19 October 2018

Ini Alasan Kebersihan Handuk Harus Dijaga

ini alasan kebersihan handuk harus dijaga

Halodoc, Jakarta – Seberapa sering kamu mencuci handukmu? Handuk merupakan salah satu perlengkapan mandi yang penting dan wajib tersedia di rumah. Kamu menggunakan handuk hampir setiap hari, bahkan bisa lebih dari satu kali dalam sehari, yaitu setiap kali habis mandi. Saat mengeringkan badan dengan handuk, kemungkinan besar kuman-kuman dan kotoran yang ada pada tubuh berpindah dan menempel ke handuk. Bayangkan bila kamu tidak mencuci handukmu dalam jangka waktu yang lama.  Oleh karena itu, jangan sepelekan kebersihan handuk. Ini alasan pentingnya menjaga kebersihan handuk.

1. Mencegah Handuk Menjadi Lembap dan Bau

Handuk terbuat dari bahan yang tebal. Jika terkena air, handuk yang tebal akan lebih mudah mengunci kelembapan. Apalagi kalau selama ini kamu menyimpan handuk di dalam kamar mandi. Suhu yang lembap di kamar mandi akan membuat handuk yang basah sehabis digunakan menjadi susah kering, sehingga handuk akan tetap lembap. Nah, handuk yang lembap bila dibiarkan saja, lama-kelamaan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Kalau handuk sudah mulai bau, itu tandanya kamu harus segera mencucinya. Tapi, jangan tunggu handuk bau dulu baru dicuci. Mencuci handuk secara rutin juga bermanfaat untuk membuat handuk bersih dan tidak lembap ketika dipakai.

2. Menghilangkan Kuman dan Bakteri

Tahukah kamu, handuk yang lembap itu merupakan tempat yang paling nyaman bagi kuman dan bakteri untuk bersarang dan berkembang biak. Nyatanya, di dalam handuk terdapat berbagai mikroorganisme yang terus berkembang biak. Walaupun kamu menggunakan handuk setelah mandi, tapi belum tentu badan kamu sudah benar-benar terbebas dari kuman dan bakteri. Saat mengeringkan badan, kuman dan bakteri yang masih menempel di badan akan berpindah ke handuk. Belum lagi sebelum mandi, kamu mengambil handuk dengan tangan yang tidak tahu sudah bersih atau belum. Jadi, bersihkanlah handuk sebelum kuman-kuman dan bakteri yang ada di dalamnya berkembang biak semakin banyak.

3. Agar Tidak Mudah Sakit

Kesehatan berhubungan erat dengan kebersihan. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi setiap hari sebenarnya merupakan cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, walaupun kamu sudah mandi sampai benar-benar bersih sekalipun, tapi bila kamu mengeringkan badan dengan handuk yang kotor, maka badan pun akan terkontaminasi oleh kuman dan bakteri yang ada pada handuk. Bukan tidak mungkin kuman dan bakteri tersebut dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya masalah kulit. Jadi, usahakan untuk menjaga kebersihan handuk ya.

Tips Menjaga Kebersihan Handuk

Buat kamu yang masih bertanya-tanya seberapa sering handuk harus dicuci, berikut cara membersihkan handuk yang baik:

  • Kamu dianjurkan untuk mencuci handuk setelah empat kali pemakaian. Jadi, bila dalam sehari kamu mandi dua kali, berarti kamu perlu mencuci handuk dua hari sekali.
  • Selain rutin dicuci, handuk juga harus rutin dijemur di bawah sinar matahari. Proses penjemuran ini bermanfaat agar handuk tidak lembab ketika digunakan dan mengurangi bakteri yang berkembang di dalam handukmu.
  • Menjemur handuk yang baik adalah dengan cara dilebarkan agar semua bagian handuk bisa terkena sinar matahari secara merata.
  • Kamu juga sebaiknya menggantung handuk di tempat yang terbuka, teduh, dan terkena sinar matahari agar lebih cepat kering.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya menjaga kebersihan handuk. Yuk, bersihkan handuk secara rutin. Kalau kamu sakit dan butuh saran dokter, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: