Mitos atau Fakta, Olahraga Bisa Atasi Hernia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
mitos-atau-fakta-olahraga-bisa-atasi-hernia-halodoc

Halodoc, Jakarta – Hernia atau yang dikenal juga dengan “turun berok” adalah kondisi mencuatnya organ tubuh akibat jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnya melemah. Kondisi ini tentu saja perlu ditangani segera, karena bila tidak, hernia bisa semakin membesar dan menyebabkan sejumlah komplikasi. Tindakan yang dianjurkan dokter untuk menangani hernia memang bisa berbeda-beda pada tiap pengidap. Namun, biasanya, hernia diatasi dengan melakukan operasi. Selain operasi, belakangan ini beredar mitos bahwa hernia bisa disembuhkan dengan cara berolahraga. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu kebenarannya di sini.

Baca juga: Cari Tahu 4 Gejala Hernia Berdasarkan Jenisnya

Ternyata, manfaat olahraga untuk mengatasi hernia bukanlah mitos belaka. Olahraga merupakan salah satu langkah terbaik untuk mengembalikan kondisi otot pengidap yang fungsinya sudah melemah. Untuk pengidap hernia, berikut ini olahraga-olahraga yang cocok untuk mengatasi penyakit tersebut:

1. Yoga

Tidak hanya bisa menghilangkan stres dan menenangkan pikiran, gerakan yoga ternyata juga bisa memperkuat otot untuk atasi hernia sekaligus mencegahnya kambuh kembali di masa depan. Berikut ini  gaya-gaya yoga yang bermanfaat untuk atasi hernia:

  • Supta Vajrasana

Cara melakukannya adalah duduk dengan menekuk siku membentuk huruf V ke belakang. Kemudian secara perlahan, letakkan kepala hingga menyentuh lantai. Saat melakukan gaya ini, kamu harus membungkuk dan posisi lutut harus ada di lantai.

  • Sarvangasana

Pertama-tama, kamu harus berbaring telentang dan kedua tangan berada di samping tubuh dengan telapak tangan tetap menyentuh lantai. Lalu, angkat kaki dengan dorongan tangan dan tekuk siku agar telapak tangan tetap lurus. Terakhir, angkat kaki lebih tinggi lagi sehingga posisi kaki tegak lurus dengan leher.

  • Halasan

Gaya ini dilakukan dengan berbaring telentang, lalu posisikan bokong di samping. Setelah itu, angkat kaki ke atas dan lurus tanpa membebani tangan. Kemudian, gerakan kaki melewati kepala hingga ujung kaki menyentuh lantai.

2. Jalan Santai

Jalan santai merupakan olahraga berintensitas rendah, tetpi cukup efektif untuk memperkuat tubuh bagian bawah. Dengan berjalan santai secara teratur, kamu bisa menjaga otot tubuh tetap kencang dan kuat, sehingga hernia pun bisa membaik.

3. Berenang

Berenang dipercaya bisa mengobati hernia, karena berat air terbukti bisa mendorong dan menahan posisi buah zakar pada pria dan otot rahim pada wanita. Selain itu, berenang juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada perut, sehingga organ perut tetap berada pada tempatnya.

4. Aerobik

Meskipun merupakan olahraga berintensitas sedang, tetapi gerakan aerobik yang cepat dan dinamis dipercaya bisa mengobati hernia. Gerakan aerobik bisa memperkuat otot yang bisa menyembuhkan hernia dan melancarkan darah di sekitar perut.

Nah, jadi enggak ada alasan bagi pengidap hernia untuk berhenti berolahraga. Berhenti berolahraga bukanlah solusi, melainkan mengetahui olahraga apa yang cocok yang aman untuk kondisi hernia kamu.

Baca juga: Atasi Turun Berok dengan Pijat, Bolehkah?

Olahraga yang Harus Dihindari Pengidap Hernia

Meski ada olahraga yang bisa mengatasi hernia, tetapi beberapa olahraga tertentu justru bisa memperparah kondisi hernia. Pengidap hernia sebaiknya tidak melakukan olahraga yang banyak menggunakan otot di area yang terkena hernia. Contohnya, bila kamu mengalami hernia di perut, maka sebaiknya hindari latihan perut seperti sit up

Berikut ini jenis olahraga yang sebaiknya dihindari pengidap hernia:

  • Mengangkat beban berat, seperti olahraga angkat besi;

  • Olahraga yang melibatkan gerakan mendorong, seperti push-up atau shoulder press;

  • Olahraga yang melibatkan gerakan menarik, seperti pull-up; dan

  • Olahraga menendang atau meninju, seperti sepak bola atau gulat.

Kamu tentunya enggak mau kan kondisi hernia kamu berkembang semakin parah? Karena itu, sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi kamu. Hindarilah jenis olahraga yang bisa memicu ketegangan atau menimbulkan rasa sakit.

Baca juga: Angkat Beban Berat Sebabkan Hernia, Mitos atau Fakta?

Itulah jenis olahraga yang bisa mengatasi hernia. Bila kamu adalah pengidap hernia yang ingin mencoba olahraga tertentu, sebaiknya bicarakan saja dulu kepada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui fitur Talk to A Doctor untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Aaptiv (Diakses pada 2019). How to Modify Your Exercise Routine for a Hernia
NCBI (Diakses pada 2019). Effect of yoga therapy in reversible inguinal hernia: A quasi experimental study