23 April 2019

Koyo Efektif Redakan Nyeri Otot, Benarkah?

Koyo Efektif Redakan Nyeri Otot, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Terkadang nyeri otot yang terjadi pada tubuh bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri otot, salah satunya dengan menggunakan koyo. Tapi benarkah koyo efektif meredakan nyeri otot?

Nyeri otot adalah nyeri yang melibatkan seluruh otot pada tubuh. Kondisi ini umum terjadi dan dapat dialami oleh siapa saja. Ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang mengalami nyeri otot seperti rasa tidak nyaman pada otot yang terkadang menyebabkan kejang dan nyeri. Selain gejalanya, sebaiknya ketahui apa saja yang bisa membuat seseorang mengalami nyeri otot, seperti:

  1. Otot yang tegang di salah satu bagian tubuh.

  2. Aktivitas fisik yang menggunakan otot secara berlebihan.

  3. Cedera otot saat bekerja atau ketika melakukan aktivitas berat.

  4. Adanya infeksi atau radang otot.

Baca juga: Badan Terlalu Lelah Dapat Memicu Terjadinya Nyeri Otot

Benarkah Koyo dapat Meredakan Nyeri Otot?

Koyo atau dengan istilah patch transdermal adalah jenis obat luar yang dapat dipakai dan digunakan dengan ditempel pada kulit untuk menghilangkan pegal atau nyeri otot pada tubuh. Selain itu, koyo juga mengandung beberapa bahan kimia seperti menthol, glycol salicylate, dan biofreeze yang diketahui bisa meredakan nyeri otot.

Selain itu, dalam koyo terdapat kandung capsaicin yang berinteraksi dengan sensor neuron untuk memunculkan rasa hangat pada tubuh. Kandungan capsaicin dapat mengurangi zat alami dalam tubuh yang memberikan sinyal rasa sakit pada otak.

Ketika semua kandungan disatukan, maka koyo memberikan sensasi hangat serta sinyal pada tubuh untuk mengurangi rasa nyeri. Inilah sebabnya koyo menjadi pengobatan yang efektif untuk nyeri otot. Koyo sudah dirancang agar kandungan dalam sehelai koyo bisa meresap pada permukaan kulit.

Cara kerjanya, kandungan obat yang ada dalam koyo dapat diserap melalui pembuluh darah ke dalam aliran darah. Kemudian darah menyebarkan kandungan obat melalui peredaran darah.

Baca juga: Nyeri Otot Tak Kunjung Sembuh Dapat Menjadi Gejala 6 Penyakit Ini

Penggunaan Koyo yang Benar

Sebaiknya, agar hasil penggunaan koyo bisa maksimal, sebaiknya ketahui cara menggunakan koyo dengan benar. Pertama, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menempelkan koyo pada permukaan kulit yang mengalami nyeri otot. Sebelum menempelkan koyo, sebaiknya bersihkan permukaan kulit yang mengalami nyeri otot agar tidak ada kotoran atau keringat pada permukaan kulit.

Setelah dipastikan bersih dan kering, tempel koyo pada bagian yang mengalami nyeri otot. Hindari menempel koyo pada kulit yang sedang luka atau mengalami iritasi. Penggunaan koyo dapat memperburuk kondisi kulit. Pastikan kamu menempel koyo dengan baik dan semua bagian koyo bisa merekat pada permukaan kulit dan sebaiknya gunakan koyo sekali pakai.

Jika setelah semuanya merekat kamu mengalami iritasi seperti gatal atau kulit memerah, hentikan pemakaian koyo agar tidak menemukan masalah kulit lainnya. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu pada dokter agar tidak terjadi kondisi iritasi setelah pemakaian koyo.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah nyeri otot salah satunya dengan rutin berolahraga agar kesehatan otot kamu tetap terjaga. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi ini. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 6 Cara Mudah Atasi Nyeri Otot Setelah Olahraga