Ketahui Prosedur Diagnosis Patah Pergelangan Kaki

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Prosedur Diagnosis Patah Pergelangan Kaki

Halodoc, Jakarta – Salah satu cedera paling umum dalam olahraga dan kegiatan sehari-hari adalah cedera pada pergelangan kaki. Bagaimana kamu tahu perbedaan antara pergelangan kaki yang patah atau terkilir?

Sering kali sulit untuk mengetahui apakah pergelangan kaki kamu baru saja terkilir atau patah atau patah. Tingkat keparahan cedera seringkali dapat ditentukan oleh jumlah pembengkakan dan rasa sakit setelah cedera.

Setelah keseleo pergelangan kaki yang parah atau pergelangan kaki yang patah, orang yang terluka juga mendengar "pop" atau "snap" di pergelangan kaki mereka. Pergelangan kaki yang patah atau patah pada pergelangan kaki dapat ditentukan dengan X-ray. Pada aspek lateral atau luar pergelangan kaki fibula atau malleolus lateral dapat patah. Ini biasanya terjadi dengan gerakan memutar pergelangan kaki.

Di bagian dalam pergelangan kaki, medial malleolus atau tibia juga bisa patah seperti halnya talus. Tingkat keparahan patah tulang pergelangan kaki menentukan perawatan. Beberapa dapat diobati dengan imobilisasi, sedangkan yang lain mungkin memerlukan intervensi bedah.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Pengidap Patah Pergelangan Kaki Bisa Berjalan

Keseleo pergelangan kaki terjadi ketika ligamen kuat yang mendukung pergelangan kaki meregang melebihi batas dan sobeknya. Keseleo pergelangan kaki adalah cedera umum yang terjadi di antara orang-orang dari segala usia.

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa titik-titik nyeri di pergelangan kakimu. Lokasi tepat dari rasa sakit dapat membantu menentukan penyebabnya. Mereka dapat menggerakkan kaki ke posisi yang berbeda untuk memeriksa rentang gerak. Kamu mungkin diminta untuk berjalan jarak pendek, sehingga dokter dapat memeriksa gaya berjalanmu.

Tes Pencitraan

Jika tanda dan gejala kamu mengalami patah pergelangan kaki, dokter mungkin menyarankan satu atau lebih dari tes pencitraan berikut.

  1. Sinar-X

Sebagian besar patah tulang pergelangan kaki dapat divisualisasikan dengan sinar-X. Teknisi mungkin perlu mengambil sinar-X dari beberapa sudut yang berbeda, sehingga gambar tulang tidak akan tumpang tindih terlalu banyak. Fraktur stres sering tidak muncul pada sinar-X sampai istirahat benar-benar mulai sembuh.

  1. Pemindai Tulang

Untuk pemindaian tulang, seorang teknisi akan menyuntikkan sejumlah kecil bahan radioaktif ke dalam vena. Bahan radioaktif tertarik ke tulang, terutama bagian tulang yang telah rusak. Area yang rusak, termasuk fraktur stres akan muncul sebagai titik terang pada gambar yang dihasilkan.

  1. Computerized Tomography (CT)

CT scan mengambil sinar-X dari berbagai sudut dan menggabungkannya untuk membuat gambar penampang struktur internal tubuh. CT scan dapat mengungkapkan lebih detail tentang tulang dan jaringan lunak yang mengelilinginya dapat membantu dokter menentukan perawatan terbaik.

Baca juga: Pernah Dialami Tom Cruise, Ketahui Fakta Patah Pergelangan Kaki

  1. Magnetic Resonance Imaging (MRI)

MRI menggunakan gelombang radio dan medan magnet yang kuat untuk membuat gambar ligamen yang sangat rinci yang membantu menahan pergelangan kaki. Pencitraan ini membantu menunjukkan ligamen dan tulang serta mengidentifikasi patah yang tidak terlihat pada sinar-X.

Perawatan untuk pergelangan kaki yang patah akan bervariasi, tergantung pada tulang mana yang telah patah dan tingkat keparahan cedera.

  • Obat-Obatan

Dokter dapat merekomendasikan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti acetaminophen (Tylenol, yang lain).

  • Terapi

Setelah tulang pulih, kamu mungkin perlu mengendurkan otot dan ligamen yang kaku di pergelangan kaki dan kaki. Seorang ahli terapi fisik dapat mengajarkan kamu latihan untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatannya.

Baca juga: Ini Langkah Tepat Menyembuhkan Patah Pergelangan Kaki

  • Prosedur Bedah dan Lainnya

Jika kamu memiliki patah tidak sejajar, dokter mungkin perlu memanipulasi potongan kembali ke posisi yang tepat untuk suatu proses yang disebut reduksi. Tergantung pada jumlah rasa sakit dan pembengkakan yang kamu miliki, kamu mungkin perlu pelemas otot, obat penenang atau bahkan anestesi umum sebelum prosedur ini.

  • Imobilisasi

Untuk menyembuhkan, tulang yang patah harus diimobilisasi, sehingga ujungnya bisa bersatu kembali. Dalam kebanyakan kasus, ini membutuhkan gips.

  • Operasi

Dalam beberapa kasus, ahli bedah ortopedi mungkin perlu menggunakan pin, piring, atau sekrup untuk mempertahankan posisi tulang kamu yang benar selama penyembuhan. Bahan-bahan ini dapat dihilangkan setelah fraktur telah sembuh jika mereka menonjol atau menyakitkan.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak prosedur patah pergelangan kaki, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.