16 October 2018

Meniere bisa Menyebabkan Hilang Pendengaran

meniere bisa menyebabkan hilang pendengaran

Halodoc, Jakarta – Nyatanya, kesehatan telinga juga perlu kamu perhatikan dengan baik. Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang telinga. Salah satu diantaranya adalah penyakit meniere. Penyakit meniere adalah kelainan yang terjadi pada telinga bagian dalam, terkadang kelainan ini menyebabkan kamu merasa vertigo, telinga yang terus menerus berdenging dan merasakan tekanan pada bagian telinga.

Penyakit meniere merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang menyerang telinga. Parahnya, kamu bisa kehilangan pendengaran secara permanen jika mengidap penyakit meniere. Penyakit meniere nyatanya bisa menyerang siapa saja, tapi yang memiliki risiko besar terserang penyakit meniere adalah orang yang memiliki usia diatas 50 tahun.

Gejala Penyakit Meniere

Ada beberapa gejala yang akan kamu rasakan jika terserang penyakit meniere. Namun perlu diingat, terkadang gejala yang ditimbulkan dari penyakit meniere ini berlangsung dalam jangka waktu yang pendek hingga panjang. Karena itu, tiap pengidap penyakit meniere ini akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Berikut adalah gejala meniere yang ditimbulkan:

1. Gangguan Pendengaran

Jika kamu mengidap penyakit Meniere pada tahap awal maka gejala yang pertama kali dirasakan adalah gangguan pendengaran. Gejala ini akan pulih dengan sendirinya, tapi tidak menutup kemungkinan masalah pendengaran yang kamu rasakan akan muncul kembali. Saat kamu merasa ada gangguan masalah pendengaran, sebaiknya langsung periksaa kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Parahnya, jika tidak segera diatasi, gangguan pendengaran akibat penyakit meniere bisa menyebabkan tuli permanen.

2. Vertigo

Ketika kamu merasa ada masalah gangguan pendengaran yang membuat kamu tidak nyaman dan disertai dengan rasa pusing yang cukup kuat dari kepala, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Vertigo bisa menjadi gejala yang paling buruk dialami para pengidap penyakit meniere. Vertigo bisa membuat pengidap meniere tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

3. Telinga Berdenging

Telinga berdenging atau dikenal dengan istilah Tinnitus adalah kondisi di mana kamu mendengar suara “nging” dalam telinga yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup panjang. Terkadang hal ini cukup mengganggu kegiatan kamu sehari-hari. Ini bisa menjadi salah satu tanda penyakit meniere.

Penyebab Penyakit Meniere

Saat ini belum diketahui dengan pasti apa penyebab penyakit meniere. Namun, penyakit meniere bisa terjadi akibat adanya volume atau cairan pada telinga dalam jumlah yang tidak normal. Cairan pada telinga akan memengaruhi fungsi kerja dari bagian-bagian dalam telinga. Karena itu, agar semua bagian dalam telinga bisa bekerja dengan baik maka cairan perlu mempertahankan volume, tekanan, dan komposisi kimia tertentu. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mengubah cairan telinga sehingga memicu penyakit meniere:

  1. Kelainan anatomi sehingga menyebabkan penyumbatan

  2. Alergi

  3. Infeksi Virus

  4. Genetik

  5. Trauma sekitar kepala

Banyak langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah ataupun cara mengobati penyakit meniere. Mengubah gaya hidup menjadi pola hidup sehat nyatanya bisa menjauhkan kamu dari penyakit meniere. Tidak hanya itu, jika kamu mengalami beberapa gejala awal seperti vertigo maka jangan lupa untuk menyempatkan istirahat yang cukup. Selain itu, kamu bisa mengurangi kafein, alkohol, dan juga rokok. Jangan lupa untuk olahraga secara teratur agar kesehatan kamu tetap terjaga.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memiliki kesehatan tubuh. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan tubuh kamu, tanyakan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: