Mengandung Probiotik, Ini Manfaat Susu Kefir untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mengandung Probiotik, Ini Manfaat Susu Kefir untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti tidak asing dengan susu kefir. Minuman ini sangat digemari oleh masyarakat Timur Tengah dan sudah ada sejak lebih dari 1400 tahun silam. Susu ini memiliki tekstur kental, dibuat dengan memfermentasikan biji dan susu sapi atau kambing. Biji kefir dibuat dari paduan ragi, zat polisakarida, dan bakteri asam laktat. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, susu kefir ternyata memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan.

Susu kefir termasuk minuman probiotik yang tinggi kandungan bakteri baik jenis Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum. Tidak hanya itu, susu kental yang memiliki rasa yang mirip dengan yogurt ini memiliki kandungan asam folat, magnesium, kalium, fosfor, vitamin K, dan vitamin B.

Manfaat Susu Kefir untuk Kesehatan

Meski kaya kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, tetap ada hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu mengonsumsi minuman fermentasi ini. Seperti misalnya, susu kefir tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil, karena efek samping dan keamanannya belum teruji dengan akurat. Pengidap kanker yang sedang menjalani kemoterapi, karena susu ini dapat memberikan dampak negatif. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Minuman Probiotik bagi Kesehatan

Lalu, untuk kamu yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter apabila kamu ingin mengonsumsi susu kefir. Gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc, sehingga kamu mendapatkan jawaban dari pakarnya. Susu kefir justru bisa membuat daya tahan tubuh semakin melemah, juga menimbulkan dampak seperti mual, muntah, juga sakit kepala. 

Lalu, apa saja manfaat dari mengonsumsi susu kefir untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan Kekuatan Tulang

Konsumsi susu kefir yang termasuk susu fermentasi setiap hari disinyalir mampu meningkatkan kekuatan tulang dan menghindari risiko osteoporosis. Kandungan kalsium yang terdapat dalam biji kefir bekerja dengan meningkatkan penyerapan terhadap mineral tulang, magnesium, dan kalsium yang penting dalam meningkatkan kepadatan tulang. 

Baca juga: Rahasia Probiotik Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Merasa kurang enak badan atau sedang tidak fit? Coba konsumsi susu kefir alih-alih obat antibiotik. Pasalnya, makanan atau minuman yang kaya kandungan probiotiknya dipercaya bisa menghilangkan bakteri penyebab infeksi pada tubuh dan mencegah gejala munculnya penyakit lebih baik daripada obat antibiotik. 

  • Memerangi dan Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Pertimbangkan untuk menambahkan susu kefir dalam diet harian kamu, terutama untuk mencegah dan memerangi pertumbuhan kanker. Minuman fermentasi seperti susu kefir dipercaya bisa membunuh jenis kanker tertentu sekaligus meningkatkan imunitas tubuh. 

  • Detoks Racun dalam Tubuh

Kamu punya alergi kacang? Coba konsumsi susu kefir, karena kandungan asam laktat pada susu ini mampu mengurangi keparahan gejala alergi yang kamu alami. Zat aflatoksin yang dihasilkan oleh kacang tanah dan jamur menyebabkan terjadinya alergi dan penurunan imunitas tubuh, sementara asam laktat mampu memerangi aflatoksin ini. 

  • Aman untuk Pengidap Intoleransi Laktosa

Meski dibuat dari susu, proses fermentasi yang dilakukan dalam pembuatan susu kefir membuat produk ini bebas dari kandungan laktosa. Tekstur kental pada susu kefir lebih kecil daripada yogurt, sehingga lebih mudah dicerna. Kandungan laktosa membuat susu ini terbilang aman untuk pengidap alergi susu atau intoleransi laktosa. Meski begitu, tetap tanyakan dulu pada dokter kalau kamu ingin coba, karena masing-masing tubuh punya respon yang berbeda. 

Baca juga: 4 Masalah Pencernaan Akibat Kekurangan Probiotik



Referensi: 
EMedicine Health. Diakses pada 2019. Kefir. 
Healthline. Diakses pada 2019. What Is Kefir?
WebMD. Diakses pada 2019. Why Is Kefir Good for Me?