Ketahui Jenis dan Cara Mengatasi Rosacea

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Jenis dan Cara Mengatasi Rosacea

Halodoc, Jakarta – Terdapat salah satu jenis penyakit kulit yang membuat wajah terlihat memerah. Tidak hanya itu, dapat muncul bintil yang berisi nanah dan pembuluh darah di kulit yang tampak jelas sekali seperti di area hidung, pipi, dagu,serta dahi. Penyakit ini umum terjadi pada orang dengan usia di atas 30 tahun dan disebut sebagai rosacea. Penyakit ini tidak bisa disamakan dengan jerawat, reaksi alergi, atau masalah kulit lainnya. Penyakit ini diduga kuat berhubungan dengan faktor genetis, gangguan sistem imun, serta infeksi tungau atau bakteri.

Sayangnya hingga kini, rosacea tidak dapat disembuhkan secara permanen. Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk mengendalikan dan menangani rosacea. Selain itu, rosacea hanya muncul pada siklus tertentu. Jadi, dengan melakukan beberapa hal ini, kamu bisa mengurangi tingkat keparahan dari rosacea.

  • Bersihkan Kulit dengan Hati-Hati

Cara untuk mengurangi gejala yang kian parah, kamu wajib mencuci wajah setiap hari namun dengan hati-hati. Sebum yang menyumbat pori-pori dapat menyebabkan iritasi pada rosacea, sehingga untuk melarutkan minyak yang ada di wajah dapat dilakukan dengan memberi menggunakan minyak.

Jadi kamu dapat memilih pembersih wajah dengan bahan dasar minyak seperti misalnya minyak hemp seed, minyak mineral, shea butter, minyak bunga matahari atau minyak jarak. Pijatkan minyak ke permukaan wajah dengan lembut selama 2 menit secara melingkar. Selain itu, kamu bisa menggunakan waslap yang dibasahi dengan air hangat untuk membantu penyerapan minyak.

  • Gunakan Tabir Surya

Untuk mengatasi rosacea, kamu wajib melindungi kulit dari sinar dan panas matahari. Oleskan tabir surya setidaknya 10 menit sebelum kamu pergi keluar rumah. Namun, pastikan juga untuk menghindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Carilah tabir surya yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida. Atau kamu juga boleh mencoba menggunakan tabir surya alami seperti retinil palmitat (sejenis vitamin A), vitamin E, atau beta karoten.

  • Kompres dengan Air Dingin

Saat cuaca kian panas, rosacea bisa semakin memburuk. Oleh karena itu, kamu wajib menjaga agar kulit dalam kondisi sejuk. Mengompres wajah dengan air dingin bisa menjadi pilihan. Basahi handuk dengan air dingin dan tekan dengan lembut ke permukaan kulit untuk membantu mengurangi kemerahan.

  • Gunakan Perawatan Herbal

Bahan herbal juga merupakan salah satu cara ampuh mengatasi rosacea. Bahan herbal tertentu akan memberikan efek antiinflamasi. Beberapa bahan yang dapat kamu coba antara lain lavender, kamomil, jahe, holy basil, kayu manis, bawang putih, dan kunyit. Kamu bisa menggunakan herbal kering dan mencampurkannya dengan minyak pembersih wajah. Diamkan bahan herbal tersebut selama 30 menit di wajah, setelah itu bilas perlahan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

  • Ubah Pola Makan

Faktanya rosacea bisa disebabkan oleh asupan makanan yang salah. Makanan tertentu dapat membuat peradangan di tubuh semakin parah. Hindari seluruh makanan olahan, gula dan pengganti gula, serta daging merah. Sebagai gantinya, konsumsi beberapa jenis makanan seperti salmon, bayam, bawang putih, serealia utuh, kacang dan polong-polongan, buah berry (blueberry, raspberi, stroberi, gooseberry, blackberry), buah serta sayuran segar seperti kale, sawi hijau, bayam, dan brokoli.

Kalau kamu punya masalah seputar kesehatan atau kecantikan kulit wajah lainnya, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: