Langgeng Seperti Habibie Ainun, Lakukan 6 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Langgeng Seperti Habibie Ainun, Lakukan 6 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Bangsa Indonesia berduka atas kepergian Presiden Ketiga RI, BJ Habibie pada Rabu (11/9) lalu di RSPAD Gatot Subroto. Tidak hanya jasa kepada negara yang menjadi inspirasi banyak masyarakat, kisah cinta BJ Habibie dengan sang istri, Ainun juga kerap menginspirasi banyak orang. Bahkan, kisah cinta BJ Habibie dan Ainun telah diangkat ke sebuah film berjudul Habibie & Ainun yang tayang tahun 2012.

Baca juga: Kompromi Kunci Agar Hubungan Asmara Awet

Tips Agar Hubungan Tetap Langgeng Seperti Habibie Ainun

Kisah cinta seperti BJ Habibie dan Ainun bisa saja dialami oleh semua pasangan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memiliki hubungan yang setia dan langgeng pada pasangan, seperti BJ Habibie dan Ainun, di antaranya adalah:

1. Berani Menunjukkan Kasih Sayang

Hubungan kamu dan pasangan akan langgeng ketika satu sama lain berani untuk menunjukkan rasa kasih sayang pada pasangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti kata-kata yang romantis namun tidak gombal, ada juga yang lebih nyaman menunjukkan kasih sayang dengan perbuatan, seperti memeluk atau mencium. Tidak ada salahnya untuk memahami cara satu sama lain dalam menunjukkan kasih sayang meskipun pasangan memiliki cara yang berbeda. 

2. Jalani Komunikasi yang Baik

Kunci hubungan yang baik serta harmonis adalah komunikasi yang terjalin dengan baik. Tanpa komunikasi yang baik risiko terjadinya kesalahpahaman antar pasangan dapat terjadi. Jika kamu menemukan hal yang tidak tepat dalam hubungan atau sikap pasangan, komunikasi dengan pasangan agar kalian bisa mengerti satu sama lain dan menghindari risiko salah paham. Berbicara secara terbuka dan bijak membuat kamu dan pasangan lebih mudah menemukan mengerti satu sama lain.

Jika kamu mengalami masalah dengan pasangan, ada baiknya langsung membicarakan dan menyelesaikannya. Jangan diamkan masalah tersebut. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada psikolog mengenai masalah dalam hubungan yang kamu alami bersama pasangan. Dengan begitu, kamu mendapatkan solusi lain terhadap masalah yang dihadapi.

3. Selipkan Humor

Setelah mampu berkomunikasi dengan baik, tidak ada salahnya untuk selipkan humor pada hubungan kalian berdua. Hubungan yang baik tidak melulu membicarakan masalah yang serius, menyelipkan candaan ringan membuat hubungan kalian menjadi lebih berwarna. Namun, jangan sampai candaan kamu menyinggung perasaan pasangan, ya! Tidak hanya membuat kamu semakin dekat dengan pasangan, menyelipkan humor pada kehidupan kalian berdua menghindari rasa bosan dan jenuh dalam hubungan.

Baca juga: Ini 5 Tanda Hubungan Asmara Enggak Sehat

4. Berikan Apresiasi

Jangan lupa untuk sesekali berikan apresiasi pada pasangan. Tidak perlu barang mahal atau berharga, ucapkan terima kasih dan meminta maaf ketika melakukan kesalahan juga termasuk pemberian apresiasi pada pasangan. Tidak hanya merasa usahanya diapresiasi, kondisi ini dapat meningkatkan pikiran positif pada dan pasangan agar bisa selalu memberikan motivasi positif.

5. Hargai Pasangan

Selain memberikan apresiasi, jangan lupa untuk selalu menghargai pasangan. Tidak ada salahnya untuk membicarakan keputusan yang diambil bersama pasangan, apalagi jika keputusan yang akan kamu buat berhubungan langsung dengan kehidupan kalian berdua. Mengajak pasangan membuat keputusan besar membuat pasangan merasa dihargai keberadaannya.

Baca juga: Postingan Facebook Bisa Menggambarkan Hubungan Asmara

6. Luangkan Waktu untuk Pasangan

Ketika kamu sibuk menjalani pekerjaan selama hari kerja, tidak ada salahnya untuk luangkan waktu bersama pasangan selama akhir pekan. Lakukan kegiatan yang kalian suka bersama untuk meningkatkan waktu berkualitas yang kamu dan pasangan miliki. Tidak hanya itu, kegiatan yang menyenangkan juga menciptakan momen menyenangkan yang bisa diingat hingga tua nanti.

Tentunya membangun hubungan yang romantis dan langgeng sampai usia menua bukan hal yang mudah. Namun, adanya kesetiaan dan komitmen seperti BJ Habibie dan Ainun menjadi inspirasi banyak pasangan.

 

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 7 Things a Healthy Relationship Needs If You Want It To Last
Prevention. Diakses pada 2019. If You Want A Stronger Relationship, You Need To Make Time For These 6 Things Every Week