28 February 2019

Ini Jenis Makanan yang Bisa Menjadi Pemicu Rosacea

Ini Jenis Makanan yang Bisa Menjadi Pemicu Rosacea

Halodoc, Jakarta - Rosacea adalah kondisi kulit yang tampak seperti memerah dan terbakar sinar matahari. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa jenis makanan. Hal ini umumnya menyerang orang dewasa yang berusia di atas 30 tahun. Rosacea juga dapat menyerang daerah pusat wajah seperti hidung, pipi, dan dagu. Selain itu, kondisi kulit ini juga dapat menyerang mata, telinga, leher, dan dada.

Rosacea yang terjadi pada seseorang akan menimbulkan beberapa gejala seperti kemerahan, kulit kering dan mengelupas, pembuluh darah membesar, jerawat, hingga benjolan. Di samping itu, gejala yang timbul ketika terjadi pada mata adalah kemerahan, kerap mengeluarkan air mata, sensitif terhadap cahaya, dan penglihatan kabur. Pada tahap yang parah, hal ini dapat menyebabkan kulit menebal, serta pembesaran pada hidung dan dagu.

Penyebab gangguan ini belum diketahui secara pasti. Namun, disebutkan bahwa makanan dapat menjadi pemicu rosacea. Hal tersebut terjadi karena tubuh merespons peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Selain itu, perubahan sistem kekebalan tubuh dan ketidakseimbangan bakteri pada usus juga dapat menjadi salah satu faktor. Perawatan yang dapat dilakukan adalah membatasi konsumsi beberapa makanan yang dapat memicu hal tersebut.

Baca Juga: Inilah Komplikasi dan Pengobatan Rosacea

Makanan Pemicu Rosacea

Beberapa makanan yang dipercaya dapat menjadi pemicu terjadi rosacea pada seseorang adalah:

  1. Makanan Pedas

Salah satu makanan pemicu rosacea adalah makanan yang mengandung cabai atau yang menghasilkan rasa pedas sehingga dapat menyebabkan kulit pada wajah memerah. Pada seseorang yang mengidap gangguan ini, makanan pedas dapat memperburuk gejala yang timbul hingga 75 persen. Disebutkan bahwa gangguan pencernaan yang terjadi karena kandungan pada makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan dan kemerahan pada kulit.

  1. Makanan dan Minuman Panas

Makanan pemicu rosacea yang lain adalah makanan dan minuman panas. Pada sekitar 95 persen pengidap rosacea, gejalanya akan lebih parah setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang panas, khususnya ketika mengonsumsi kopi atau teh. Bukanlah kafein yang menyebabkan rosacea terjadi, tetapi temperatur makanan tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk dinginkan terlebih dahulu makanan dan minuman sebelum dikonsumsi.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Rosacea Bisa Sebabkan Hidung Memerah

  1. Makanan Fermentasi

Makanan yang diolah dengan cara fermentasi juga termasuk dalam makanan pemicu rosacea. Selain itu, makanan ini juga dapat menyebabkan benjolan yang menyerupai jerawat. Makanan fermentasi seperti kimchi atau keju-kejuan dapat menyebabkan rosacea pada beberapa orang. Gangguan ini tidak dapat dicegah, tetapi dapat dihindari hal yang dapat memicunya.

  1. Alkohol

Rosacea juga dapat disebabkan oleh alkohol. Makanan atau minuman yang mengandung alkohol dapat meningkatkan aliran darah pada kulit, sehingga wajah memerah, terasa panas, bahkan menyebabkan iritasi. Selain itu, cobalah untuk menghindari produk kecantikan yang mengandung alkohol, karena dapat menyebabkan kulit teriritasi.

  1. Cokelat

Makanan lainnya yang dapat menyebabkan seseorang mengidap rosacea adalah cokelat. Disebutkan bahwa 1 dari 5 pengidap rosacea mengalami gejala yang lebih parah ketika sehabis memakan cokelat. Hal tersebut terjadi karena kandungan dalam cokelat dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar dan sirkulasi darah lebih lancar, sehingga kulit menjadi terlihat lebih merah.

Baca Juga: Wajib Tahu, Tanda dan Penyebab Rosacea

Itulah beberapa makanan yang dapat menyebabkan rosacea. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan pada kulit tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!