30 July 2018

Inilah Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Rambut

waktu yang tempat untuk mencuci rambut, mencuci rambut,

Halodoc, Jakarta - Mencuci rambut alias keramas, boleh jadi cara paling sederhana untuk merawat rambut. Banyak orang berpikir kalau mencuci rambut idealnya dilakukan dua atau tiga kali seminggu. Namun, apakah aturan tersebut terbukti bisa merawat dan menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala? Nah, berikut waktu yang tepat untuk mencuci rambut menurut ahli.

Tak Ada Aturan Baku

Pada dasarnya sih masalah seberapa sering seorang mencuci rambutnya, tergantung dari masing-masing orang. Kata seorang principal scientist, enggak ada aturan baku dalam mencuci rambut. Namun, sebaiknya disesuaikan dengan kesehatan, lingkungan, dan aktivitas fisik. Misalnya, mencuci rambut di malam hari setelah kamu menyelesaikan aktivitas seharian.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Rambut Rontok

Yang terpenting bukan frekuensinya, tapi produk yang digunakan. Misalnya, memilih produk rambut yang bisa membersihkan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan.

Menurut dokter spesialis kulit, saat mencuci rambut kamu perlu mengenali kondisi rambut atau jenis kulit kepala terlebih dahulu. Pasalnya, tak semua orang bisa menggunakan metode yang sama. Dengan kata lain, mencuci rambut sebanyak tiga kali seminggu belum tentu baik untuk kondisi rambut dan kulit kepala semua orang.

Oleh sebab itu, pertama-tama kamu perlu mengenali tipe kulit rambut, kering atau berminyak. Setelah itu, barulah kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk mencuci rambut. Kesimpulannya, tak ada waktu yang pasti kapan sebaiknya seseorang mencuci rambut, karena kondisi rambut tiap orang berbeda-beda.

Misalnya, rambut yang mudah berminyak, diperbolehkan untuk mencuci rambut setiap hari. Namun, bagi pemilik rambut yang kering, bisa mencuci rambutnya tiga kali dalam seminggu. Yang perlu diingat, terlalu sering mencuci rambut pun bisa menimbulkan masalah lain, seperti rambut kering dan rontok.

Pagi atau Malam Hari?

Meski tak ada aturan baku, kira-kira lebih baik mana mencuci rambut pagi atau malam hari? Nah, menurut ahli dermatologi, sebenarnya baik pagi atau malam hari, keramas sesungguhnya bisa bermanfaat bagi rambut dan kulit kepala.

Baca juga: 5 Penyebab Munculnya Ketombe

Kata si ahli, kulit kepala sama halnya dengan kulit tubuh pada bagian lain. Kulit kepala juga mengandung banyak keringat dan minyak. Oleh sebab itu perlu dibersihkan secara berkala agar tetap bersih dan dalam kondisi yang baik. Apalagi bila kulit kepala sering terpapar debu dan polusi tiap hari.

Bila malam atau pagi hari tak jadi persoalan, bagaimana dengan frekuensinya? Kata ahli, untuk menentukan frekuensi mencuci rambut sebaiknya disesuaikan dengan tipe rambut. Berikut frekuensi yang disarankan untuk keramas sesuai jenis rambut, seperti dilansir dalam Boldsky.

1 Rambut Tebal

Wanita berambut tebal biasanya tak memiliki masalah dengan minyak. Sebab butuh waktu untuk minyak dari kulit kepala “berjalan” menyusuri helaian yang tebal. Pemilik rambut tebal bisa keramas dalam frekuensi yang lebih jarang. Misalnya, seminggu sekali.

2. Rambut Kering

Kapan waktu yang tepat untuk mencuci rambut kering? Pemilik rambut kering disarankan mencuci rambutnya dua kali seminggu, jangan mencucinya setiap hari. Pasalnya, hal itu bisa menghilangkan minyak alami yang tersisa di rambutmu. Akan lebih baik lagi bila menyertakan kondisioner untuk membantu melembabkan batang rambut.

Baca juga: Kesalahan Umum pada Perawatan Rambut

3. Panjang Alami

Pemilik rambut panjang alami yang enggak terlalu tebal atau tipis, bisa mengatur waktu keramas sesuai keinginan. Meski begitu, para ahli tetap menyarankan untuk keramas dua kali seminggu. Boleh juga menggunakan kondisioner untuk melembabkannya.


4. Rambut Tipis

Wanita dengan rambut tipis disarankan mencuci rambutnya dengan shampo lebih sering daripada si rambut kering, yaitu tiga kali seminggu. Alasannya, rambut tipis dan halus cenderung menyerap minyak lebih banyak daripada rambut lainnya.

Mau tahu lebih jauh mengenai waktu yang tepat untuk mencuci rambut? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!