Manfaat Panoramic Gigi untuk Perawatan Orthodonti (Kawat Gigi)

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Manfaat Panoramic Gigi untuk Perawatan Orthodonti (Kawat Gigi)

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang membutuhkan kawat gigi mendapatkannya pada awal masa remajanya, tapi orang dewasa juga bisa mendapat manfaat dari memakai kawat gigi. Tujuan dari kawat gigi adalah untuk menyelaraskan gigi dan rahang dengan benar untuk menghasilkan senyum yang menggigit dan menyenangkan.

Sebelum memasang kawat gigi, kamu perlu tahu bagaimana kondisi gigi dan mulutmu, termasuk problem ataupun kerusakan yang terjadi. Panoramic gigi atau rontgen panoramik adalah rontgen dua dimensi yang menangkap gambar seluruh mulut pasien hanya dalam satu gambar. Ini termasuk pandangan dari semua gigi, banyak tulang kepala dan leher, dan struktur anatomi kritis lainnya.

Baca juga: Ini Keuntungan Pemeriksaan Gigi dengan Panoramic

Panoramic gigi adalah salah satu perawatan yang dibutuhkan untuk melihat gambaran gigi secara jelas, sehingga dokter bisa memasang kawat gigi sesuai dengan kebutuhan. Pandangan yang diberikan panoramic gigi memungkinkan untuk mendiagnosis lebih dari sekedar masalah gigi biasa, seperti gigi berlubang atau penyakit gusi.

Sebaliknya, panoramic gigi memungkinkan dokter untuk melihat masalah-masalah penting lainnya yang mungkin terjadi pada jaringan di sekitarnya dan tulang rahang, seperti kanker mulut atau kelainan lain.

Ada beberapa penjelasan mengapa kamu membutuhkan panoramic gigi:

  1. Perawatan yang Lebih Baik

Panoramic gigi memungkinkan untuk melihat kepala, leher, dan rahangmu, sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi kista, tumor, pertumbuhan, kelainan rahang, dan kanker.

  1. Deteksi Dini

Panoramic gigi memberikan pandangan menyeluruh ke seluruh mulut, sehingga dokter dapat menemukan masalah gigi. Deteksi dini biasanya menghasilkan pengobatan yang invasif minimal dan lebih murah dibandingkan dengan kemudian dalam perkembangannya.

  1. Hidup Sehat yang Berkepanjangan

Sayangnya, kanker mulut memiliki angka kematian yang tinggi. Itu karena sering tidak terjebak pada tahap awal. Dengan panoramic gigi, dokter dapat meningkatkan kemungkinan mengidentifikasi kanker mulut sejak dini ketika itu yang paling mudah untuk diobati.

  1. Menemukan Perubahan

Panoramic gigi setiap 3–5 tahun memungkinkan dokter untuk melihat perubahan yang terjadi di mulut dari waktu ke waktu. Misalnya, kita dapat melihat apakah gigi bergeser atau jika kamu mengalami kelainan tulang.

Baca juga: Periksa Gigi Lengkap, Ini Kegunaan Tes Panoramic

  1. Berguna untuk Tahapan yang Berbeda

Terutama, untuk perawatan gigi anak dan dengan panoramic gigi, bisa menjadi pertimbangan dokter untuk menilai kebutuhan perawatan ortodontik. Melihat perkembangan gigi bungsu tumbuh.

Terkait dengan penggunaan kawat gigi, panoramic gigi sangat membantu untuk merencanakan perawatan kawat gigi yang tepat. Kawat gigi adalah alat berbasis kawat yang digunakan dokter gigi untuk mengoreksi gigi atau rahang yang penuh sesak dan tidak selaras.

Untuk koreksi kecil, opsi lain adalah serangkaian peralatan yang dapat disesuaikan dan dapat dilepas yang disebut pelurus jelas atau "kawat gigi tak terlihat." Mungkin ini lebih mahal daripada kawat gigi tetap, tapi mungkin memiliki penampilan yang lebih dapat diterima oleh beberapa orang dewasa.

Penyelarasan yang jelas mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menggerakkan gigi, tapi masih efektif dengan penggunaan reguler. Namun, banyak orang membutuhkan kawat gigi yang diperbaiki untuk memperbaiki masalah gigi mereka. Bahan dan teknologi modern membuat pengalaman memiliki kawat gigi jauh lebih nyaman daripada di masa lalu.

Baca juga: Kenali Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut

Kawat gigi menawarkan perawatan korektif untuk:

  • Gigi yang terlalu penuh atau bengkok

  • Terlalu banyak ruang di antara gigi

  • Gigi depan atas yang tumpang tindih dengan gigi bawah terlalu banyak, baik secara vertikal (overbite) maupun horizontal (overjet)

  • Gigi depan atas yang menggigit di belakang gigi bawah (underbite)

  • Masalah ketidakselarasan rahang lainnya yang menyebabkan gigitan tidak merata

  • Perataan gigi dan rahang yang tepat dapat meningkatkan tidak hanya penampilan gigi kamu, tapi juga kesehatan mulut dan cara kamu menggigit, mengunyah, dan berbicara.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai panoramic gigi, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.