Jangan Tertukar, Ini Pengertian Kista dan Tumor Payudara

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Jangan Tertukar, Ini Pengertian Kista dan Tumor Payudara

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan payudara adalah salah satu hal yang cukup penting untuk wanita. Banyak sekali gangguan kesehatan yang menyerang payudara dan menyebabkan dampak untuk kesehatan, beberapa di antaranya adalah kista payudara dan tumor payudara.

Baca juga: Bukan Kanker, Ini 5 Benjolan pada Payudara yang Harus Diketahui

Namun, tahukah kamu kalau keduanya adalah jenis gangguan kesehatan yang berbeda? Ya, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih banyak mengenai perbedaan antara kista dan tumor payudara agar kamu menjadi lebih tenang ketika menghadapi perubahan pada payudara.

Kista Payudara

Kista payudara adalah jaringan yang berisi cairan dalam payudara. Kista payudara merupakan benjolan pada payudara yang tidak akan berubah menjadi sel kanker sehingga umumnya kondisi ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Seorang wanita bisa memiliki satu hingga beberapa kista dalam payudara. Kista payudara bisa terjadi pada satu payudara atau kedua payudara sekaligus. Sebaiknya ketahui gejala kista pada payudara agar kamu bisa membedakan dengan jenis benjolan lain pada payudara.

Kista payudara berbentuk oval atau bulat dengan tekstur sedikit kenyal ketika diraba. Benjolan umumnya terasa empuk dan terasa sakit ketika diraba. Benjolan yang disebabkan oleh kista mudah berpindah tempat. Biasanya, benjolan membesar sebelum wanita mengalami masa menstruasi. Ketika masa menstruasi telah berakhir, biasanya benjolan akan mengecil dengan sendirinya.

Kista dapat terbentuk pada payudara akibat adanya penumpukan cairan dalam kelenjar payudara. Tidak hanya itu, adanya perubahan kadar estrogen dalam tubuh juga dapat menyebabkan munculnya kista payudara. 

Baca juga: Benjolan pada Payudara, Bolehkah Dioperasi?

Sebaiknya gunakan bra yang sesuai dengan ukuran agar tidak menekan benjolan kista dan menyebabkan rasa nyeri. Selain itu, jika kista terasa sakit lakukan pengompresan pada benjolan kista dengan air hangat atau air dingin. Kedua cara ini dapat meringankan nyeri yang dialami.

Tumor Payudara

Umumnya, tumor payudara dikenal dengan 2 jenis, yaitu tumor payudara jinak dan tumor payudara ganas yang mengarah pada penyakit kanker payudara. Meskipun keduanya memiliki ciri umum benjolan pada payudara, sebaiknya perhatikan perbedaan gejala dari tumor payudara jinak dan tumor payudara yang ganas.

Fibroadenoma adalah jenis tumor payudara jinak yang banyak dialami oleh wanita mudah yang berusia di bawah 30 tahun. Meskipun jinak, kondisi ini membutuhkan perawatan agar tidak berkembang menjadi kondisi yang semakin parah. Umumnya, tumor payudara jinak memiliki ukuran diameter 1-2 cm dan tidak pernah melebihi 5 cm.

Perhatikan tumor payudara ganas yang dapat berkembang menjadi kanker payudara. Tumor payudara yang ganas merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang cepat menuju jaringan di sekitarnya. Sel kanker dapat terbentuk pada jaringan lemak dalam payudara, kelenjar susu maupun saluran susu.

Tidak ada salahnya untuk segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat jika menemukan perubahan yang mencurigakan pada payudara. Kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter secara online melalui aplikasi Halodoc. Caranya, cukup download di smartphone kamu, ya!

Ketahui Benjolan yang Perlu Diwaspadai pada Payudara

Tidak semua benjolan yang terdapat pada payudara berkembang menjadi kondisi yang ganas. Namun tidak ada salahnya untuk memerhatikan benjolan yang terjadi pada payudara. Sebaiknya waspada ketika terdapat benjolan atau penebalan pada payudara.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Benjolan pada Payudara

Waspada perubahan pada payudara yang terjadi pada bentuk dan ukuran payudara. Perubahan yang terjadi pada bagian kulit payudara serta keluarnya cairan dari puting juga sebaiknya diwaspadai agar kondisi ini tidak berkembang menjadi kondisi yang mengganggu kesehatan. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Breast Cysts
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Breast Cancer