Mau Prostat Bebas Masalah? Biasakan Konsumsi 7 Makanan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
prostat

Halodoc, Jakarta - Gangguan prostat merupakan penyakit yang paling dikhawatirkan pria. Seiring bertambahnya usia, prostat pada pria yang berfungsi mengeluarkan air mani dan testosteron, akan membengkak atau membesar. Pembesaran inilah yang menyebabkan turunnya kualitas fungsi seksual dan reproduksi. Risiko terburuknya, keadaan ini juga dapat menimbulkan kanker prostat yang berbahaya bagi pria.

Salah satu penyakit prostat yang perlu kamu tahu dan waspadai adalah Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau pembesaran prostat jinak. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar prostat mengalami pembengkakan, tetapi tidak bersifat kanker. Kelenjar prostat merupakan sebuah kelenjar berukuran kecil yang terletak pada rongga pinggul antara kandung kemih dan Mr P.

Baca juga: Kanker Prostat Hantu Bagi Para Lelaki

Penyebab pasti pembesaran prostat jinak (BPH) masih belum diketahui. Namun, kondisi ini diperkirakan terjadi karena adanya perubahan pada kadar hormon seksual akibat proses penuaan. Supaya prostat kamu terbebas dari masalah, cobalah biasakan mengonsumsi makanan berikut ini:

1. Salmon

Ikan salmon mengandung banyak lemak yang sehat, khususnya omega-3. Zat inilah yang akan mengurangi inflamasi pada tubuh, sehingga kemungkinan menurunkan pembengkakan pada prostat sangat besar.

2. Tomat

Buah tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan alami. Kandungan likopen ini dapat menyembuhkan atau menjaga sel pada prostat.

3. Aneka Buah Berry

Berbagai jenis berry juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko munculnya sel kanker pada prostat.

4. Kacang-Kacangan

Dengan Porsi yang tepat dan tidak berlebihan, kandungan pada kacang-kacangan juga mampu menstabilkan testosteron dan DHT.

Baca juga: 6 Penyebab Kanker Prostat

5. Brokoli

Sayur brokoli merupakan salah satu jenis sayur yang terkenal dengan sifat anti-kankernya. Brokoli mengandung zat khusus yang disebut dengan sulforaphanes yang membantu mengurangi risiko kanker prostat.

6. Delima

Dikenal dengan kaya akan zat antioksidan, buah delima mampu membantu dalam membunuh sel kanker, terutama kanker prostat. Bagi mereka yang telah menjalani operasi berkaitan dengan kanker prostat, mereka dianjurkan mengonsumsi delima setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung zat antioksidan penting yang disebut dengan catechin. Zat ini bukan hanya membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, tetapi juga dapat memerangi sel kanker.

Pembesaran prostat jinak (BPH) terkadang dapat mengarah pada komplikasi akibat ketidakmampuan kandung kemih dalam mengosongkan urine. Beberapa komplikasi yang mungkin muncul yaitu:

  • Infeksi saluran kemih.

  • Penyakit batu kandung kemih.

  • Retensi urin akut atau ketidakmampuan berkemih.

  • Kerusakan kandung kemih dan ginjal.

Komplikasi-komplikasi tersebut dapat muncul jika pembesaran prostat jinak yang terjadi tidak diobati secara efektif.

Baca juga: 5 Tanaman Alami Ini untuk Mengobati Kanker Prostat

Untuk penanganan gangguan benign prostatic hyperplasia, pilihan yang bisa kamu lakukan dapat mencakup perubahan gaya hidup, terapi pengobatan, dan prosedur operasi. Penanganan akan tergantung pada ukuran prostat, usia, kondisi kesehatan, hingga tingkat ketidaknyamanan yang kamu alami.

Selama proses pengobatan, hindari obat-obatan yang dapat membuat buang air kecil sulit seperti antihistamin, dekongestan, dan pil alergi yang dijual tanpa resep. Kamu juga perlu mengkomunikasikan gangguan prostat pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.