Ketahui Waktu yang Tepat Bertemu Dokter Spesialis Gizi

ketahui-waktu-yang-tepat-bertemu-dokter-spesialis-gizi-halodoc

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu sudah memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuhmu setiap hari? Memenuhi kebutuhan tubuh akan berbagai asupan gizi nyatanya sangat penting demi kesehatan. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan sehat dan bergizi. 

Namun, tanpa sadar, banyak orang seringkali hanya mengonsumsi makanan yang enak-enak saja tanpa peduli kandungan gizi di dalamnya. Inilah yang akhirnya membuat mereka mengalami berbagai macam masalah kesehatan terkait dengan gizi. 

Nah, bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan gizi, jangan dibiarkan saja, segera temui dokter spesialis gizi. Yuk, cari tahu kapan waktu yang tepat untuk menemui dokter spesialis gizi di sini.

Baca juga: Jumlah Kebutuhan Zat Gizi yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

Apa Peran Dokter Spesialis Gizi?

Belum banyak orang yang tahu tentang tugas dokter spesialis gizi yang sesungguhnya. Padahal, ada banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan gizi buruk yang memerlukan bantuan dari dokter spesialis ini. Karena itu, yuk kenalan dulu dengan peran seorang dokter spesialis gizi.

Dokter spesialis gizi adalah dokter spesialis yang fokus menangani masalah kesehatan seseorang terkait gizi, serta memberikan terapi medis gizi sesuai kondisi pengidap dan berorientasi pada riwayat penyakit dan keadaan umum pengidap. Jadi, dokter spesialis gizi tidak hanya akan merancangkan asupan nutrisi untuk kamu yang mengalami masalah gizi, tapi juga memberikan terapi medis lainnya terkait kondisi kamu, misalnya meresepkan obat-obatan, suplemen, ataupun melakukan tindakan medis yang terkait gizi dan kondisi pasien.

Dalam menangani kondisi pengidap, tidak jarang dokter spesialis gizi juga harus bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya, seperti dokter bedah dan dokter penyakit dalam. Dokter spesialis gizi juga berperan penting untuk memajukan kesehatan masyarakat dengan memberikan edukasi dan promosi kesehatan, khususnya di bidang gizi.

Masalah Kesehatan yang Ditangani Dokter Spesialis Gizi

Ada penyakit atau masalah kesehatan yang terkait gizi yang bisa ditangani oleh dokter spesialis gizi, antara lain:

  • Masalah status gizi

Ini meliputi malnutrisi, seperti obesitas, kekurangan mikronutrien (vitamin dan mineral), marasmus dan kwashiorkor, serta gangguan nutrisi yang sering terjadi pada kelompok orang yang rentan seperti bayi, anak-anak, remaja, wanita hamil dan menyusui, serta lansia.

Baca juga: Hari Gizi Nasional, Inilah Pola Makan Bergizi untuk Si Kecil

  • Gangguan Fungsi Organ dan Metabolisme

Dokter spesialis gizi juga akan mempersiapkan nutrisi untuk orang yang mengalami gangguan pada saluran cerna, gangguan fungsi hati dan pankreas, gangguan metabolisme dan endokrin seperti diabetes, masalah pada paru dan pernapasan, dan penyakit saraf.

  • Penyakit yang Berkaitan dengan Sistem Imun dan Penyakit Ganas

Misalnya, pada pengidap alergi makanan, nutrisi pada pengidap HIV/AIDS, perawatan gizi pada pengidap kanker.

  • Perawatan Gizi Pada Pengidap Luka Berat

Dokter spesialis gizi juga mengevaluasi status gizi dan kebutuhan nutrisi pada orang yang mengalami luka berat, seperti luka bakar luas atau cedera yang membutuhkan operasi.

  • Gangguan Makan

Dokter spesialis gizi juga bisa membantu menangani gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia. Pengidap gangguan makan seringkali mengalami malnutrisi dan dehidrasi berat yang berbahaya bagi kesehatannya. Karena itu, selain diobati oleh psikiater, kondisi gizinya juga perlu ditangani oleh dokter spesialis gizi.

Baca juga: Bukan Cuma Malnutrisi, Ini Komplikasi dari Bulimia

Kapan Harus Menemui Dokter Spesialis Gizi?

Kamu disarankan untuk menemui dokter spesialis gizi kapanpun kamu butuh saran terkait gizi dan pola makan, baik karena kondisi medis tertentu maupun untuk perbaikan gizi dan program kesehatan yang sedang kamu jalankan.

Pengidap penyakit tertentu juga seringkali dianjurkan untuk menemui dokter spesialis gizi oleh dokter yang menangani penyakitnya tersebut. Misalnya, pada pengidap kanker yang kehilangan berat badan dan nafsu makan akibat efek samping kemoterapi. Orang yang mengalami obesitas juga butuh berdiskusi dengan dokter spesialis gizi untuk mengatur pola makannya demi menurunkan berat badan.

Untuk melakukan pemeriksaan terkait status gizi yang kamu miliki, sekarang kamu sudah bisa membuat janji langsung dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.