Ini Alasan Gigi Linu Saat Karang Gigi Dibersihkan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Alasan Gigi Linu Saat Karang Gigi Dibersihkan

Halodoc, Jakarta - Karang gigi adalah plak yang menempel pada gigi atau sela-sela. Plak ini disebabkan oleh kuman yang memakan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi seseorang. Faktor lain yang membentuk karang gigi adalah keasaman pH air liur. 

Air liur yang bersifat basa bisa membentuk garam jika bertemu makanan yang bersifat asam. Karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan bantuan sikat gigi saja. Scaling adalah prosedur yang bisa dilakukan untuk membersihkan karang gigi di antara gigi dan gusi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Dapat Memicu Gusi Meradang

Prosedur pembersihan karang gigi ini biasanya membuat gigi terasa linu. Oleh sebab itu, terkadang beberapa orang meminta dokter gigi untuk melakukan anestesi lokal karena khawatir akan rasa sakit selama prosedur. 

Dokter gigi dapat merekomendasikan perawatan tambahan tergantung pada kesehatan gigi dan gusi. Dokter gigi mungkin menggunakan agen antimikroba di mulut atau meresepkan antibiotik oral untuk digunakan selama beberapa hari.

Kenapa Gigi Terasa Linu Saat Prosedur Scaling?

Untuk membersihkan karang gigi dokter memerlukan sebuah alat yang berbentuk seperti kait berujung lancip disebut scaler. Scaler dilengkapi dengan getaran ultrasonik yang bekerja untuk merontokkan karang-karang gigi. Setelah melakukan scaling gigi, kemudian dokter gigi akan membersihkan seluruh permukaan gigi sampai ke sudut-sudut gusi. Nah, tahap inilah yang biasanya membuat gigi terasa linu. 

Gigi yang linu selama pembersihan karang biasanya lebih sering dialami oleh pada seseorang yang giginya sudah mengalami penurunan gusi. Kondisi ini menyebabkan sebagian akar gigi  terbuka dan tidak memiliki lapisan email. Nah, akar gigi biasanya tersambung ke bagian saraf gigi, sehingga jika dibersihkan tentu akan terasa sakit karena bagian ini lebih sensitif. Karang gigi yang sudah terlalu tebal biasanya juga menyebabkan gigi terasa linu saat dibersihkan. Ini karena, bagian yang tertutup karang akan kembali terkena cairan yang ada di dalam mulut. 

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Ngilu

Tips Merawat Gigi Linu Setelah Prosedur Scaling

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan gejala gigi linu setelah melakukan prosedur scaling, seperti:

1. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Setelah melakukan prosedur scaling, tentunya gigi akan lebih sensitif dibanding kondisi sebelumnya. Maka dari itu, kamu perlu menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas maupun terlalu dingin agar gigi tidak semakin linu. Hindari pula makanan dan minuman yang terlalu manis sebelum gigi kembali ke kondisi normal.

2. Gunakan Pasta Gigi Khusus

Kamu mungkin perlu menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif kurang lebih selama 2–3 minggu sebelum scaling dan setelahnya. Selain menggunakan pasta gigi khusus, kamu juga harus lebih pelan dan berhati-hati saat menggosok gigi. Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut.

3. Kumur dengan Air Garam

Kumur garam sudah dikenal khasiatnya untuk meredakan gusi bengkak, sakit gigi, termasuk gigi linu setelah prosedur scaling. Kumur dengan air garam juga berguna untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Baca Juga: Apakah Gigi Sensitif Bisa Sembuh?

Kalau kamu butuh obat kumur atau pasta gigi sensitif, beli saja lewat aplikasi Halodoc! Klik fitur Buy Medicine yang ada di aplikasi Halodoc untuk membeli obat yang kamu butuhkan. Lalu, pesanan akan diantar ke tempat tujuan. Gampang banget kan? Makanya yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!