Ini 8 Cara Praktis Menghilangkan Bau Kaki

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
cara menghilangkan bau kaki

Halodoc, Jakarta - Bau kaki yang muncul, bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengidapnya. Bau kaki yang muncu,l bahkan membuat orang-orang di sekitar menjadi tidak nyaman. Bau kaki punya nama medis, yaitu bromodosis. Bau kaki yang muncul tidak hanya disebabkan oleh kebersihan yang kurang baik, kondisi ini bahkan menjadi indikasi adanya suatu penyakit dalam tubuh. Berikut ini cara praktis menghilangkan bau kaki.

Baca juga: 3 Trik Atasi Bau Kaki yang Mengganggu Aktivitas

Berikut 7 Cara Praktis Menghilangkan Bau Kaki

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau kaki. Namun, beberapa cara alami berikut ini dapat kamu coba di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada:

1. Rendam Air Garam

Selain dapat menghilangkan bau kaki, merendam kaki dengan air garam akan membuat sensasi rasa rileks. Jika kamu memiliki gatal-gatal pada kaki, cara yang satu ini pun bisa dicoba. Caranya dengan mencampur setengah gelas garam dengan air hangat. Rendam kaki selama 10-15 menit.

2. Rendam Air Perasan Lemon 

Buah yang satu ini memiliki sifat anti-bakteri yang dapat mengatasi bakteri penyebab bau kaki. Caranya dengan mencampur perasan enam buah lemon dengan air hangat. Rendam kaki selama 10-15 menit.

3. Rendam Air Baking Soda 

Bahan alami yang satu ini juga ampuh dalam memberantas bau kaki. Caranya dengan mencampurkan seperempat gelas baking soda dengan air hangat. Rendam kaki selama 10-15 menit.

4. Rendam Air Cuka 

Sebelum merendam kaki dengan air cuka, pastikan bahwa kamu tidak memiliki luka atau iritasi pada kaki. Untuk memberantas bau kaki, caranya dengan mencampurkan cuka dengan air hangat dengan perbandingan 1::2. Rendam kaki selama 10-15 menit.

Baca juga: Bikin Ganggu, Cari Tahu 4 Penyebab Bau Kaki

5. Rendam Teh Hitam

Bahan alami yang satu ini diklaim ampuh dalam membunuh bakteri penyebab bau kaki dengan mengurangi produksi keringat. Caranya dengan rendam teh hitam dengan air hangat selama 15 menit. Kemudian , rendam kaki selama setengah jam.

6. Scrub dengan Bubuk Kopi

Kamu dapat mencampurkan kopi dengan minyak kelapa sebagai bahan scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada kaki. Selain itu, kamu dapat menaburkan bubuk kopi pada kaus kaki yang akan dipakai, diamkan semalaman.

7. Deodorant

Deodorant yang umumnya dipakai di ketiak ini ternyata ampuh dalam menghilangkan bau kaki karena mengandung anti-bakteri. Anti-bakteri pada deodorant ini berguna dalam mencegah perkembangan bakteri yang menjadi masalah pada bau kaki.

8. Sabun Berbahan Dasar Mint

Memang agak aneh jika sabun ini digunakan pada kaki, karena mint merupakan bahan dasar yang biasanya digunakan untuk menyegarkan mulut. Jika kamu rutin mencuci kaki dengan sabun mint, maka bau kaki akan hilang secara perlahan.

Baca juga: Terkena Infeksi Pada Kaki Karena Jamur? Mungkin Itu Tanda Tinea Pedis

Bau kaki sebenarnya disebabkan oleh kelenjar keringat pada kaki yang lebih banyak dibanding dengan bagian tubuh lainnya. Kelenjar keringat sendiri berfungsi untuk melembapkan kulit menjadi lebih lentur, dan mengatur suhu tubuh ketika cuaca sedang panas. Bau kaki bisa terjadi ketika bakteri pada kulit bercampur dengan keringat pada kaki.

Jika kamu menemukan kendala dalam melakukan langkah di atas, kamu bisa langsung diskusikan dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kakimu dengan mengganti kaos kaki setiap kali digunakan. Selain itu, hindari stres yang berlebihan, sehingga tidak terjadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan kaki mengeluarkan keringat lebih banyak.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. Ten ways to get rid of smelly feet.
Healthline. Diakses pada 2019. How to Get Rid of Smelly Feet (Bromodosis).