Apakah Gigi Sensitif Bisa Sembuh?

mengobati gigi sensitif

Halodoc, Jakarta - Nyeri yang berkaitan dengan gigi sensitif, terjadi di dalam saraf gigi. Nyeri ini tidak selamanya menetap pada gigi kamu, ada yang terjadi sementara, ada yang hilang dan timbul dalam jangka waktu tertentu. Agar kamu enggak keliru, yuk ketahui selengkapnya tentang gigi sensitif!

Baca juga: Penyebab Sakit Gigi Selain Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Gigi Sensitif, Apakah Itu?

Gigi sensitif merupakan rasa tidak nyaman pada gigi yang dipicu oleh konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, terlalu panas, terlalu asam, dan terlalu dingin. Pada pengidapnya, gigi sensitif bisa saja menimbulkan rasa sakit berupa kejutan yang tajam dan terjadi secara singkat.

Gigi sensitif akan terjadi ketika dentin, atau yang lebih dikenal dengan bagian gigi yang lembut, terpapar tanpa perlindungan. Ketika ribuan saraf yang ada pada dentin tidak lagi terlindungi dari rangsangan makanan atau minuman yang dikonsumsi, hal inilah yang menyebabkan gigi terasa ngilu dan nyeri.

Apakah Gigi Sensitif dapat Disembuhkan?

Gigi sensitif dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat dan telaten. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan pemakaian rutin dari pasta gigi sensitif cukup ampuh dalam menyembuhkan kasus gigi sensitif yang tidak terlalu parah. Pasta gigi ini mengandung strontium klorida atau potasium nitrat yang dapat melindungi sistem saraf gigi dan menghalangi sinyal rasa sakit akibat konsumsi makanan dan minuman tertentu.

Jika dengan menggunakan pasta gigi sensitif tidak kunjung sembuh, biasanya dokter akan mencari tahu apa yang menjadi penyebab gigi sensitif. Jika masalah gigi sensitif disebabkan oleh gigi berlubang atau masalah gusi lainnya, dokter biasanya akan menangani sumber masalah sebelum melakukan pengobatan pada gigi sensitif.

Baca juga: 5 Tips Cara Atasi Masalah Gigi Sensitif

Setelah penyebab gigi sensitif ditemukan dan diobati. Dokter baru akan melakukan perawatan gigi sensitif dengan mengoleskan gel khusus ke lapisan gigi guna mengurangi rasa ngilu akibat dari gigi sensitif. Dokter biasanya juga akan mengoleskan gel fluorida untuk mencegah gigi berlubang dan menguatkan lapisan gigi. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya gigi sensitif di kemudian hari.

Nah, perawatan yang dilakukan ini tidak akan berhasil jika hanya dilakukan sekali. Untuk hasil yang maksimal, perawatan harus dilakukan secara berulang. Hal ini juga harus dilakukan secara bersamaan dengan perawatan gigi yang baik dan benar. Jadi, jika kamu masih malas untuk menyikat gigi, dan tetap mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu terjadinya gigi sensitif, perawatan yang dilakukan akan sia-sia.

Penanganan Gigi Sensitif Di Rumah

Nah, jika sewaktu-waktu gigi sensitif kambuh, berikut beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk mengobati gigi sensitif di rumah:

  • Pilih bulu sikat halus guna melindungi email gigi.

  • Setelah menyikat gigi, pakai obat kumur guna membantu mengobati gigi sensitif.

  • Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

  • Hindari makanan dan minuman yang jadi pemicu terjadinya gigi sensitif.

  • Hentikan kebiasaan menggigit kuku.

  • Selama menyikat gigi, hindari tekanan yang terlalu keras pada gigi.

  • Kamu bisa menyikat gigi 30 menit sampai satu jam setelah makan atau minum dengan bahan yang manis dan asam.

Baca juga: Bukan Hanya Gigi Ngilu, Ini 3 Dampak Radang Gusi bagi Tubuh


Kamu memiliki salah satu gejala gigi sensitif? Segera hubungi dokter, ya! Karena penanganan yang tepat dapat meminimalisir terjadinya komplikasi, sehingga pengobatan lebih cepat dilakukan. Dengan Halodoc, kamu bisa memilih dokter yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasinya segera!