13 March 2019

Atasi Turun Berok dengan Pijat, Bolehkah?

atasi-turun-berok-dengan-pijat-bolehkah-halodoc

Halodoc, Jakarta – Turun berok atau dalam istilah medis dikenal sebagai hernia adalah suatu penyakit saat organ dalam tubuh, misalnya usus menonjol keluar melalui celah otot atau jaringan penyangga di dalam tubuh yang melemah. Penjelasan sederhananya adalah usus melorot dari tempat yang seharusnya. Nah katanya, untuk mengembalikan usus ke tempatnya semula, metode pijat bisa dilakukan. Tapi, benarkah pijat aman untuk mengatasi turun berok? Simak penjelasannya di sini.

Turun berok atau hernia bisa terjadi pada siapa saja, baik bayi maupun orang dewasa. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu, seperti perut, pusar, bagian atas paha, dan selangkangan. Benjolan pada turun berok ini ada yang bisa didorong masuk kembali ke dalam tubuh, namun ada juga yang tidak.

Biasanya pengidap bisa merasakan benjolan ini pada saat berdiri, membungkuk, tertawa, batuk, atau mengejan saat buang air besar. Pada bayi yang mengalami turun berok, benjolan biasanya akan terlihat saat ia sedang menangis.

Baca juga: Hernia Umbilikalis pada Bayi Bisa Sembuh dengan Sendirinya

Hernia membuat pengidapnya merasa tidak nyaman saat beraktivitas, karena benjolan tersebut muncul dengan disertai rasa sakit, khususnya saat melakukan aktivitas tertentu, seperti berjalan, membungkuk, berlari atau mengangkat beban. Itulah mengapa hernia sebaiknya segera diobati.

Tapi, sebelum mengetahui cara mengatasi turun berok. Ada baiknya kamu mengetahui penyebab turun berok terlebih dahulu. Turun berok bisa terjadi karena melemahnya otot atau bagian tubuh yang berfungsi untuk menyangga posisi organ di dalam tubuh. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Kebiasaan mengangkat beban berat.

  • Sering mengejan, karena sembelit atau susah buang air kecil.

  • Pernah cedera atau menjalani pembedahan di daerah yang muncul hernia.

  • Batuk kronis.

  • Adanya penumpukan cairan di dalam rongga perut atau asites.

  • Kenaikan berat badan secara tiba-tiba.

  • Adanya riwayat penyakit turun berok dalam keluarga.

Baca juga: Operasi Caesar Bisa Tingkatkan Risiko Hernia

Bila kamu merasakan adanya benjolan yang dicurigai sebagai akibat hernia, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Untuk mendiagnosis hernia, dokter pertama-tama akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menemukan benjolan akibat turun berok. Bila perlu, dokter juga bisa menyarankan untuk melakukan foto Rontgen atau CT scan.

Kemudian, untuk mengetahui jenis turun berok yang dialami, dokter akan melakukan pemeriksaan melalui prosedur endoskopi. Sedangkan pada bayi atau anak-anak, umumnya pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah dengan USG.

Turun Berok Tidak Boleh Diurut

Secara medis, tidak disarankan untuk melakukan pijat atau mengurut daerah perut yang mengalami turun berok, baik itu pada pengidap dewasa maupun anak-anak. Melakukan pijat pada area turun berok justru dapat menyebabkan beberapa kondisi yang merugikan, misalnya pecahnya usus atau perforasi usus, terjadi invaginasi, yaitu masuknya suatu bagian usus ke dalam bagian usus lain, dan lain-lain. Karena itu, hindari mengurut benjolan hernia.

Pengobatan hernia yang terbaik adalah dengan melakukan operasi, sehingga bagian usus yang turun dapat kembali ke tempat semula serta jaringan yang lemah bisa diperkuat kembali. Jadi, sebaiknya bicarakanlah secara langsung dengan dokter bedah untuk menentukan tindakan terbaik mengatasi hernia kamu.

Sambil menunggu jadwal operasi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk meringankan gejala turun berok:

  • Jangan mengejan terlalu kuat

  • Hindari mengangkat beban yang terlalu berat

  • Minum air putih yang cukup, minimal 2 liter per hari

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah

  • Hindari merokok.

Baca juga: Tanpa Operasi, Atasi Hernia dengan Olahraga Ini

Bila ingin mengetahui cara mengobati dan mencegah hernia lebih banyak, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya langsung dengan dokter Halodoc yang ahli dan tepercaya melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.