Wajib Tahu, Ini Tips Aman Berenang Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Wajib Tahu, Ini Tips Aman Berenang Saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Saat puasa, tidak hanya makan dan minum yang dilarang, kamu juga dilarang untuk melakukan hal yang berpotensi menyebabkan sesuatu masuk ke dalam tubuh. Salah satunya adalah berenang. Olahraga air ini diwanti-wanti dapat membatalkan puasa. Hal ini karena takutnya saat renang, kamu tidak sengaja menelan airnya sehingga puasa pun jadi batal.

Renang saat menjalankan ibadah puasa sebetulnya tidak dilarang, namun beberapa ulama menganggap hal ini hukumnya makruh karena aktivitas ini berisiko membuat puasa jadi batal dan sebetulnya bisa dihindari. Jika puasa kamu lakukan untuk tujuan kesehatan, lakukan aktivitas ini dengan baik. Niatkan bukan karena ingin kuat puasa mendinginkan tubuh. Kalau niat berenang memiliki tujuan baik dan porsinya tepat, puasa tidak akan batal dan kamu tetap bisa menjalankannya hingga waktunya berbuka puasa.

Hal pertama, pastikan kamu hanya berenang selama 30 hingga 60 menit per hari saja. Lebih baik lagi jika dilakukan menjelang berbuka dan bukan saat siang hari. Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Nah, beberapa ini tips untuk kamu yang ingin tetap olahraga renang saat menjalankan ibadah puasa, antara lain:

Baca Juga: Renang Saat Puasa, Kapankah Waktu yang Tepat

  • Siapkan Penjepit Hidung

Saat berenang di bulan puasa, kamu wajib menyiapkan penjepit hidung. Namun jika gerakan renang tidak membuat kepala berada di bawah permukaan air mungkin tidak diperlukan. Manfaat dari penjepit air ini adalah untuk melindungi air masuk ke dalam hidung beserta bakteri yang ada di dalamnya.

  • Kenakan Topi Renang

Topi renang dibutuhkan untuk melindungi area rambut dan menghindari rambut mengganggu aktivitas renang. Tidak hanya itu, menggunakan perlengkapan ini juga melindungi telinga kamu sehingga air tidak masuk saat menyelam terlalu dalam atau membuat gerakan miring. Topi renang umumnya dibuat dari bahan silikon atau karet yang elastis. Hasilnya, bahan ini tidak mudah ditembus dengan air sehingga aman saat digunakan dan tidak batal saat puasa.

Baca Juga: Sahur Sehat, Coba Konsumsi 5 Sayur Ini

  • Menggunakan Kacamata Renang

Sebetulnya penggunaan kacamata renang berfungsi untuk melindungi mata dari air kolam. Ini karena air kolam yang jernih biasanya mengandung klorin yang cukup banyak. Kandungan bahan kimia ini cukup berbahaya kalau terkena organ tubuh yang cukup sensitif seperti mata. Jika kamu berenang dan membuka mata di dalam air, kemungkinan terjadi iritasi cukup tinggi.

  • Siapkan Pelampung

Alat ini dibutuhkan jika kamu memang belum terlalu mahir berenang. Dengan pelampung, kamu tidak akan tenggelam di dalam air karena tubuhmu dibuat mengambung. Pilih pelampung dalam bentuk ban, papan, atau rompi yang membuat kamu selalu mengambang. Lagipula, jika kamu tenggelam, maka kemungkinan besar air bisa masuk ke dalam.

Baca Juga: 3 Tips Berolahraga di Bulan Ramadan

Nah, jika kamu butuh saran dari dokter untuk menjaga kesehatan tubuh dan keluarga selama bulan puasa, tak usah ragu untuk menghubungi dokter. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter melalui pilihan metode komunikasi berupa Chat, Video Call, dan Voice Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli kebutuhan medis yang kamu butuhkan melalui Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!