Penanganan bagi Pengidap Trikotilomania yang Bisa Dilakukan Sendiri

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Penanganan bagi Pengidap Trikotilomania yang Bisa Dilakukan Sendiri

Halodoc, Jakarta - Banyak kelainan jiwa yang dapat terjadi pada manusia. Salah satu kelainan yang mungkin terjadi adalah trikotilomania. Kelainan trikotilomania terjadi ketika seseorang mempunyai kecenderungan untuk mencabut rambut. Perilaku tersebut dianggap oleh pengidapnya sebagai suatu cara untuk menenangkan dirinya. Jangan dibiarkan, kamu perlu tahu cara penanganan trikotilomania ini.

Karena sering mencabut rambut dari kulit kepala, kebotakan pada suatu area akan terjadi dan dapat memperburuk penampilan. Seseorang yang mempunyai gangguan trikotilomania selalu berusaha untuk menutupi kebotakan yang terjadi dengan segala cara. Selain itu, seseorang dengan trikotilomania juga kerap mencabuti rambut yang berada di alis dan bulu mata.

Selain itu, hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami trikotilomania belum dapat dipastikan. Walau begitu, seperti kebanyakan kelainan jiwa lainnya, hal ini diduga disebabkan oleh faktor genetik dan juga lingkungan. Faktor-faktor lainnya yang dapat membuat seseorang mengalami gangguan trikotilomania adalah:

  1. Faktor genetik. Faktor keturunan atau genetik dapat menyebabkan terjadinya trikotilomania pada seseorang.

  2. Usia. Kelainan ini umumnya terjadi mulai usia 10 hingga 13 tahun, dan dapat terjadi seumur hidup.

  3. Stres. Tekanan hidup dapat menyebabkan kelainan ini terjadi pada seseorang.

Penanganan Trikotilomania Mandiri

Penanganan trikotilomania yang dapat kamu lakukan secara mandiri ada banyak macamnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengidapnya dari kebotakan. Karena itu, penanganan trikotilomania mandiri yang dapat dilakukan adalah:

  1. Mencatat Setiap Kali Mencabut Rambut

Penanganan trikotilomania yang dapat dilakukan adalah selalu mencatat setiap kali kamu melakukan pencabutan rambut. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui seberapa sering kamu mencabut rambut dan apa yang memicu kamu melakukan hal itu. Selain itu, kamu juga dapat melihat progres terhadap rambut kamu dari hari ke hari terkait kepala yang kehilangan rambut.

  1. Lakukan Aktivitas Lain Ketika Senggang

Salah satu yang dapat dilakukan untuk menangani trikotilomania mandiri adalah melakukan aktivitas yang dapat menyibukkan diri ketika terdapat waktu luang. Hal-hal yang mudah dikerjakan dan berdampak baik pada diri, seperti melukis, mendengarkan musik, membaca buku, hingga bermain dengan teman dapat mengalihkan perhatian dari pencabutan rambut. Jangan beri kesempatan pada diri kamu untuk mencabut rambut.

  1. Buat Rencana untuk Menghentikan Kebiasaan Mencabuti Rambut

Penanganan trikotilomania mandiri lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat rencana untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Tuliskan seluruh dampak baiknya jika kamu menghentikan kebiasaan tersebut untuk masa depan kamu. Selalu pikirkan hal positif dan masa depan yang lebih baik.

  1. Mengurangi Rasa Stres yang Timbul

Mengurangi rasa stres yang ada dapat menjadi salah satu penanganan trikotilomania mandiri yang mampu kamu lakukan. Salah satu penyebab terjadinya kelainan tersebut adalah stres yang tinggi. Maka dari itu, kamu harus mengurangi sumber stres yang ada. Coba kelola rasa stres tersebut dengan hal-hal yang membuat kamu bahagia.

  1. Lakukan Meditasi

Dengan bermeditasi, kamu dapat menangani trikotilomania tanpa bergantung pada orang lain. Meditasi dapat membantu mengurangi perasaan stres dalam pikiran. Kebiasaan meditasi yang teratur dapat menjernihkan pikiran, sehingga kamu dapat fokus kembali pada aktivitas yang akan dikerjakan. Duduk lalu ambil napas dalam-dalam selama beberapa menit, niscaya perasaan kamu akan menjadi lebih baik.

Itulah cara penanganan trikotilomania mandiri yang dapat kamu lakukan. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal kelainan ini, kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga dapat membeli obat yang sedang dibutuhkan dan pesanan akan langsung di antar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download segera di Google Play atau App Store!

Baca juga: