• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kurang Tidur Sebabkan Kematian, Kenali Penyebabnya

Kurang Tidur Sebabkan Kematian, Kenali Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Di tengah padatnya aktivitas dan deadline, banyak orang yang melewatkan jam tidur demi pekerjaan atau sekedar hiburan malam. Hal ini tidak akan menimbulkan masalah kesehatan jika hanya dilakukan sesekali. Namun, jika kamu memiliki kebiasaan begadang, pola hidup ini bisa saja membahayakan nyawamu. Kegiatan yang satu ini akan memicu timbulnya masalah kesehatan yang menjadi penyebab kematian. 

Baca juga: 5 Tanda Akibat Kurang Tidur yang Perlu Diketahui

Tidur kurang dari enam jam semalam akan menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat menyimpan lemak, sehingga banyak dari pelaku begadang yang mengeluhkan kenaikan pada berat badannya. Tidak hanya itu, kegiatan yang satu ini juga dapat merusak sel otak seseorang, serta melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Hal-Hal yang Bisa Saja Terjadi Ketika Kurang Tidur

Ketika seseorang kurang tidur, mereka akan mengalami perubahan suasana hati, sehingga menjadi cepat marah. Selain itu, ini beberapa hal yang dapat terjadi ketika seseorang kurang tidur:

  • Kemampuan Berpikir Berkurang

Ketika seseorang kurang tidur, kemampuan berpikir dan daya kognitif otak akan berkurang. Ternyata, saat tertidur, otak tidak ikut tidur dan akan tetap bekerja. Kerja saraf-saraf pada otak pub saat tidur dan bangun melakukan aktivitas yang hampir sama. Dalam hal ini, tingkat fokus, kewaspadaan, dan memori jangka pendek maupun jangka panjang dalam mengingat akan terganggu.

  • Gairah Seksual Mengalami Penurunan

Kurang tidur akan membuat seseorang mengalami penurunan gairah seksual dan memiliki tingkat kepuasan seksual yang rendah. Hal ini terjadi karena rasa kantung, kelelahan dan stres yang dirasakan karena kurangnya waktu tidur.

Baca juga: Daya Ingat Menurun karena Kurang Tidur, Benarkah?

  • Kulit Mengalami Penuaan Dini

Tak hanya mengalami pucat pada wajah dan mata bengkak, kurang tidur juga dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus dan lingkaran hitam di area bawah mata. Hal ini terjadi karena kurang tidur menyebabkan tubuh melepaskan banyak hormon stres. Ketika hormon ini diproduksi secara berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit, yaitu protein yang bertugas dalam menjaga kulit agar tetap elastis.

  • Menyebabkan Masalah Kesehatan Serius

Memiliki kebiasaan begadang akan memicu kamu mengidap sejumlah masalah kesehatan serius, seperti:

  • Penyakit jantung, yaitu sejumlah gangguan kesehatan pada jantung, seperti gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

  • Gagal jantung, yaitu kondisi yang terjadi ketika organ jantung melemah, sehingga tidak mampu mengalirkan darah yang cukup ke seluruh tubuh.

  • Serangan jantung, yaitu kondisi yang terjadi ketika terhentinya aliran darah menuju ke jantung dan menyebabkan sebagian sel jantung menjadi mati.

  • Diabetes, yaitu penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi.

Ketika kamu sering mengalami gangguan tidur yang menyebabkan kualitas tidurmu menjadi menurun, segera diskusikan dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc, ya! Dalam hal ini, dokter akan menentukan langkah yang tepat dalam mengatasi gangguan tidur yang kamu alami. Jika gangguan tidur yang kamu alami sudah parah, biasanya dokter akan meresepkan obat untuk meningkatkan kualitas tidurmu.

Baca juga: Kurang Tidur Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Untuk mendapat kualitas tidur yang baik, sebaiknya perhatikan apa yang kamu konsumsi sebelum tidur, buat kondisi kamar senyaman mungkin, buat jadwal tidur yang rutin, batasi tidur siang, serta olahraga secara teratur. Selamat mencoba!

Referensi:
Slate. Diakses pada 2019. Can You Die From Lack of Sleep?
WebMD. Diakses pada 2019. 10 Things to Hate About Sleep Loss.