Ini Bahayanya Terlalu Sering Menggunakan Earphone

Ini Bahayanya Terlalu Sering Menggunakan Earphone


Halodoc, Jakarta - Mendengarkan musik dan menonton film adalah obat ampuh agar terhindar dari stres. Cara ini terbilang mudah, hanya dengan memasang earphone ke ponsel atau laptop maka kamu dapat menikmati konten apa pun yang kamu mau. Selain itu, kebanyakan dari kita setuju bahwa mendengarkan musik atau menonton video terasa lebih mengasyikan jika menggunakan earphone. Saking menyenangkannya, banyak orang yang setiap saat menggunakan earphone. Padahal sebetulnya dari sisi kesehatan, bahaya earphone juga cukup tinggi.

Bahaya earphone tidak langsung terasa, tetapi bagi kamu yang menggunakannya selama lebih dari lima jam dalam seminggu, maka hal ini meningkatkan risiko kerusakan permanen pada telinga, dan tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda. Nah, berikut bahaya earphone yang wajib kamu ketahui:

Kerusakan Permanen pada Telinga

Bahaya earphone pertama yang wajib kamu waspadai adalah kemungkinan terjadi kerusakan telinga permanen. Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga. Suara dari headset langsung terpusat pada telinga, sehingga kerap ambang batas pendengarannya kerap melebih ambang batas yang ideal yang bisa diterima oleh telinga. Selain itu, pengguna earphone dapat mengalami kehilangan kemampuan mendengar selama beberapa waktu yang disebut numb-ear. Kamu tidak boleh mengabaikan hal ini karena dapat berujung pada ketulian. Selain ear numb, ada kondisi yang disebut ear-ache. Pengidap ear-ache merasakan sakit pada beberapa titik di telinga dan mengalami telinga berdengung.

Baca juga: 5 Jenis Gangguan Pendengaran yang Perlu Diketahui

Infeksi Telinga

Tak hanya berbahaya bagi pendengaran, kamu yang gemar meminjam atau meminjamkan earphone kepada teman dapat berisiko tertular penyakit. Earphone biasanya menjadi benda yang jarang sekali dibersihkan sehingga memungkinkan benda ini menjadi tempat bakteri berkembang biak. Sering meminjamkan atau meminjam earphone, berarti kamu membiarkan tertular bakteri penyebab infeksi telinga. Jadi pastikan benda ini hanya digunakan secara pribadi. Jika terpaksa meminjam atau meminjamkan, pastikan agar dibersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.


Kerusakan pada Otak

Tidak hanya berpotensi merusak pendengaran, bahaya earphone bagi tubuh yang lain adalah kerusakan pada otak. Hal ini karena suara yang dihasilkan earphone akan membawa gelombang elektromagnetik yang dapat berbahaya bagi otak. Bagian dalam telinga berhubungan langsung dengan otak sehingga infeksi sekecil apapun pada bagian dalam telinga dapat memberi pengaruh pada otak. Memang hal ini belum sepenuhnya valid, tetapi umumnya penggunaan earphone terlalu sering memang berbahaya bagi otak.

Baca juga: Nyeri di Telinga, Bisa Jadi Otitis Media

Dianggap Apatis

Ini merupakan permasalahan saat seseorang terlalu sering menggunakan earphone. Penggunaan earphone dengan volume yang kencang dapat membuat kita asyik sendiri dan terkesan tidak peduli dengan dunia luar. Hal ini membuat kita jadi tidak peka dengan kondisi sekitar. Selain itu, sudah banyak kejadian kecelakaan yang terjadi akibat penggunaan earphone. Hindari penggunaan earphone dengan volume tinggi dan pastikan untuk tidak memakai earphone sampai tertidur karena dapat menyebabkan kamu tersengat listrik.

Baca juga: 5 Penyebab Telinga Berdenging

Itu tadi beberapa jenis bahaya earphone yang wajib kamu ketahui. Supaya kamu tidak mengalaminya, segera tanyakan pada dokter jika kamu mengalami gejala yang tidak biasa pada telinga kamu. Gunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan kamu berkomunikasi dengan para dokter. Aplikasi Halodoc juga memiliki layanan Apotek Antar yang bisa kamu gunakan untuk membeli obat tanpa perlu keluar rumah, lho. Yuk, download  sekarang!