15 October 2018

Selain Lari, Masih Ada 5 Olahraga Kardio yang Bisa Dicoba

Selain Lari, Masih Ada 5 Olahraga Kardio yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta - Olahraga kardio memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh serta otak. Olahraga yang memompa jantung ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan performa jantung dan paru, hingga anti-depresi. Cara yang sangat umum dan populer untuk melakukan olahraga jantung adalah dengan berlari.

Komunitas lari yang berkembang hingga event lari yang beragam, membuat berlari sangat digemari. Namun bagi beberapa orang, olahraga yang satu ini terkesan menjemukan, bahkan berat untuk dilakukan. Jika kamu ingin tetap sehat tetapi tidak suka berlari, ini pilihan olahraga kardio lain yang bisa kamu lakukan.

1. Berenang

Berenang pada dasarnya adalah olahraga kardio yang memacu jantung dan otot seluruh tubuh layaknya berlari. Berenang dapat menurunkan risiko masalah jantung serta masalah pada tekanan darah. Jika kamu tidak suka berlari karena berbagai macam faktor seperti cuaca panas, berenang adalah pilihan yang tepat.

Bagi kamu yang memiliki masalah berat badan seperti obesitas, olahraga air satu ini sangat disarankan. Suhu air yang dingin serta keringat yang tidak terlalu terasa akan membantu sesi latihan dan gerakan pada tubuh secara lebih lama.

2. Muay Thai

Olahraga bela diri dari negeri gajah putih ini sangat efektif membakar kalori. Jika kamu melakukan 20 menit latihan Muay Thai, kamu bisa membakar rata-rata 250 kalori. Dalam satu sesi yang rata-rata berdurasi 60 menit, kamu bisa membakar sekitar 750 kalori dalam sekali latihan.

Gerakan yang menggunakan banyak anggota tubuh seperti lengan, sikut, lutut, dan kaki dengan melibatkan pukulan, bantingan, dan tendangan ini akan membentuk otot serta memperbaiki pernapasan. Selain itu, kamu bisa belajar untuk dapat mempertahankan diri dari berbagai macam ancaman.

3. Trampolin

Salah satu tren yang sedang naik daun di Indonesia ini bisa dilakukan oleh segala usia. Banyak tempat bermain trampolin yang bermunculan. Kamu bisa mengajak kerabat, keluarga, atau orang-orang terdekat kamu untuk melakukan aktivitas ini bersama.

Ternyata dengan menggunakan trampolin kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan berlari tetapi dengan beban yang terasa lebih ringan. Kalori yang bisa kamu bakar dengan latihan trampoline dapat mencapai 286 per 60 menit.

Awali latihan kamu dengan gerakan lompatan sederhana untuk pemanasan. Lalu, lanjutkan dengan gerakan menyamping dan lompatan ke depan untuk gerakan menengah. Setelah itu, kamu bisa melakukan lompatan tinggi dengan gerakan menendang yang lebih kompleks.

4. Bersepeda

Bersepeda bisa dilakukan di sekitar rumah atau justru sengaja dilakukan untuk menempuh perjalanan yang lebih beragam dan jauh. Sensasi kecepatan dan suasana baru akan membuat olahraga ini lebih menyenangkan dibandingkan yang lain.

Gerakan yang kurang lebih mirip dengan berlari akan memacu jantung dan membuat kamu berkeringat. Jika kamu juga memang tidak suka berolahraga di luar rumah, kamu bisa gunakan sepeda statis di pusat kebugaran atau di rumah.

5. Naik Turun Tangga

Kegiatan yang terakhir ini relatif lebih murah dibandingkan pilihan lainnya. Kamu bisa melakukan ini di kantor, di rumah, atau di mana pun yang memang memiliki tangga. Dengan beban tubuh serta tingkat kemiringan, tangga adalah cara yang bagus untuk latihan jantung dan paru-paru.

Gerakan yang bisa kamu coba seperti mendaki cepat, lompat (melompati satu anak tangga), atau lompat menyamping (lateral high knee). Untuk penghitungannya, lakukan tiap gerakan selama 3 kali untuk kamu hitung sebagai 1 set.

Nah, jika kamu merasa kesehatanmu terganggu atau memiliki pertanyaan seputar kesehatan jantung hingga cara menjaganya, yuk tanyakan pada dokter atau spesialis dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: