Ini Cara Atasi Kulit Kering dan Bersisik Akibat Eksim Atopik

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Cara Atasi Kulit Kering dan Bersisik Akibat Eksim Atopik

Halodoc, Jakarta - Selain bikin kulit jadi kering dan bersisik, eksim atopik juga ditandai dengan munculnya ruam kulit dan rasa gatal yang terus-menerus. Ruam dan rasa gatal akibat penyakit kulit ini dapat muncul di satu atau lebih area kulit, dan semakin terasa memburuk saat malam hari. Pada beberapa kasus, kulit yang bermasalah bahkan dapat menimbulkan rasa sakit, dan berdarah.

Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, ada beberapa faktor yang diduga memicu munculnya kondisi ini, yaitu:

  • Cuaca.

  • Makanan.

  • Bulu hewan.

  • Bahan pakaian yang digunakan.

Baca juga: Bukan Cuma Orang Dewasa, Newborn Juga Bisa Terkena Eksim Atopik

Bagaimana Cara Mengatasinya?     

Penanganan eksim atopik utamanya bertujuan untuk meredakan gejala yang muncul. Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk meredakan gejala eksim atopik, mulai dari perawatan mandiri di rumah hingga pemberian obat. Dokter akan menentukan metode penanganan yang sesuai dengan kondisi pengidap.

Selama pengobatan, pengidap dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus menghindari faktor yang dapat memicu atau memperburuk kondisi. Menghindari faktor pemicu dapat dilakukan dengan mengganti sabun, menggunakan pelembap kulit setelah mandi, atau tidak menggunakan bahan pakaian yang bisa menimbulkan ruam.

Penanganan gejala dapat dilakukan dengan pemberian obat dalam bentuk oles, minum, atau suntik. Dokter kulit akan meresepkan obat sesuai dengan gejala yang dialami pengidap.

Beberapa contoh obat tersebut adalah:

  • Kortikosteroid, misalnya methylprednisolone. Obat ini digunakan untuk meredakan inflamasi.

  • Tacrolimus. Obat ini digunakan untuk meredakan gejala gatal sekaligus memperbaiki kulit rusak.

  • Antibiotik, seperti amoxicillin dan ciprofloxacin. Obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri akibat terus menggaruk.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari saat Mengalami Eksim Atopik

Selain pemberian obat, meredakan gejala eksim atopik juga dapat dilakukan dengan terapi, seperti:

  • Terapi pembalutan. Dalam terapi ini, area kulit yang bermasalah akan dioleskan obat kortikosteroid, lalu dibalut dengan perban basah. Terapi ini dilakukan untuk menangani eksim atopik yang tergolong parah dan membutuhkan rawat inap.

  • Terapi cahaya. Terapi ini menggunakan cahaya khusus yang dipaparkan ke tubuh pengidap guna meredakan gejala yang muncul. Terapi cahaya dilakukan ketika obat-obatan oles tidak bisa mengatasi eksim atopik. Walau terbukti efektivitasnya, terapi cahaya memiliki efek samping yang membahayakan. Maka dari itu, penanganan eksim atopik dengan terapi ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak dan bayi.

  • Konseling. Salah satu faktor yang diduga memicu sekaligus memperburuk gejala eksim atopik adalah stres. Dengan konseling, psikolog atau psikiater dapat membantu pengidap untuk menangani stres.

Menangani gejala eksim atopik dapat memakan waktu yang cukup lama. Prosesnya bisa berlangsung dalam beberapa bulan bahkan tahun. Untuk membantu pemulihan kondisi, pengidap dapat melakukan perawatan mandiri di rumah yang tergolong sederhana, seperti:

  • Balut area kulit yang bermasalah dengan perban untuk melindungi kulit.

  • Mandi air hangat, tetapi jangan terlalu panas.

  • Pilih sabun tanpa parfum dan pewarna.

  • Gunakan pelembap udara di rumah.

  • Pilih pakaian yang lembut dan sejuk untuk digunakan.

  • Kendalikan stres yang muncul.

Baca juga: 5 Cara Atasi Eksim Atopik pada Bayi

Perawatan mandiri di rumah juga dapat dilakukan dengan menggunakan produk pelembap kulit atau mengonsumsi obat pereda gatal. Namun, akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dikhawatirkan bahwa penggunaan obat atau produk kulit tersebut justru memperburuk kondisi yang ada.

Itulah sedikit penjelasan tentang eksim atopik dan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!