• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pasangan Muda, Ketahui Cara Cepat Hamil yang Sehat

Pasangan Muda, Ketahui Cara Cepat Hamil yang Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pasangan Muda, Ketahui Cara Cepat Hamil yang Sehat

“Sebagian wanita memiliki peluang kehamilan yang besar. Tidak heran jika beberapa bulan setelah menikah, mereka langsung dikaruniai momongan. Namun, ada pula orang yang sudah rutin berhubungan intim, tetapi kehamilan belum juga datang. Faktanya, bukan hanya berhubungan intim saja yang menentukan peluang kehamilan.”

Halodoc, Jakarta - Setelah menikah, sebagian besar pasangan mendambakan keturunan. Tidak jarang dari mereka berhasil mendapatkan kehamilan secara alami atau mengikuti program kehamilan. Jika kamu salah satu yang tengah menantikan momongan, faktor penentunya bukan sekedar berhubungan intim saja. Lantas, bagaimana cara cepat hamil yang dapat meningkatkan peluang pasangan memiliki momongan?

Baca juga: Bumil, Ini 3 Dampak Stres Bagi Pertumbuhan Janin

1. Hubungan Intim Tepat pada Waktunya

Namun, bukan berarti kamu harus melakukan hubungan intim pada waktu ini saja, ya! Bukan juga harus dilakukan setiap hari. Waktu yang dianjurkan adalah setiap dua hari sekali, tepat empat hari setelah selesai menstruasi. Sperma memiliki masa hidup antara 3-6 hari setelah dilepaskan. Jadi, kamu dan pasangan bisa menentukan kapan sebaiknya bercinta. 

2. Hindari Stres

Cara cepat hamil selanjutnya adalah berusaha untuk menghindari stres. Stres ini bisa menjadi penyebab dari semua masalah kesehatan. Stres juga bisa bikin pasangan muda, terutama wanita, lebih susah untuk punya momongan, lo. Pasalnya, stres bisa membuat proses ovulasi terganggu. Sebaiknya, jangan terlalu dipikirkan, jalani saja hubungan dengan pasangan seperti biasa. Kalau kamu memikirkan akan berhasil atau tidak, stres lebih mudah terjadi. 

3. Jalani Pola Hidup Sehat

Menjalani pola hidup sehat menjadi cara cepat hamil selanjutnya. Caranya dapat dilakukan dengan memberikan tubuh asupan makanan sehat dengan kandungan tinggi asam folat. Bukan itu saja, rutin berolahraga juga perlu dilakukan guna membantu meningkatkan kesuburan kamu dan pasangan. Hindari merokok dan minum alkohol, ya. Pasalnya, keduanya membuat kehamilan jadi lebih sulit terjadinya sebagai akibat dari penurunan kesuburan. 

Baca juga: Ingin Program Hamil Sukses? Ajak Pasangan Melakukan Ini

4. Mengetahui Kapan Masa Subur

Bercinta kala masa subur datang pada wanita menjadi waktu terbaik untuk memiliki anak. Saat masa subur, sel telur dilepaskan oleh ovum, sehingga peluang kehamilan menjadi sangat tinggi. Namun, masa subur setiap wanita berbeda. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh siklus bulanan dalam perhitungan menstruasi. Kalau memiliki siklus haid tidak teratur, sebaiknya catat kapan haid setiap bulannya untuk mempermudah perhitungan. 

5. Cari Posisi yang Nyaman

Apakah cara cepat hamil dipengaruhi oleh posisi dalam bercinta? Sebenarnya, tidak demikian. Anggapan bercinta di pagi hari memberikan hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan malam hari tidak selalu benar. Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda. Jadi, disarankan untuk melakukan hubungan intim dalam waktu dan posisi yang nyaman. Baik pagi dan malam, kamu bisa diskusikan dengan pasangan.

6. Perhatikan Frekuensi Bercinta

Cara cepat hamil selanjutnya adalah meningkatkan frekuensi berhubungan intim. Jika biasanya hanya dilakukan seminggu sekali, saat masa subur kamu bisa melakukannya setiap hari atau 4 kali dalam seminggu.

Baca juga: Begini Cara Menanamkan Afirmasi Positif bagi Ibu Hamil

Jika semua langkah tersebut belum berhasil, kamu bisa membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Hal ini penting dilakukan karena kehamilan rentan dengan komplikasi, baik dari calon ibu, calon ayah, maupun dari janin yang berada dalam rahim. Jika belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download di sini, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 
Baby Center. Diakses pada 2021. How to Get Pregnant Fast.
Parenting. Diakses pada 2021. 5 Tips for Getting Pregnant.
WebMD. Diakses pada 2021. 7 Tips for Getting Pregnant Faster.