Ini yang Terjadi pada Tubuh Pengidap Neuralgia Trigeminal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
neuralgia trigeminal, nyeri pada wajah

Halodoc, Jakarta - Pengidap neuralgia trigeminal biasanya akan merasakan nyeri pada satu sisi wajah, terutama pada wajah bagian bawah. Rasa nyeri akan terasa seperti tertusuk atau tersengat listrik. Kondisi ini biasanya akan berlangsung hingga dua menit, dalam kurun waktu dua bulan, dan terjadi secara teratur setiap harinya. Namun, dalam kasus yang parah, kondisi ini bisa saja muncul ratusan kali dalam sehari. Nah, apa yang terjadi pada tubuh mereka ketika kondisi ini dialami oleh pengidap neuralgia trigeminal?

Baca juga: Penyebab Seseorang Bisa Terkena Trigeminal Neuralgia

Neuralgia Trigeminal, Kelainan pada Saraf Utama Wajah

Neuralgia trigeminal atau yang lebih dikenal dengan nyeri wajah merupakan kondisi kelainan yang menyebabkan rasa sakit pada saraf trigeminal. Saraf ini merupakan saraf utama pada wajah yang berada pada bagian pelipis. Penyakit ini merupakan penyakit kronis yang jarang terjadi dan disertai dengan rasa sakit yang cukup parah. Pengidap kondisi ini bahkan bisa saja kehilangan tenaga dan kelemasan.

Ini yang Terjadi pada Tubuh Pengidap Neuralgia Trigeminal

Neuralgia trigeminal ditandai dengan rasa nyeri. Nyeri ini akan muncul pada daerah pipi, rahang, gusi, gigi, atau bibir. Pengidap kondisi ini juga sering merasa nyeri pada salah satu sisi wajah. Nah, ini yang terjadi pada tubuh pengidap neuralgia trigeminal!

  • Pengidap biasanya akan merasakan sakit pada satu area wajah. Rasa sakit ini bisa saja menyebar ke seluruh wajah.

  • Nyeri yang dirasakan bisa saja terjadi secara spontan atau karena dipicu oleh gerakan tertentu yang melibatkan otot-otot pada wajah, seperti mengunyah, tersenyum, sikat gigi, atau saat berada dalam kendaraan.

  • Serangan nyeri ini dapat berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Hal ini bisa saja terjadi semakin parah, seiring dengan berjalannya waktu. Kondisi ini juga dapat terjadi secara teratur dalam beberapa hari, bahkan beberapa bulan. Rasa nyeri yang dirasakan juga akan timbul dan hilang.

Pada kasus neuralgia trigeminal yang parah, pengidap biasanya akan merasakan serangan nyeri ini ratusan kali dalam satu hari.

Baca juga: Mengidap Trigeminal Neuralgia, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh

Ini Penyebab Terjadinya Neuralgia Trigeminal

Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab penyakit ini. Namun, beberapa hal yang dapat memicu terjadinya neuralgia trigeminal, antara lain:

  • Faktor genetik. Seseorang akan berisiko lebih tinggi mengidap penyakit ini jika salah satu keluarga mengalami hal yang sama.

  • Jenis kelamin. Seseorang dengan jenis kelamin wanita akan lebih rentan mengidap neuralgia trigeminal.

  • Usia. Seseorang yang berumur di atas 50 tahun lebih berisiko mengidap penyakit ini.

Untuk itu, segera hubungi dokter jika gejala yang kamu alami tidak kunjung mereda setelah mengonsumsi obat yang diberikan dokter, kamu mengalami efek samping dari obat-obatan yang kamu konsumsi, dan kamu memiliki penglihatan ganda, lemak otot, perubahan wajah saat mendengar. Gejala-gejala tersebut menunjukkan kalau kamu tengah mengidap gangguan lain dari neuralgia trigeminal.

Baca juga: Cara Pencegahan Trigeminal Neuralgia yang Perlu Dipahami

Jika kamu mempunyai masalah dalam melakukan pencegahan guna meringankan gejala yang dirasakan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!