Orang Ekstrovert Cenderung Lebih Cepat Sukses, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
orang ekstrovert, kepribadian ekstrovert

Halodoc, Jakarta - Apa kamu punya hobby bergaul dengan teman dan merasa kesepian saat sedang enggak bersama dengan mereka? Jika iya, kamu termasuk dalam sekelompok orang ekstrovert. Orang ekstrovert ini memiliki kepribadian yang lebih terbuka dan periang. Mereka lihai dalam beradaptasi dan berpendapat. Dengan begini, orang ekstrovert cenderung lebih cepat sukses. Sedihnya, orang-orang dengan kepribadian ekstrovert akan dianggap senang cari muka.

Baca juga: Jangan Salah Paham dengan Ekstrovert, Ini Faktanya

Begini Ciri-ciri Jika Kamu Adalah Orang Ekstrovert

Orang dengan kepribadian ini dapat dilihat dengan ciri-ciri:

  • Enggak suka dengan kesendirian. Orang dengan kepribadian ekstrovert justru akan merasa uring-uringan jika mereka merasa jenuh dan lelah dengan kesendiriannya.

  • Mereka senang bertemu, berkumpul, dan bergaul dengan orang-orang. Karena menurut mereka, bertemu dengan orang-orang merupakan suatu sumber energi.

  • Orang ekstrovert paling enggak bisa berdiam diri, mereka akan selalu punya bahan untuk menjadi topik pembicaraan.

  • Memiliki beberapa lingkup pertemanan. Orang dengan kepribadian ini enggak hanya punya satu lingkup pertemanan saja. Hal ini lah yang menjadikan orang ekstrovert senang bergaul dengan orang lain.

  • Mereka bukan tipe orang yang suka memendam perasaan, mereka akan menyuarakan pendapatnya jika ada suatu hal yang mengganjal. Karena ini, orang ekstrovert dinilai berani.

  • Orang-orang akan berpikir orang ekstrovert suka cari muka. Padahal, memang orang-orang dengan kepribadian ini demikian adanya.

  • Selalu punya rencana dengan matang. Karena orang-orang ekstrovert enggak suka jika hanya berujung diam saja di rumah.

Nah, apakah kamu punya sejumlah ciri-ciri di atas? Jika iya, berarti kamu termasuk dalam sekelompok orang ekstrovert! Lalu, mengapa orang-orang dengan kepribadian ini cenderung lebih cepat sukses?

Baca juga: Kapan Karakter Anak Introvert dan Ekstrovert Terlihat?

Alasan Orang Ekstrovert Cenderung Lebih Cepat Sukses

Ada beberapa kelebihan orang dengan kepribadian ekstrovert yang membuat mereka cenderung lebih cepat sukses, yaitu:

  • Karena mereka punya pergaulan yang luas, mereka punya teman dari berbagai macam kalangan yang bisa jadi channel tersendiri, sehingga dapat memengaruhi kesuksesan mereka. Orang ekstrovert berpikir dengan pergaulan yang luas, mereka bisa mendapat tawaran kerja dan karir yang menjanjikan dari teman sepergaulan mereka.

  • Mereka mudah bersosialisasi. Kelebihan lain dari orang ekstrovert adalah mereka gampang menyatu dengan orang-orang baru di lingkungannya. Mereka bisa langsung akrab dengan orang yang baru ditemui.

  • Unggul dalam kerja tim. Karena kelebihannya gampang menyatu dengan orang serta pembawaannya yang santai, orang dengan kepribadian ini lebih unggul saat bekerja dalam tim.

  • Cepat beradaptasi dengan perubahan. Enggak hanya dengan orang baru, ekstrovert juga enggak punya masalah berarti saat harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Mereka akan cepat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi, termasuk di dunia kerja.

  • Bisa jadi sosok pemimpin yang baik, karena mereka enggak merasa malu dan minder ketika sedang menjadi sorotan. Sorotan yang diberikan oleh banyak orang, justru akan membuat mereka lebih bersemangat.

  • Orang ekstrovert lebih senang untuk mengutarakan suaranya. Hal ini yang membuat atasan mengapresiasi dan menilai pemikiran mereka.

  • Orang ekstrovert senang tantangan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka adalah pribadi yang enggak cepat puas dengan prestasi yang dimiliki selama ini.

Baca juga: Introvert itu Pendiam, Masa sih? Ini Faktanya

Itulah penjelasan mengapa orang ekstrovert cenderung lebih cepat sukses. Jika kamu merupakan salah satunya, kamu pasti akan sukses lebih cepat karena kamu pandai bersosialisasi, percaya diri, luwes dalam bergaul, dan bisa menginspirasi banyak orang.

Kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan? Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!