Keanu Reeves Hampir 20 Tahun Single, Ini Manfaat Jomlo untuk Kejiwaan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Keanu Reeves Hampir 20 Tahun Single, Ini Manfaat Jomlo untuk Kejiwaan

Halodoc, Jakarta – Hampir 20 tahun single, akhirnya Keanu Reeves punya gandengan juga. Seniman Alexandra Grant menjadi pelabuhan pemeran John Wick ini, setelah Jennifer Syme kekasihnya meninggal karena kecelakaan mobil.

Setelah Jennifer Syme, Keanu Reeves hampir tidak pernah menjalin hubungan jangka panjang lagi. Keanu lebih dikenal karena film-filmnya, sikap rendah hati, ramah terhadap penggemar, dan kedermawanannya.  Benarkah lama jomblo memiliki manfaat terhadap kondisi kejiwaan?

Lebih Matang Secara Kejiwaan

Menurut Bella DePaulo, seorang psikolog dari Harvard University dan penulis buku How Singles are Stereotyped, menjadi single dalam jangka waktu lama akan membuat perkembangan kejiwaan seseorang menjadi lebih matang, sehat, dan lebih peka akan lingkungan sosial.

Bella menjelaskan ini dikarenakan kehidupan single berarti belajar melakukan sesuatu secara mandiri. Ini memungkinkan seorang single menghabiskan waktu untuk benar-benar mengembangkan keterampilan dan bakat, karena dia tidak bisa bergantung pada orang lain.

Baca juga: Single Tetap Bisa Bahagia, Ini Tips untuk Jomblo

Masa-masa single disebut sebagai momen buat seseorang untuk menemukan, mengasah kemampuan diri, sehingga menjadi lebih pede dan puas terhadap dirinya sendiri. Kesendirian juga membuat seseorang memiliki kebebasan untuk mengambil peluang yang datang. 

“Kenikmatan” menjadi single juga dapat membuat kamu menjalani hidup tanpa rencana dan konsultasi dengan pasangan, sesuatu yang memperkaya pengalaman fisik dan psikologismu.  Manfaat besar lainnya untuk menjadi single adalah kamu bisa menghindari hubungan yang dangkal dan mempertimbangkan hubungan mana yang baik serta kamu butuhkan untuk ke depannya. 

Hubungan Sosial yang Baik

Penelitian yang dilakukan Bella juga mengungkapkan fakta menarik lainnya, kalau mereka yang single memiliki hubungan sosial yang baik ketimbang yang berpasangan. Peka terhadap lingkungan, isu sosial, dan lebih memiliki empati. 

Perspektif orang yang masih single juga lebih objektif ketimbang mereka yang sudah memiliki pasangan. Ini membuat para single lebih bisa melihat suatu situasi, masalah lebih jernih dan tidak menekankan satu sisi saja. 

Menurut jurnal kesehatan psikologi yang ditulis oleh psikiatris Grant Hillary Brenner MD, FAPA di laman Psychology Today, mereka yang pernah mengalami trauma dalam hubungan memang disarankan untuk melajang untuk mengambil jarak sejenak berkontemplasi ketimbang terlibat dalam rebound relationship

Baca juga: Jangan Takut, Lawan Stigma Mengenai Gangguan Jiwa

Karena itu, akhirnya ketika seseorang tersebut sudah siap untuk menjalin hubungan yang baru dan berkualitas, maka relasi tersebut akan lebih langgeng, dan berkualitas. Apakah hubungan asmara sebelumnya membuat kamu mengalami trauma kejiwaan, konsultasikan saja di Halodoc.  

Dokter ataupun psikologi yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Bagaimana Menjadi Single yang Bahagia

Seperti Keanu Reeves yang akhirnya melabuhkan hati pada teman lamanya Alexandra Grant, bukan tak mungkin ternyata, orang yang selama ini kamu nanti ternyata ada di sekitarmu. Sembari menunggu hatimu secara total siap untuk menerima kehadiran orang baru, ada baiknya kamu mengikuti tips yang dilakukan oleh Keanu Reeves.

Berikut ini aktivitas yang bisa para single lakukan untuk menikmati momen-momen kesendirianmu:

  1. Temukan Aktivitas Favorit

Menjadi single, kemudian tidak memiliki hobi ataupun passion untuk dilakukan akan membuat hari-harimu membosankan dan bisa jadi tertekan. Ini bisa membuatmu mengasihani diri, karenanya temukan aktivitas favorit, isi hari-harimu dengan kegiatan bermakna dan menyenangkan. 

  1. Enyahkan Pikiran Negatif

Jangan biarkan pikiran negatif mengganggu diri untuk menikmati hari-harimu. Ketika kamu mulai memiliki pikiran seperti itu, ingatkan diri bahwa tidak semua pikiran mental itu benar. Daripada memilih untuk mempercayai sesuatu yang menyakitkan, perhatikan pola pikir negatif tersebut dan yakini kebalikan dari pikiran itu. 

Referensi:

Peaceful dumpling. Diakses pada 2019. Why Being Single (Forever) May Be Best For Health, According To Social Science.
Well And Good. Diakses pada 2019. 5 SCIENCE-BACKED TIPS FOR BEING SINGLE AND HAPPY.
Psychology Today. Diakses pada 2019. The Art and Psychology of Being Single.