Single Tetap Bisa Bahagia, Ini Tips untuk Jomblo

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Single Tetap Bisa Bahagia, Ini Tips untuk Jomblo

Halodoc, Jakarta - Menjadi seorang lajang atau kerap disapa jomblo memang memiliki segala kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya adalah kamu tidak terikat komitmen dengan seseorang sehingga dapat melakukan segala hal yang suka. Namun, tidak bisa dipungkiri juga, kamu mungkin terkadang memiliki kecemburuan kepada teman yang sudah mempunyai pasangan.

Penting untuk kamu ketahui, berdua juga tidak selamanya menyenangkan. Nyatanya, mempunyai pasangan bagi sebagian orang bisa menjadi petaka karena perselisihan yang terjadi. Apakah kamu baru saja mengakhiri hubungan atau baru bercerai dengan pasangan dan resmi menyandang status lajang, tidak perlu frustasi dengan keadaan. Pasalnya, menjadi single bukan berapi menyengsarakan tapi dapat menjadi sumber baru kebahagiaan. Coba ikuti tips untuk jomblo bahagia berikut ini. 

  • Menyatulah dengan Keadaan

Banyak orang jomblo menghabiskan banyak waktu untuk mencari pasangan. Meski hal ini tidak salah, menikmati kesendirian dengan tenang alias tidak terburu-buru juga disarankan. Kamu bisa merasakan damainya hidup, introspeksi terhadap diri sendiri, mengetahui lebih jauh apa yang menjadi kesalahan yang perlu diperbaiki sambil, tentu saja, memaafkan semua kesalahan masa lalu yang telah terjadi. 

Baca juga: Kenali Anuptaphobia, Rasa Takut Berlebihan Menjadi Lajang

Tidak mudah memang, karena tidak sedikit pula kandasnya hubungan berakhir dengan depresi pada salah satu pihak. Tindakan-tindakan melukai diri sendiri bahkan hingga bunuh diri pun kerap terjadi karena tidak kuat menahan gejolak kesedihan. Kalau kamu mengalaminya, segeralah ceritakan masalahmu pada ahli psikologi melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc

  • Kenali Diri Sendiri Lebih Dalam Lagi

Banyak orang memiliki kecenderungan untuk kehilangan diri sendiri ketika membina suatu hubungan demi menyenangkan pasangan. Pada akhirnya, hal ini hanya membuat kamu kehilangan apa yang sebenarnya kamu cari hanya demi menyenangkan orang lain. Ketika tiba masa kamu kembali sendiri, coba untuk luangkan waktu untuk mengenali diri sendiri lebih dalam lagi. Jangan biarkan kamu kehilangan jati diri demi kebahagiaan orang lain dan melupakan kalau sebenarnya kamu tidak bahagia. 

Baca juga: Sebelum Bercerai, Pria Berharap Tahu Hal Ini

  • Cintai Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Hubungan dengan diri sendiri adalah hubungan paling penting yang pernah kamu miliki. Jadi, mengapa tidak menjadikan hubungan ini yang terbaik yang pernah kamu jalani? Perlakukan dirimu sendiri dengan baik, sayangi dirimu sendiri lebih dari kamu menyayangi orang lain. Tidak ada yang menerimamu lebih baik dalam kondisi terburukmu selain keluarga dan dirimu sendiri. Jadi, sebelum memulai hubungan baru dan mencintai orang lain, mulailah untuk menyayangi dirimu sendiri

  • Lakukan Apa yang Kamu Inginkan

Tips untuk jomblo agar tetap bahagia adalah melakukan semua hal yang kamu sukai. Tidak ada yang melarangmu untuk menjalani hobi atau hal lain yang kamu suka. Memancing, membaca, hingga bermain musik. Ekspresikan dan bebaskan dirimu, nikmati waktu-waktu yang lebih berharga untuk dihabiskan dengan diri sendiri. Kamu berhak bahagia, dan kamulah yang harus mencari caranya. 

Baca juga: 5 Penyebab Depresi yang Sering Diabaikan

  • Rasakan Semua Emosi yang Ada

Biarkan dirimu merasakan semua emosi yang ada. Hal paling penting ketika kamu berada dalam suatu hubungan adalah memahami emosi dan suasana hati satu sama lain. Ketika kamu sedang sendiri, kamu bisa merasakan apa pun yang kamu ingin rasakan dan tidak ada seorang yang merasa terbebani akan hal itu. 

Referensi: 

Well and Good. Diakses pada 2019. 5 Science-Baked Tips for Being Single and Happy - Even If You Really Want A Partner.

Meet Mindful. Diakses pada 2019. 8 Tips to Feeling Happily SIngle While You’re Single.

Huffpost. Diakses pada 2019. If You Don’t Like Being Single, You Need to Read This.