Kebanyakan Konsumsi Minuman Manis Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kebanyakan Konsumsi Minuman Manis Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

Halodoc, Jakarta - Makanan manis merupakan favorit hampir semua orang. Setiap harinya, kebanyakan orang mengonsumsi sesuatu yang manis, baik itu berupa makanan ataupun minuman. Ternyata, banyak minum sesuatu yang manis dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Gangguan tersebut terjadi karena asupan gula yang terlalu banyak, sehingga ginjal sulit untuk mencernanya. Jika gangguan ginjal tersebut sudah terjadi dalam tahap parah, mungkin saja gagal ginjal dapat terjadi.

Ginjal adalah salah satu organ yang penting dalam tubuh. Organ ini berfungsi untuk menjaga kestabilan tubuh, seperti memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, mengendalikan kadar mineral pada darah, dan mengatur tingkat air pada tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal dengan mengurangi asupan minuman yang manis.

Baca Juga : Sering Minum Soda? Hati-hati Bahaya Ini

Minuman Manis Menyebabkan Gagal Ginjal

Tubuh sangat memerlukan cairan untuk menjaga organ di dalamnya tetap sehat. Namun, minuman manis yang dikonsumsi tersebut tidak terhitung sebagai asupan cairan yang membuat tubuh tetap kekurangan cairan. Asupan cairan yang kurang pada tubuh dapat menyebabkan terjadinya gangguan ginjal hingga gagal ginjal. Hal tersebut dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan di seluruh tubuh seseorang yang gemar mengonsumsi minuman manis tersebut.

Faktanya, gagal ginjal adalah hal terakhir yang dapat terjadi. Seseorang yang gemar meminum sesuatu yang manis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, lalu obesitas, sehingga dapat meningkatkan risiko mengidap diabetes. Hal-hal tersebutlah yang dapat membuat seseorang mengidap gagal ginjal. Asupan gula yang direkomendasikan per harinya adalah sekitar 6-9 sendok teh atau sekitar 25-38 gram.

Baca Juga : Ini Alasan Harus Kurangi Minum Kopi di Pagi Hari

Untuk menjaga agar ginjal kamu tetap sehat, perhatikan kandungan yang ada di dalam makanan yang akan kamu konsumsi. Tindakan tersebut dapat mengurangi risiko ginjal mengalami kerusakan yang berujung pada gagal ginjal. Pada kemasan makanan sachet tersebut, gula umumnya disamarkan menjadi nama lain, yaitu sukrosa, sirup beras merah, sirup maple, dan molasses. Jika kamu membaca keterangannya dan kandungan gulanya terlalu banyak, cobalah untuk menggantinya dengan produk lain.

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya gagal ginjal adalah dengan mengatur pola makan yang dikonsumsi tiap harinya. Selain itu, kamu juga dapat melakukan diet rendah protein, agar ginjal tidak terlalu keras bekerja mengolah kandungan hasil protein. Cobalah untuk menggabungkan antara protein, serat, dan lemak sehat, agar gula darah tidak cepat menghilang. Dengan begitu, kamu pun akan merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga : Minuman dalam Kemasan yang Bisa Beri Dampak Negatif

Selain itu, hal yang paling penting yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi gagal ginjal terjadi adalah dengan mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan meminum minuman manis secara berlebihan. Nyatanya, sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk, terutama minuman manis yang dapat membahayakan tubuh.

Mengurangi asupan minuman manis akan terasa sulit awalnya. Namun, kamu harus melakukannya sedini mungkin agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Pun, kamu dapat membakar gula yang berada dalam tubuh kamu dengan berolahraga secara rutin. Memang olahraga terbukti ampuh mencegah berbagai macam penyakit. Maka itu, luangkanlah waktu setiap minggunya untuk berolahraga.

Itulah penjelasan mengenai bagaimana minuman manis dapat menyebabkan gagal ginjal pada seseorang. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gagal ginjal, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!