26 September 2018

Pertolongan Pertama pada Gigitan Ular

gigitan ular, digigit ular

Halodoc, Jakarta - Digigit ular merupakan hal yang akan membuat siapa saja panik. Sebab, jika ular yang menggigit itu adalah ular berbisa, kesalahan dan keterlambatan penanganan dapat menjadi hal yang fatal. Lantas, pertolongan pertama seperti apa yang harus dilakukan ketika tergigit atau melihat orang digigit ular?

Menangani gigitan ular diperlukan langkah yang cepat dan tepat. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah segera meminta bantuan medis, dengan menelpon ambulans atau segera membawa ke rumah sakit terdekat. Namun, sebelum bantuan medis datang, ada 2 hal yang perlu dilakukan. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir dampak buruk akibat gigitan ular yang mungkin terjadi.

Tetap tenang dan Perhatikan Jenis dan Tampilan Ular

Ada lebih dari 2.000 spesies ular di dunia dan ada sekitar 200 spesies yang berbisa. Namun, untuk bisa tahu apakah ular yang menggigit itu berbisa atau tidak, adalah hal yang sulit. Untuk itu, hal pertama yang perlu dilakukan ketika tergigit atau melihat seseorang digigit ular adalah tetap tenang dan perhatikan jenis atau ciri fisik ular.

Hal itu berguna ketika akan ditangani oleh petugas medis. Jika kamu mampu menjelaskan ciri ular yang menggigit, petugas medis akan tahu apakah ular yang menggigit berbisa atau tidak, sehingga memudahkan dalam menentukan langkah penanganan selanjutnya.

Untuk memperkirakan apakah suatu ular berbisa atau tidak, dapat dilihat dari beberapa ciri berikut.

Ular Berbisa:

  • Kepalanya berbentuk segi empat panjang.
  • Memiliki gigi taring yang kecil.
  • Bekas gigitan berupa luka halus berbentuk lengkungan.

Ular Tidak Berbisa:

  • Kepalanya berbentuk segi tiga.
  • Memiliki 2 taring besar di rahang atas.
  • Bekas gigitan berupa 2 lubang, yang disebabkan oleh gigi taring.

Lindungi Diri atau Orang yang Tergigit

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan ketika bantuan medis belum datang adalah melindungi diri atau orang yang tergigit ular, dengan cara-cara berikut:

1. Pindah atau Menjauh dari Jangkauan Ular

Ketika digigit ular, pastikan untuk segera menjauh dari jangkauan ular, untuk menghindari adanya serangan lanjutan.

2. Tetap Tenang dan Jangan Banyak Gerak

Setiap orang pasti akan panik ketika digigit ular. Namun, sebenarnya tetap tenang dan jangan banyak bergerak adalah hal yang penting untuk dilakukan, untuk mencegah racun ular menyebar ke seluruh tubuh.

3. Lepaskan Semua Perhiasan dan Aksesoris Tubuh

Segera lepaskan semua perhiasan dan aksesoris tubuh seperti cincin, gelang, jam tangan, dan kalung, sebelum terjadi pembengkakan. Sebab, jika bisa ular menimbulkan pembengkakan, benda-benda tersebut akan sulit untuk dilepaskan.

4. Posisikan Diri agar Daerah Gigitan Lebih Rendah dari Jantung

Bisa ular dapat dengan cepat menyebar di dalam tubuh melalui aliran darah. Jadi, jagalah posisi tubuh yang terkena gigitan untuk tetap lebih rendah dari jantung, untuk menghindari hal-hal fatal yang tidak diinginkan.

5. Tutup Luka dengan Perban Steril dan Longgar

Dengan menggunakan perban atau kain bersih, tutuplah luka gigitan, tapi jangan diikat kencang. Jika ingin mengikat perban, ikatlah dengan longgar agar aliran darah tetap lancar.

Meski hal-hal tadi merupakan pertolongan pertama yang dapat dilakukan terhadap gigitan ular, penanganan medis tetap harus dilakukan, untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Jika kamu membutuhkan diskusi soal masalah kesehatan dengan ahlinya, kamu bisa gunakan fitur Chat atau Voice/Video Call pada aplikasi Halodoc, untuk ngobrol langsung dengan dokter. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play Store.

Baca juga: