• Home
  • /
  • 6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

Halodoc, Jakarta – Indonesia selama beberapa pekan terakhir telah memasuki masa darurat virus corona. Sekolah diliburkan, kantor melaksanakan kegiatan bekerja di rumah, tempat wisata, pusat kebugaran dan gym pun ditutup, demi melaksanakan imbauan pemerintah untuk melakukan social distancing.  Bagi yang selama ini rutin nge-gym atau berolahraga di pusat kebugaran favorit, hal ini tentu cukup menyiksa. Namun, alih-alih memaksakan diri untuk tetap olahraga di luar, mengapa tidak coba olahraga di rumah saja?

Olahraga di rumah merupakan pilihan paling bijak, kala gym dan pusat olahraga tutup, selama masa darurat virus corona. Sebab, gym dan pusat olahraga lainnya merupakan salah satu tempat penyebaran virus corona. Olahraga di rumah juga bisa menjadi salah satu upaya social distancing, agar rantai penyebaran virus corona bisa terputus.

Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sembari menunggu gym dan pusat olahraga favorit kamu buka kembali, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga di rumah adalah salah satu cara untuk mencegah tertular virus corona. Nah, berikut beberapa pilihan olahraga yang mudah dan murah, yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Yoga

Yoga adalah salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Untuk menghindari risiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi, kamu tidak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga yang simple atau yang sudah pernah dipelajari sendiri. Melakukan yoga sederhana juga dapat menjadi solusi untuk tetap sehat. Kamu bisa mencoba beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Selain untuk kesehatan fisik, yoga juga bagus untuk kesehatan mental, lho. Beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari yoga adalah menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan,  dan mencegah stress serta meningkatkan rasa damai dalam pikiran yang mungkin sedang penat. Bagi kamu yang sekarang sedang merasa takut dan cemas akan virus corona, melatih kemampuan yoga di rumah bisa menjadi obatnya, lho.

2. Joging

Jika biasanya kamu melakukan joging di sekitaran komplek atau taman dekat rumah, di masa darurat corona seperti sekarang mungkin kamu jadi khawatir melakukannya, bukan? Padahal, sebenarnya joging bisa dilakukan di rumah, kok. Manfaatkan saja area pekarangan rumah untuk berlari-lari kecil bolak-balik, atau menggunakan treadmill. Manfaatnya sama saja, lho.

Baca juga: 6 Gerakan Fitness yang Bisa Dilakukan di Rumah

3. Aerobik

Olahraga seperti aerobik atau zumba memang lebih menyenangkan kalau dilakukan beramai-ramai saat berada di tempat latihan. Namun, bukan berarti olahraga ini tidak bisa dilakukan di rumah, apalagi di saat melakukan isolasi mandiri. Ya, kamu tetap dapat melakukannya, dengan bantuan alat-alat sederhana seperti pemutar musik.

Agar tetap menyenangkan dan semangat, putar lagu dan panduan aerobik di televisi atau gawai, untuk memberikan suasana yang mirip dengan di tempat latihan. Lakukan olahraga ini kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Olahraga Kardio

Olahraga kardio telah lama dikenal efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung dari berbagai gangguan. Salah satu kelebihan dari olahraga ini adalah bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan. Beberapa jenis gerakan yang bisa kamu coba adalah high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu, atau burpee, yaitu olah gerak keseluruhan tubuh.

Burpee terdiri atas gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat (ke posisi jongkok) dan terakhir berdiri sambil berloncat. Jika lima gerakan tersebut dilakukan dengan benar, seluruh tubuh akan bergerak dan esensi olahraga benar-benar dilakukan. 

Baca juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan Dalam Olahraga

5. Lompat Tali

Olahraga yang satu ini bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah, tetapi tetap bisa membuat kamu berkeringat dan meregangkan otot. Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan yang benar. Jika kuat, kamu bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari.

6. Menari

Kalau kamu bosan atau kurang sreg dengan melakukan beberapa olahraga tadi, kamu bisa mencoba menari. Cukup putar musik favorit kamu sebagai pengiring, dan lakukan beberapa gerakan sederhana yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Meski tidak seserius olahraga lainnya, menari bisa jadi solusi lain untuk tetap bergerak dan hidup sehat saat berada di rumah.

Itulah 6 pilihan olahraga yang dapat dilakukan di rumah, selama social distancing pada masa darurat virus corona saat ini. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga apapun dan minum air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik. Kalau merasa kurang sehat, daripada langsung panik dan pergi ke rumah sakit, cobalah download aplikasi Halodoc dan bicarakan keluhanmu pada dokter lewat chat

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Exercise at Home to Avoid Gym During Coronavirus Outbreak. 
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Cardiovascular Exercise Principles and Guidelines.
Better Health. Diakses pada 2020. Dance Health Benefits.
Psychology Today. Diakses pada 2020. Coronavirus – Keep Exercising Anyway.
WebMD. Diakses pada 2020. No Gym Required, How to Get Fit at Home.