Raisa Melahirkan Anak Perempuan, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Caesar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Raisa Melahirkan Anak Perempuan, Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Caesar

Halodoc, Jakarta - Kabar bahagia datang dari salah satu penyanyi wanita berbakat, Raisa Andriana. Penyanyi yang karib disapa ‘Raisa’ itu baru saja berganti status menjadi ibu, setelah melahirkan seorang putri cantik, melalui prosedur caesar. Seperti yang diketahui, persalinan adalah momen puncak yang ditunggu-tunggu oleh setiap wanita yang dikaruniai kehamilan. Dalam prosesnya, ada 2 metode persalinan yang umum dilalui, yaitu normal dan caesar.

Metode persalinan caesar (C-section) dilakukan dengan membuka bagian bawah perut menuju rahim, untuk mengeluarkan sang bayi. Prosedur ini biasanya dilakukan karena kondisi tertentu, baik darurat maupun terencana. Namun, metode caesar ini biasanya banyak dikeluhkan karena pemulihan pasca operasi yang terbilang lebih lama dibanding persalinan normal. Dengan proses pemulihan yang lebih lambat, ibu akan kehilangan waktu untuk merawat Si Kecil di awal kehidupannya.

Baca juga: Segera Punya Bayi, Pilih Lahir Normal atau Caesar?

Proses Pemulihan Bisa Dipercepat, Kok

Normalnya, ibu akan pulang dari rumah sakit empat hari setelah operasi caesar dan kondisi akan pulih sepenuhnya dalam jangka waktu enam minggu. Namun, kondisi ini akan tercapai jika ibu merawat tubuh dengan benar. Berikut ini merupakan tips untuk mempercepat pemulihan tubuh ibu pasca operasi caesar:

1. Pastikan Istirahat Cukup

Sama halnya dengan prosedur operasi lainnya, ibu yang telah menjalani operasi caesar juga perlu waktu istirahat yang cukup. Hal ini mungkin sulit, karena biasanya ibu ingin memberi perhatian penuh pada bayinya. Untuk menyiasatinya, ibu bisa menggunakan waktu tidur bayi sebagai momen untuk beristirahat juga. Jika dirasa tetap sulit, pertimbangkan untuk meminta bantuan orang terdekat.

2. Perhatikan Asupan Nutrisi

Selain untuk mempercepat pemulihan, asupan nutrisi yang sehat juga diperlukan ibu dalam prosesnya menyusui bayi. Jangan lupa untuk banyak minum dan makan makanan yang berserat tinggi. Hal ini berguna untuk mencegah sembelit, karena biasanya ibu akan mengalami kesulitan buang air besar setelah operasi caesar.

Baca juga: Cara Tepat dan Cepat untuk Pulih dari Operasi Caesar

3. Rawat Bekas Jahitan dengan Baik

Jahitan biasanya akan dilepas beberapa hari setelah operasi caesar. Namun, ibu tetap harus merawatnya karena luka bekas jahitan belum mengering. Jika tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan infeksi. Perhatikan luka bekas jahitan setiap hari. Segera beritahu dokter jika terdapat tanda-tanda infeksi, seperti rasa nyeri atau warna kemerahan pada luka.

4. Usahakan untuk Tetap Aktif Bergerak

Meski disarankan untuk banyak beristirahat, bukan berarti ibu hanya berleha-leha saja pasca operasi. Usahakan untuk tetap aktif bergerak, seperti berjalan-jalan santai di area rumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, serta membantu mempercepat proses pemulihan.

Ketahui Pantangan-Pantangannya

Selain beberapa tips untuk mempercepat pemulihan tadi, ibu juga perlu memperhatikan beberapa pantangan berikut, jika ingin cepat pulih:

1. Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Gerakan dan aktivitas ringan memang disarankan bagi ibu yang baru saja menjalani operasi caesar. Namun, pastikan bahwa aktivitas yang dilakukan tidaklah terlalu berat. Meski terbiasa melakukannya sebelum hamil, ibu tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat selama proses pemulihan, seperti senam aerobik, bersepeda, atau berenang.

2. Berhubungan Intim

Hubungan intim, terutama dalam waktu 6 minggu setelah operasi, sangat tidak disarankan. Pada masa ini, rahim belum pulih sepenuhnya dan masih ada perdarahan yang terjadi. Selain itu, perubahan hormon yang terjadi setelah operasi caesar akan membuat ibu kurang bergairah, sehingga tubuh butuh waktu untuk mengembalikannya menjadi normal.

Baca juga: Tubuh Terasa Nyeri Pasca Operasi Caesar? Ini Cara Mengatasinya

3. Membawa Barang yang Berat

Hindari membawa barang yang beratnya melebihi bayi. Sebab, hal ini akan memengaruhi luka operasi.

4. Tidak Menjaga Kebersihan Diri

Hal yang harus diingat ketika ibu telah diizinkan pulang oleh dokter adalah menjaga luka operasi agar tetap bersih. Biasakan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta memastikan bahwa area luka tetap bersih dan kering.

5. Diet Ketat

Beberapa ibu mungkin menginginkan tubuhnya kembali langsing seperti sebelum hamil dan melahirkan. Namun, keinginan ini sebaiknya jangan sampai membuat ibu memutuskan untuk menjalani diet ketat, dan mengurangi asupan nutrisi penting, ya. Selain membuat proses pemulihan semakin lama, kualitas ASI pun akan berkurang.

Itulah sedikit penjelasan tentang apa yang harus diperhatikan ibu usai menjalani operasi caesar. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!