Periksa Kondisi Kesehatan dengan Mengecek 4 Bagian Tubuh Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
periksa-kondisi-kesehatan-dengan-mengecek-4-bagian-tubuh-ini-halodoc

Halodoc, Jakarta – Saat melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter, kamu biasanya akan menjalani pemeriksaan fisik dasar yang meliputi cek mulut, mata, suhu tubuh, sampai detak jantung. Dokter juga bisa menyarankan untuk melakukan tes penunjang, seperti tes darah atau tes pencitraan bila mencurigai adanya penyakit tertentu yang kamu alami. Namun, tahukah kamu bila sebenarnya kondisi kesehatan tubuh kamu sudah bisa diketahui hanya dengan memeriksa beberapa bagian tubuh tertentu saja lho.

1. Mata

Saat melakukan pemeriksaan fisik, salah satu bagian tubuh yang akan diperiksa oleh dokter adalah mata. Biasanya, dokter akan melihat mata kamu dengan bantuan senter. Hal ini karena dari kondisi mata, dokter bisa mengetahui apakah kamu sehat atau tidak. Orang yang sehat memiliki bagian putih mata yang bersih dan cerah, serta tentunya mata mereka tidak terlihat lelah.

Bila terdapat lingkaran hitam di sekitar mata dan warna kulit terlihat pucat, hal itu bisa jadi pertanda bahwa kondisi tubuh kamu sedang tidak sehat. Selain itu, bagian putih mata yang menguning juga bisa menjadi pertanda dari penyakit kuning atau jaundice.

Sedangkan mata yang membengkak bisa menjadi pertanda adanya reaksi alergi, penyakit ginjal atau penyakit tiroid. Penyakit ginjal bisa menyebabkan protein albumin yang berfungsi menahan cairan dalam pembuluh darah berkurang. Kadar albumin yang rendah ini bisa menyebabkan mata bengkak.

2. Lidah

Selain kondisi mata, dokter biasanya juga akan meminta kamu untuk menjulurkan lidah saat melakukan pemeriksaan. Hal ini karena kondisi kesehatan kamu juga bisa diketahui dengan melihat lidah. Lidah orang yang sehat berwarna merah muda dengan bintik-bintik kecil yang disebut papila lidah. Normalnya, lidah juga tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis, lunak dan permukaannya tampak mulus, serta tidak pecah-pecah.

Namun, bila lidah mengalami perubahan warna, bentuk dan memiliki kelainan di permukaannya, maka bisa jadi kesehatan kamu sedang bermasalah. Misalnya, bila lidah berwarna putih atau penuh dengan bintik-bintik putih dan menebal, kondisi itu menandakan adanya jamur mulut. Sedangkan lidah yang berwarna merah terang, bisa jadi merupakan tanda kekurangan vitamin, radang tenggorokan, ataupun penyakit Kawasaki.

Baca juga: Kenali Warna Lidah untuk Menentukan Kondisi Kesehatan

3. Telinga

Dokter mungkin juga akan memeriksa bagian telinga untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu. Telinga yang memerah mungkin saja disebabkan oleh perubahan hormon, seperti menopause. Sedangkan bila di dalam telinga, ditemukan kotoran telinga yang basah dan lengket, maka bisa jadi ada sesuatu pada payudara kamu. Menurut peneliti Jepang, orang yang memiliki kotoran telinga yang basah dan lengket berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Baca juga: 5 Fakta Tentang Kotoran Telinga

4. Kulit

Kulit yang nampak pucat ketika kamu menjalani pemeriksaan ke dokter bisa jadi pertanda bahwa tumbuh kamu sedang tidak fit. Selain itu, ruam kemerahan atau kulit bersisik juga bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit kulit dan penyakit autoimun, seperti lupus. Sedangkan warna kulit yang kekuningan adalah pertanda dari penyakit kuning yang disebabkan oleh gangguan pada hati. Bila terdapat ruam di sekitar ujung kaki dan tungkai bawah, hal ini bukan hanya pertanda alergi tapi juga bisa menandakan infeksi hepatitis.

Selanjutnya, bila warna kulit berubah menjadi lebih gelap pada lipatan di kulit atau persendian, ini bisa menjadi pertanda penyakit kelenjar adrenal, seperti penyakit Addison. Pengerasan kulit yang tidak normal dan disertai dengan pembengkakan mungkin saja adalah gejala dari sklerosis sistemik.

Baca juga: Begini Cara Cek Kesehatan Pakai BPJS

Nah, itulah beberapa bagian tubuh yang akan diperiksa oleh dokter untuk menilai kondisi kesehatan kamu. Sekarang ini, memeriksa kesehatan juga semakin mudah dengan hadirnya aplikasi Halodoc, lho. Caranya praktis banget, tinggal pilih fitur Lab Service dan petugas lab akan datang ke rumahmu untuk memeriksa kesehatanmu.

Bila ingin melakukan pemeriksaan kesehatan langsung dengan dokter, kamu bisa membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.