Perbedaan Vitiligo yang Terjadi pada Anak-Anak dan Orang Dewasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perbedaan Vitiligo yang Terjadi pada Anak-Anak dan Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta - Terdapat bercak putih pada kulit anak ibu, mungkin saja ia mengidap penyakit vitiligo. Kebanyakan ibu-ibu pasti panik dan bertanya-tanya apakah penyakit ini termasuk dalam kategori serius. Orangtua harus mengetahui apakah gejala bercak putih tersebut benar-benar disebabkan oleh vitiligo atau bukan.

Vitiligo adalah sebuah kondisi medis yang ditandai dengan bercak putih pada kulit. Kondisi ini mengakibatkan perubahan warna kulit yang disebabkan oleh hilangnya pigmen pada kulit. Kondisi ini dapat terjadi pada semua orang dengan semua warna kulit dan usia berapa pun. Meski begitu, vitiligo tidak dapat menular, menyebabkan infeksi, hingga mengancam jiwa.

Para ahli beranggapan vitiligo sebagai penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel atau bagian tubuh tertentu. Disebutkan apabila seseorang yang mengidap vitiligo, sistem kekebalan tubuhnya akan menghancurkan melanosit, yang berfungsi untuk menghasilkan pigmen melanin. Melanin berfungsi untuk memberi warna pada kulit dan melindungi dari kerusakan karena sinar matahari.

Vitiligo dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, walaupun umumnya menyerang bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari, seperti wajah, tangan, dan leher. Selain itu, bercak putih tersebut juga dapat terjadi di kulit bagian siku, lutut, ketiak, selangkangan, atau mata.

Pengidap vitiligo juga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap kanker kulit, kulit terbakar, kulit kering, kehilangan pendengaran, masalah pada penglihatan, dan tekanan emosional dari orang sekitar. Vitiligo pada anak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Vitiligo paling sering muncul pada anak-anak berusia empat hingga lima tahun. Walau begitu, anak berusia satu tahun juga bisa mengidapnya.

Vitiligo terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Segmental vitiligo. Vitiligo jenis ini terjadi hanya pada satu area tubuh dan jarang terjadi. Nama lain dari vitiligo ini yaitu vitiligo lokal.

  • Non-segmental vitiligo. Vitiligo ini terjadi secara simetris pada kedua sisi tubuh. Vitiligo jenis ini disebut juga vitiligo umum.

Perbedaan vitiligo pada anak dan dewasa

Terdapat dua hal yang membedakan antara vitiligo yang terjadi pada anak-anak dan dewasa. Hal-hal tersebut adalah:

  1. Vitiligo pada anak lebih banyak terjadi pada perempuan.

  2. Jenis vitiligo yang sering dialami anak-anak adalah vitiligo segmental.

Untuk para orangtua, gejala-gejala yang timbul jika anak mengalami vitiligo adalah muncul bercak putih, warna kulit berubah, warna rambut, alis, dan, bulu mata juga ikut berubah, serta perubahan warna pada retina dan lapisan dalam pada mulut dan hidung.

Pengobatan Vitiligo

Dari sisi pengobatan, vitiligo pada anak atau pun pada orang dewasa sama-sama sulit untuk disembuhkan. Namun, terdapat beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki warna kulit yang berbeda, yaitu:

  1. Mengoleskan Krim Kortikosteroid

Pengolesan krim kortikosteroid ampuh mengatasi kulit yang mengalami vitiligo pada fase awal. Penggunaan krim ini tidak terlalu ampuh pada warna kulit yang terus berubah. Walaupun begitu, penggunaan krim kortikosteroid dianggap dapat berdampak buruk pada anak-anak, karena dapat memengaruhi pertumbuhan dan menimbulkan masalah kesehatan.

  1. Calcineurin Inhibitors

Pengobatan jenis ini berfungsi untuk menekan sistem kekebalan tubuh. Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa penggunaannya berhasil memperlambat vitiligo yang berkembang pada anak-anak. Selain itu, efek sampingnya lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan krim kortikosteroid.

  1. Calcipotriol

Pengobatan ini adalah pembentukan sintetis dari vitamin D3 dan digunakan bersamaan dengan krim kortikosteroid. Pengobatan ini bermanfaat untuk mengobati vitiligo pada masa anak-anak.

Itulah penjelasan tentang vitiligo dan perbedaannya ketika menyerang anak-anak dan dewasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal vitiligo, kamu dapat berdiskusi dengan dokter dari Halodoc. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga dapat membeli obat yang sedang dibutuhkan dan pesanan akan langsung di antar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download segera di Google Play atau App Store!

Baca juga: