Pola Makan Sehat Bisa Jadi Obat Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Pola Makan Sehat Bisa Jadi Obat Darah Tinggi

Halodoc, Jakarta - Darah tinggi atau hipertensi adalah ketika kekuatan aliran darah pada tubuh kamu lebih tinggi dibandingkan saat normal. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk. Pada tahap parah, mungkin saja kamu mengalami serangan jantung.

Walau begitu, kamu dapat melakukan pola makan sehat untuk mengobati darah tinggi. Saat melakukan hal tersebut, kamu harus menghindari beberapa makanan yang dapat memicu tekanan darah naik. Maka dari itu, kamu harus tahu pola makan sehat yang dapat menjadi obat darah tinggi. Ini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Pertolongan Pertama saat Tekanan Darah Melonjak

Obat Darah Tinggi dengan Lakukan Pola Makan Sehat

Tubuh yang sehat memang tidak mudah untuk didapatkan, namun banyak hal yang harus dikorbankan agar dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Banyak orang yang mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga darah tinggi agar tidak kambuh. Padahal, rutin mengonsumsi obat juga bisa memberikan dampak buruk lainnya pada tubuh.

Gaya hidup dan pola makan sehat mempunyai peran penting sebagai obat untuk darah tinggi. Jika kamu berhasil mengendalikan gangguan ini dengan dua hal tersebut, maka dampak buruk atau ketergantungan dari obat dapat dihindari. Berikut ini pola makan sehat dan gaya hidup untuk obat darah tinggi, yaitu:

  1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan pola makan yang sehat agar menjadi obat untuk darah tinggi adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Kamu dapat mengonsumsi makanan, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu yang rendah lemak. 

Selain itu, membatasi konsumsi lemak jenuh dan kolesterol juga dapat menurunkan darah tinggi. Hal ini disebut dengan diet Dietary to Stop Hypertension (DASH). Memang tidak mudah untuk melakukannya dan ini tips yang bisa dijadikan kebiasaan, yaitu:

  • Mencatat konsumsi harian: Kamu mencatat segala kebiasaan makan selama satu minggu. Lihat pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh kamu dan berapa banyak berat tubuh yang turun.

  • Perbanyak konsumsi kalium: Zat ini dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Kandungan ini banyak terkandung pada buah dan sayuran.

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait cara untuk mengobati darah tinggi, dokter ahli dari Halodoc dapat memberi solusi jitu pada kamu. Selain itu, kamu dapat membeli obat darah tinggi secara online tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi Halodoc. Dua fitur tersebut dapat kamu gunakan melalui aplikasi Halodoc dengan cara download ke smartphone kamu!

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

  1. Kurangi Konsumsi Natrium

Hal lainnya yang dapat dilakukan sebagai pola makan sehat untuk obat darah tinggi adalah mengurangi konsumsi natrium. Hal ini signifikan menurunkan tekanan darah agar kamu tetap sehat. Batasi natrium kamu maksimal 2.300 mg dalam satu hari. Walau begitu, asupan natrium di bawah 1.500 mg sehari ideal untuk orang dewasa pada umumnya.

Untuk melakukan hal ini, kamu dapat membatasi konsumsi makanan olahan dan pilih makanan kemasan dengan sodium yang rendah. Selain itu, kurangi konsumsi garam pada campuran makanan. Kamu dapat mengganti garam dengan bumbu atau rempah lainnya sebagai rasa pada makanan.

  1. Batasi Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan dampak baik dan buruk bagi kesehatan seseorang. Seseorang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang, satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas untuk pria, dapat menurunkan tekanan darah. Tetapi, efek tersebut dapat hilang jika kamu minum terlalu banyak. Ketika terlalu banyak, tekanan darah dapat meningkat.

Baca juga: Tekanan Darah Lansia Tinggi, Apa Bahayanya?

Itulah pentingnya menjaga pola makan setiap harinya agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya tekanan darah tinggi. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kesehatan untuk mencegah penyakit.

Referensi:
Mayo Clinic.Diakses pada 2019.10 ways to control high blood pressure without medication
WebMD.Diakses pada 2019.High Blood Pressure Diet