25 April 2019

Petugas KPPS Banyak yang Kelelahan, Benarkah Bisa Sebabkan Kematian?

Petugas KPPS Banyak yang Kelelahan, Benarkah Bisa Sebabkan Kematian?

Halodoc, Jakarta – Pemilu 2019 serentak baru saja dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Banyak yang turut andil untuk menyukseskan pemilu tahun ini, salah satunya adalah petugas KPPS. Namun karena kelelahan, banyak petugas KPPS yang akhirnya harus berada di bawah pengawasan tim medis. Lalu apakah benar kelelahan bisa menyebabkan kematian?

Penyakit kelelahan atau fatigue adalah kondisi ketika kamu merasa sangat lelah sehingga menyebabkan lesu dan kurang tenaga. Ada beberapa dampak kelelahan pada tubuh yang perlu kamu ketahui, seperti:

  1. Tubuh menjadi lemah dan disertai dengan sesak napas.

  2. Daya tahan tubuh menurun. Hal ini disertai mudahnya tubuh kamu terpapar virus atau bakteri.

  3. Menurunkan tingkat konsentrasi yang dipengaruhi karena kurangnya asupan oksigen menuju otak dan aliran darah yang kurang lancar.

  4. Berkurangnya nafsu makan karena menurunnya kemampuan indera perasa.

  5. Sering menguap dan timbul rasa kantuk terus menerus.

Baca juga: Apa yang Bikin Tubuh Sering Terasa Cepat Lelah?

Apa Hubungannya Kelelahan dengan Kematian?

Pemilu serentak yang sudah dilewati tentu saja menguras tenaga seluruh tim yang bekerja dibaliknya. Waktu kerja yang cukup panjang dan banyaknya kewajiban yang harus dilakukan menjadi penyebab kelelahan berdampak fatal, seperti kematian.

Bekerja dalam waktu yang cukup lama meningkatkan tingkat stres pada tubuh. Ketika kamu mengalami stres dan kelelahan, jantung bekerja lebih cepat. Hal ini mengakibatkan adanya kenaikan irama jantung dan tekanan darah. Kondisi ini yang dapat meningkatkan risiko kematian karena berpotensi untuk meningkatkan risiko serangan jantung dan gagal jantung.

Kelelahan memang tidak menyebabkan kematian secara langsung, namun sebaiknya jika kamu merasa lelah ketika sedang melakukan pekerjaan segera untuk beristirahat sejenak. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kelelahan ketika bekerja.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, sebaiknya luangkan waktu untuk konsumsi camilan sehat di tengah waktu kerja. Waktu ini bisa kamu gunakan sebagai istirahat sejenak. Jangan lupa untuk tetap mengatur waktu kerja agar kamu tidak perlu lembur setiap hari untuk menyelesaikan pekerjaan karena berhubungan dengan jam tidur. Semakin tepat waktu kamu menyelesaikan pekerjaan, maka tidak perlu lembur. Jika kamu tidak lembur, tentu waktu tidur kamu untuk beristirahat malam akan semakin panjang.

Baca juga: Lari, Olahraga yang Bisa Mengatasi Stres

Risiko Penyakit karena Kelelahan Kerja

Sebaiknya waspada penyakit lain yang menyerang kamu ketika kamu mengalami kelelahan ketika bekerja, di antaranya adalah:

1. Migrain

Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari ketika tidak segera diatasi. Mulai dari sulit berkonsentrasi hingga pekerjaan yang  terbengkalai bisa menjadi dampak dari penyakit ini.

2. Masalah Pencernaan

Terlalu sibuk bekerja dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan pada kesehatan. Stres karena pekerjaan menumpuk dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung dalam tubuh. Atur waktu bekerja dengan baik agar terhindar dari masalah gangguan pencernaan.

3. Kerontokan Rambut

Tidak hanya asam lambung yang meningkat, stres bekerja menyebabkan kamu mengalami kebotakan dini akibat kerontokan rambut yang sulit dicegah. Ambil waktu untuk berlibur sejenak, ketika tingkat stress menurun maka rambut akan tumbuh kembali dan rontok berkurang.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah