12 September 2018

Tubuh Terasa Nyeri Pasca Operasi Caesar? Ini Cara Mengatasinya

Operasi caesar, mengatasi nyeri pasca caesar

Halodoc, Jakarta -  Operasi caesar kerap dipilih oleh sebagian wanita lantaran dianggap lebih cepat dan tidak sakit dibandingkan persalinan secara normal. Namun, bekas luka operasi bisa menimbulkan nyeri jika tidak dirawat dengan baik dan benar.

Luka yang terjadi pada persalinan normal hanya terdapat pada jalan lahir yang memang sudah diciptakan. Sedangkan pada operasi caesar, jalan lahir dibuat melalui perut dan membuka rahim.

Ada perbedaan dalam proses penyembuhan luka pada persalinan normal dan persalinan dengan operasi caesar. Wanita dengan persalinan normal biasanya diperbolehkan pulang atau hanya menginap satu hari di rumah sakit. Sedangkan wanita yang menjalani operasi caesar, biasanya diharuskan menginap selama tiga hari.

Proses penyembuhan luka operasi caesar sendiri biasanya memakan waktu sekitar 3-6 bulan. Itu pun tergantung dari ada tidaknya infeksi aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diidap.

Tingkat nyeri luka bekas operasi caesar juga berbeda-beda. Perbedaan panjang luka, proses penjahitan luka, dan kondisi psikologis turut memengaruhi keparahan nyeri tersebut. Pada sebagian besar kasus, rasa nyeri sudah tidak dirasakan dalam kurun waktu enam minggu setelah melahirkan.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat memperlambat penyembuhan. Misalnya seperti adanya peregangan pada daerah sekitar luka dan tekanan pada perut akibat aktivitas berat atau pergerakan tertentu. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan obat nyeri.

Pada umumnya, obat anti-nyeri sudah cukup untuk mengatasi luka bekas operasi caesar. Namun, untuk mendapatkan obat pereda nyeri dibutuhkan rekomendasi dokter. Dengan demikian, ibu akan mendapatkan obat dengan takaran dosis yang tepat sesuai kondisi nyeri yang sedang dialami.

Tips Atasi Rasa Nyeri Pasca Operasi Caesar

1. Air Dingin atau Witch Hazel

Mandi dengan air dingin atau mengompres luka yang nyeri pasca operasi caesar dengan witch hazel bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit. Witch hazel merupakan ekstrak daun dan kulit kayu semak hamamelis yang berkhasiat mendinginkan iritasi dan mempercepat proses penyembuhan luka memar.

2. Terapi Air Hangat

Cobalah untuk berendam atau mandi di pancuran dengan menggunakan air hangat. Hal ini akan menimbulkan efek relaksasi dan perasaan tenang pada ibu.

3. Konsumsi Analgesia Oral

Mengkonsumsi obat analgesia oral seperti paracetamol berfungsi untuk mengurangi rasa sakit, terutama sakit bekas jahitan atau memar pasca operasi caesar. Namun, ibu tetap dianjurkan untuk meminta rekomendasi atau resep dokter terlebih dahulu.

4. Gel Anestetik

ibu bisa mencoba untuk menggunakan gel anestetik untuk mengurangi rasa sakit. Gel anestetik adalah obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau memberi efek mati rasa pada bagian tubuh tertentu untuk sementara.

Obat ini bekerja dengan cara menghambat sinyal penyebab nyeri, sehingga mencegah timbulnya rasa sakit. Gel anestetik bukan merupakan obat bius total, sehingga efek mati rasa yang ditimbulkan tidak disertai dengan hilangnya kesadaran.

5. Duduk di Soda atau Cincin Karet

Ibu bisa mencoba dengan duduk bersantai di sofa dan sejenak tidak memikirkan anak terlebih dahulu beberapa menit. Sehingga, ibu akan merasa tenang dan segar kembali, sehingga siap dengan segala aktivitas, khususnya merawat Si Kecil.

6. Latihan Dasar Panggul

Melalui latihan dasar panggul dinilai dapat mengurangi rasa sakit pasca operasi caesar dan memar, karena dapat meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Jika ibu mengalami masalah lain dalam melakukan tips untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, ibu dapat melakukan diskusi dengan  dokter ahli di Halodoc dan mendapatkan solusinya. Ibu tidak hanya bisa mengobrol langsung dengan dokter ahli, tapi ibu juga bisa membeli obatnya langsung melalui apotek antar di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya di App Store dan Google Play!

 

Baca juga: