• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menghadapi Kehamilan Kedua, Ini Bedanya dengan yang Pertama

Menghadapi Kehamilan Kedua, Ini Bedanya dengan yang Pertama

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Setelah mempunyai anak pertama untuk beberapa waktu yang lama, beberapa pasangan biasanya mulai membuat rencana untuk anak kedua. Keinginan tersebut mungkin saja dipicu agar mempunyai sepasang anak dengan jenis kelamin yang berbeda. Walau begitu, memang perkara jenis kelamin akan sulit untuk ditentukan sejak awal kehamilan.

Namun, hal yang harus diperhatikan, ternyata terdapat beberapa perbedaan ketika seseorang menghadapi kehamilan kedua dibanding yang pertama. Memang beberapa sumber berpendapat, ibu yang sedang hamil untuk kedua kalinya akan merasakan pengalaman yang berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan ketika seseorang menghadapi kehamilan kedua dibanding pertama!

Baca juga: Yang Perlu Ibu Lakukan Saat Hamil Anak Kedua

Perbedaan Menghadapi Kehamilan Kedua Dibanding yang Pertama

Umumnya, seorang ibu hamil akan merasa lebih nyaman dan tenang saat menghadapi kehamilan yang kedua. Hal tersebut karena dirinya merasa sudah mempunyai pengalaman akan hal tersebut. Namun, ibu harus tetap menjaga kebugaran fisik dan mental agar kandungan tetap sehat hingga dilahirkan dan menghindari masalah yang dapat timbul.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan riwayat kesehatan yang telah terjadi saat hamil pertama kali, agar dapat dihindari untuk menghadapi kehamilan kedua. Pun, terdapat beberapa hal yang berbeda dapat terjadi dibandingkan saat ibu menjalani kehamilan yang pertama. Berikut beberapa hal yang dapat terjadi saat menghadapi kehamilan kedua:

  1. Masa Kehamilan Terasa Lebih Cepat

Perbedaan pertama yang dapat terjadi ketika menghadapi kehamilan kedua dibanding yang pertama adalah masa kehamilan akan terasa lebih cepat. Hal ini terjadi dikarenakan sudah mempunyai pengalaman untuk menjalani kehamilan dan lebih siap saat bersiap setiap harinya untuk beraktivitas. Selain itu, kesibukan mengurus si Anak pertama juga membuat waktu berjalan lebih cepat.

  1. Perubahan Fisik Terlalu Cepat Berubah

Hal lainnya yang dapat terjadi saat menghadapi kehamilan kedua adalah lebih cepatnya perubahan fisik yang timbul. Salah satu hal yang umum terpengaruh adalah kenaikan berat badan yang drastis dibandingkan yang pertama. Selain itu, sakit pinggang juga lebih sering terjadi dan lebih terasa saat mengandung anak kedua. Maka dari itu, penting untuk menjaga konsumsi makanan sehat agar tubuh tetap sehat saat beraktivitas.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Trimester Awal Kehamilan

  1. Refleks Bayi Terjadi Lebih Awal

Refleks bayi mungkin saja terjadi lebih awal ketika seorang ibu menghadapi kehamilan kedua. Bayi di dalam perut juga akan terasa lebih aktif, seperti menendang-nendang perut menjadi lebih sering. Saat kehamilan pertama, hal ini umumnya terjadi saat usia kehamilan di atas 5 bulan, tetapi akan lebih awal ketika menghadapi kehamilan kedua walaupun pergerakan tersebut hanya berupa gerakan kecil.

Jika ibu hamil mempunyai pertanyaan terkait kehamilan kedua, dokter dari Halodoc siap memberi bimbingan. Caranya mudah, ibu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang dimiliki!

  1. Tubuh Terasa Lebih Lelah

Banyak wanita yang mengungkapkan ketika menghadapi kehamilan kedua akan lebih cepat merasa lebih dibandingkan yang pertama. Memang hal ini dapat diperkirakan, karena ibu harus mengurus sang kakak selain menjaga kandungan yang berada di perut. Berkurangnya waktu istirahat berbanding lurus dengan perasaan lelah yang timbul.

  1. Waktu dan Proses Persalinan Lebih Cepat

Memang hal ini belum pasti terjadi, tetapi umumnya seseorang yang menghadapi kehamilan kedua akan merasakan waktu dan proses yang lebih cepat dari sebelumnya. Saat melahirkan untuk yang pertama kali, waktu yang dibutuhkan sekitar 5-12 jam. Tetapi saat kelahiran yang kedua, waktu yang dibutuhkan hanya 2 hingga 7 jam.

Baca juga: Selama Kehamilan, 3 Fungsi Otak Ini Akan Menurun

  1. Pemulihan Pasca Melahirkan Lebih Lama

Seseorang yang menghadapi kehamilan kedua mungkin akan lebih lama merasakan pemulihan setelah melahirkan. Nyeri yang timbul setelah melahirkan umumnya ringan dan sebentar untuk kelahiran pertama, tetapi dapat terasa sangat tidak nyaman saat kehamilan kedua dan semakin memburuk untuk kehamilan-kehamilan selanjutnya. Hal ini terjadi karena tonus otot rahim saat hamil pertama masih lebih baik saat berkontraksi.

Itulah beberapa hal yang dapat terjadi saat ibu menghadapi kehamilan kedua. Setelah ibu membaca artikel ini, diharapkan agar lebih mempersiapkan beberapa hal agar dapat mencegah kemungkinan di atas untuk terjadi. Maka dari itu, tetap menjaga kebugaran tubuh dan konsumsi makanan sehat harus selalu dilakukan.

 

Referensi:
What to expect. Diakses pada 2020. 10 Ways Your Second Pregnancy May Be Different From Your First
Baby center. Diakses pada 2020. Second pregnancy: Symptoms, differences, and how to prepare