Inilah yang Dimaksud 4 Stadium Kanker

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
stadium kanker, kelenjar getah bening

Halodoc, Jakarta - Jika kamu didiagnosis mengidap kanker, kamu pasti akan diberitahu sudah berada dalam tahap mana stadium kanker yang kamu alami. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi sejauh mana penyebaran kanker kamu. Stadium pada kanker ini memberikan informasi bagaimana penyakit ini berkembang dari waktu ke waktu, apa saja gejala-gejala yang dialami dari setiap peningkatan stadiumnya, dan apa saja kemungkinan komplikasi yang mungkin akan terjadi. Yuk, ketahui lebih jelas apa yang dimaksud dengan stadium kanker!

Baca juga: Kanker Prostat, Hantu Bagi Para Lelaki

Secara umum, semakin dini stadium kanker yang diketahui, akan lebih mudah untuk diobati. Pengobatan kanker pada stadium awal masih bisa dilakukan dengan cara radiasi. Sementara itu, kanker yang telah memasuki stadium akhir yang telah menyebar ke area lain akan membutuhkan kemoterapi. Berikut ini sistem untuk menentukan stadium kanker, yang umumnya dipakai oleh dokter!

Sistem TNM

Sistem ini merupakan sistem stadium kanker yang paling banyak digunakan. Sistem ini memberikan huruf dan angka pada kanker untuk menggambarkan tumor (T). kelenjar getah bening (N), dan berapa banyak kanker yang telah bermetastasis (M). Sistem ini membantu untuk menentukan stadium keseluruhan kanker.

  • Tumor (T)

Kategori T ini akan memberikan informasi tentang umur, seperti ukurannya, berapa banyak, dan apakah tumor telah menyebar ke jaringan yang lain. Contohnya: T0: berarti tidak ada tumor yang bisa diukur. Semakin tinggi angka, akan semakin besar ukuran tumor..

  • Kelenjar Getah Bening (N)

Kategori N menjelaskan apakah kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening. N akan diikuti dengan angka 0-3. Kelenjar bening merupakan kelenjar yang melawan virus dan bakteri sebelum virus dan bakteri menginfeksi tubuh. Jika hasil adalah N0, kelenjar getah bening tidak terlibat. Semakin tinggi angka, maka semakin banyak penyebaran sel kanker pada kelenjar getah bening.

  • Metastasis (M)

M menunjukkan apakah kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain. M diikuti oleh 0 atau 1. Jika kanker sudah menyebar ke organ dan jaringan di bagian tubuh lainnya, akan diklasifikasikan sebagai M1. Sedangkan jika belum ada penyebaran, akan diklasifikasikan sebagai M0.

Baca juga: Simak Cara Mendeteksi Kanker Tulang Pada Anak Sedini Mungkin

Setelah T, N, dan M ditentukan, dokter akan menetapkan stadium kanker dari angka 0-4. Ini lah yang dimaksud dengan 4 stadium dalam kanker!

  • Stadium 0

Stadium 0 merupakan stadium kanker pertama atau stadium pre-kanker dan masih dalam perhitungan. Tidak semua kanker memiliki stadium 0. Stadium ini berarti tidak ada kanker, hanya sel-sel abnormal dengan potensi menjadi kanker. Stadium ini disebut juga dengan karsinoma in situ.

  • Stadium I dan II

Pada tahap ini, kanker umumnya hanya ada di satu area tubuh. Kanker stadium I biasanya berukuran lebih kecil. Kanker pada stadium 1 juga disebut dengan kanker stadium awal.

  • Stadium III

Stadium ini berarti kondisi kanker lebih besar dan telah tumbuh pada jaringan lain di dekat kelenjar getah bening.

  • Stadium IV

Tahap ini biasanya menunjukkan bahwa kanker telah menyebar luas ke seluruh tubuh, atau beberapa bagian tubuh yang lain. Kanker pada stadium ini disebut juga dengan kanker stadium lanjut atau metastasis.

Baca juga: 5 Tanaman Alami untuk Mengobati Kanker Prostat

Deteksi kanker sedini mungkin, agar pengobatan dapat lebih mudah dilakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat. Jika ada yang tidak beres dengan tubuh kamu, sebaiknya segera diskusikan dengan dokter ahli. Dengan aplikasi Halodoc kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!