07 December 2018

Inilah 4 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Paru Obstruktif Kronis

Inilah 4 Olahraga yang Aman untuk Pengidap Paru Obstruktif Kronis

Halodoc, Jakarta – Penyakit Paru Obstruktif kronis (PPOK) sering membuat pengidapnya mengalami kesulitan dalam bernapas, dan mudah merasa lelah. Hal itu kemudian sering dijadikan alasan dan membuat pengidap penyakit tersebut takut untuk berolahraga.

PPOK adalah penyakit yang menyerang paru-paru dan menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan paru. Kebanyakan orang yang mengidap penyakit ini enggan untuk berolahraga, karena menghindari gejala sesak napas yang sering terjadi. Padahal, olahraga adalah hal yang sebaiknya rutin dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Nyatanya, ada beberapa jenis olahraga yang aman untuk dilakukan pengidap penyakit paru. Apa saja?

1. Latihan Pernapasan

Rutin melakukan latihan pernapasan bisa membantu menguatkan otot pernapasan utama, yaitu diafragma. Selain itu, melakukan latihan yang satu ini juga bisa membuat paru-paru terasa lebih lega dan bisa melatih pernapasan menjadi lebih baik. Pasalnya, masalah utama yang dimiliki orang dengan penyakit paru ini adalah pernapasan.

Latihan ini bisa dilakukan dengan alat bantuan maupun tanpa alat bantuan sama sekali yang bisa dilakukan di rumah. Cara pertama, latihan pernapasan bisa dilakukan dengan cara berbaring sambil memeluk lutut. Kamu juga bisa memanfaatkan alat yang ada di rumah untuk melakukan latihan ini, yaitu kursi. Lakukan latihan pernapasan dengan duduk di kursi yang cukup rendah.

2. Peregangan

Latihan yang satu ini cocok dilakukan sebagai bentuk pemanasan atau sebelum melakukan olahraga utama. Melakukan peregangan ringan nyatanya bisa menjadi jenis olahraga yang baik untuk pengidap PPOK.

Salah satu contoh gerakan peregangan yang aman dilakukan pengidap PPOK adalah meletakkan kedua tangan di dinding, lalu pastikan letak tangan sejajar dengan bahu. Ambil posisi seakan ingin mendorong dinding, kemudian letakkan kaki kanan di depan, dan secara perlahan tekuk lutut sampai terasa ada tarikan di paha. Ulangi gerakan tersebut pada sisi kaki yang lain, lakukan gerakan ini selama 10—30 detik.

3. Berjalan Kaki

Berjalan kaki dengan santai juga bisa menjadi jenis olahraga pilihan untuk pengidap penyakit paru. Selain mudah, jenis olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan bisa memberi dampak yang baik untuk kesehatan tubuh dan pernapasan. Agar lebih aman, cobalah untuk mengatur jarak dan intensitas jalan kaki.

Hindari memaksakan diri dan langsung mengambil jarak yang jauh saat melakukan latihan ini. Untuk menghindari risiko kelelahan, tingkatkan jarak dan waktu berjalan kaki secara perlahan setiap hari. Pastikan juga untuk tidak melakukan olahraga ini secara terburu-buru.

4. Tai Chi

Pengidap PPOK juga dianjurkan untuk rutin melakukan Tai Chi. Olahraga yang berasal dari Tiongkok kuno ini terdiri dari gerakan-gerakan yang lembut dan mengalir dan bisa menjadi jenis olahraga yang baik serta aman untuk pengidap PPOK.

Rutin melakukan latihan Tai Chi bisa membantu mengencangkan otot, dan membuat tubuh lebih rileks. Jenis olahraga yang satu ini ternyata juga baik untuk dilakukan pengidap penyakit jantung. Tak hanya melatih paru-paru, Tai Chi pun dapat membantu mencegah depresi dan mengurangi stres yang bisa terjadi karena terlalu memikirkan penyakit.

Cari tahu lebih lanjut seputar PPOK dan bicarakan rencana olahraga dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dokter lebih mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: