningitis atau infeksi virus pada otak.

Ketahui beberapa mitos yang selama ini berkembang mengenai penyakit flu, agar kamu lebih peduli terhadap kesehatan tubuh yang alami penyakit flu, yaitu:

1. Orang Sehat Tidak Memerlukan Vaksinasi Influenza

Tubuh yang sehat membuat kamu tidak memerlukan vaksinasi influenza. Ini adalah pemikiran yang salah. Menurut Matthew Mintz, dokter spesialis penyakit dalam dari Bethesda, seseorang yang tidak pernah mengalami penyakit flu bukan berarti tidak berisiko alami penyakit flu sehingga tidak membutuhkan vaksinasi influenza.

Vaksinasi influenza dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Tidak hanya untuk diri sendiri, pencegahan ini juga dilakukan untuk melindungi orang-orang terdekat agar tidak tertular penyakit flu yang kamu idap. Jadi, tidak ada salahnya lakukan vaksinasi influenza sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu.

Baca juga: Virus Influenza Dapat Sebabkan Laringitis

2. Vaksinasi Influenza Membuat Kamu Terhindar dari Penyakit Flu

Meskipun telah melakukan vaksinasi influenza, bukan artinya kamu terhindar dari penyakit flu. Namun ketika kamu telah melakukan vaksinasi influenza, gejala yang dirasakan tidak separah orang-orang yang belum melakukan vaksinasi. Selain itu, risiko terkena komplikasi akibat virus influenza juga lebih rendah. Sebaiknya ketahui persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum lakukan vaksinasi influenza dengan bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

3. Udara Dingin Menjadi Penyebab Utama Penyakit Flu

Penyebab flu adalah paparan virus influenza pada seseorang. Udara dingin bukan menjadi penyebab seseorang alami penyakit flu. Banyak orangtua yang menyarankan anaknya untuk berpakaian hangat ketika udara di luar ruangan sedang dingin agar anak tidak alami penyakit flu. Kondisi sistem imun tubuh yang rendah membuat seseorang rentan alami penyakit flu meskipun tidak berada dalam tempat yang dingin. Ruangan yang terpapar virus influenza lebih rentan sebabkan penularan dibandingkan udara dingin.

4. Lakukan Perjanjian Sebelum Vaksinasi Influenza

Banyak orang yang enggan lakukan vaksinasi influenza karena harus melakukan penjadwalan dengan pihak rumah sakit untuk vaksin. Faktanya adalah tidak. Mudah untuk melakukan vaksinasi influenza di rumah sakit tanpa harus menunggu jadwal berbulan-bulan sebelum lakukan vaksin. Sebelum melakukan vaksin, sebaiknya berdiskusi pada dokter untuk memastikan kesehatan kamu terhadap obat-obatan yang nanti akan digunakan.

Baca juga: Musim Penghujan, Cegah Flu dengan 4 Makanan Ini

Jadi, jangan ragu untuk lakukan vaksinasi influenza agar kesehatan tetap terjaga dan kamu dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 10 Flu Myths Your Doctor Wishes You Would Stop Believing
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Influenza