Ini Alasan Jerawat Muncul saat Datang Bulan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Alasan Jerawat Muncul saat Datang Bulan

Halodoc, Jakarta – Saat menjelang datang bulan, ada banyak perubahan yang terjadi pada wanita baik dari fisik maupun dari psikis. Bagi beberapa wanita, menjelang menstruasi menjadi momen perubahan fisik yang cukup signifikan, salah satunya adalah munculnya jerawat pada tubuh khususnya bagian wajah.

Baca juga: Pemahaman Tentang Menstruasi yang Masih Keliru

Ketahui Alasan Penyebab Munculnya Jerawat saat Datang Bulan

Umumnya, penyebab jerawatan yang muncul ketika seorang wanita memasuki masa PMS karena perubahan hormon sehingga hormon menjadi tidak stabil. Perubahan kadar hormon ini yang bisa menjadi perubahan pada kulit kamu. 

Saat menjelang datang bulan, hormon estrogen dan progesteron mengalami kenaikan jumlah hormon dalam tubuh wanita. Naiknya kedua kadar hormon ini dalam tubuh juga meningkatkan produksi sebum pada kulit.

Sebum adalah substansi minyak bertekstur kental yang menjadi pelumas alami bagi kulit. Nah, jika sebum yang muncul pada kulit bercampur dengan kulit mati dan bakteri P. Acnes maka akan menyumbat pori-pori dan akhirnya menjadi jerawat pada kulit.

Cara Merawat Kulit agar Terhindar dari Jerawat Datang Bulan

Sebaiknya rawat kulit kamu menjelang datang bulan agar kulit terhindar dari jerawat. Lakukan beberapa cara ini agar jerawat tidak muncul menjelang datang bulan, yaitu dengan:

1. Rutin Mencuci Tangan

Sebaiknya jangan malas untuk mencuci tangan agar kebersihan tangan kamu selalu terjaga dan kamu terhindar dari masalah jerawat. Kotoran pada wajah bisa disalurkan melalui tangan yang kotor. Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dengan menggunakan sabun agar kebersihan tangan selalu terjaga.

2. Bersihkan Wajah Setiap Hari

Jangan malas untuk membersihkan wajah. Mencuci wajah secara rutin membantu kulit wajah terhindar dari kotoran dan polutan yang menempel pada wajah kamu. Debu dan polutan yang menempel pada wajah mampu menyumbat pori-pori wajah yang bisa menjadi penyebab jerawat.

Baca juga: Mengompres Muka dengan Air Hangat Bisa Sembuhkan Jerawat?

3. Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

Selain menjaga kebersihan diri kamu, memerhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi menjelang datang bulan bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengurangi jerawat yang muncul pada tubuh kamu maupun wajah. Makanan yang mengandung lemak dan garam tinggi memicu pertumbuhan jerawat pada kulit. Tidak hanya itu, makanan yang mengandung olahan susu dapat memicu kelenjar minyak pada kulit dan meningkatkan seseorang lebih rentan memiliki jerawat pada kulitnya.

4. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Menjalani gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya jerawat. Memiliki waktu istirahat yang cukup bisa dilakukan untuk menghindari munculnya jerawat pada kulit. Selain itu, meningkatnya kadar stres dalam tubuh memicu glukokortikoid yang dapat merusak struktur kulit dan fungsi kulit. Jangan lupa untuk rutin berolahraga, karena olahraga membantu untuk menurunkan tingkat stress dalam tubuh.

5. Konsumsi Air Putih

Jangan lupa rutin mengonsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu perharinya. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh juga dapat menghindari dari masalah jerawat yang muncul pada kulit.

Lakukan penanganan yang tepat jika muncul jerawat pada kulit kamu ketika akan datang bulan. Penanganan yang tepat dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan lain pada tubuh kamu. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Jerawat dengan Metode Alami