Suara Serak Mengganggu, Atasi dengan 8 Cara Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
suara serak mengganggu atasi dengan 8 cara ini

Halodoc, Jakarta – Suara serak adalah kondisi umum yang rasanya hampir semua orang pernah mengalaminya. Kadang-kadang suara serak bisa membuat kamu terdengar lebih seksi. Tapi, suara yang tidak terlalu jelas karena serak juga bisa mengganggu kamu berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi bila kamu punya pertemuan penting yang mengharuskan kamu untuk berbicara lebih banyak. Enggak usah stres, coba atasi suara serak dengan cara ini.a

Mengapa Suara Serak Bisa Terjadi?

Tahukah kamu bahwa suara serak adalah pertanda kalau pita suara kamu sedang bermasalah. Suara serak biasanya ditandai dengan perubahan suara menjadi parau, lemah, ataupun berat.

Agar kamu bisa lebih mengerti proses terjadinya suara serak, kamu perlu tahu dulu bagaimana proses terjadinya suara. Jadi, suara dihasilkan oleh getaran pita suara yang terdiri dari dua cabang jaringan otot berbentuk huruf V.

Pita suara ini berada pada laring, yaitu saluran udara yang terletak di antara dasar lidah dan trakea. Saat kamu berbicara, pita suara akan menyatu dan udara akan mengalir dari paru-paru yang kemudian membuatnya bergetar. Getaran tersebut menghasilkan gelombang suara yang melewati tenggorokan, mulut, dan hidung, yang merupakan rongga resonansi yang dapat mengubah gelombang suara menjadi bunyi. Tapi, kualitas bunyi dan suara ditentukan oleh ukuran dan bentuk pita suara serta rongga resonansi.

Suara yang dihasilkan juga bisa berbeda-beda, karena ini tergantung besarnya tekanan pada pita suara. Bila pita suara menegang, maka suara menjadi lebih tinggi. Sebaliknya, bila getaran pita suara lebih rileks, maka kualitas suara menjadi berat.

Meski bukan masalah kesehatan darurat, namun suara serak yang berlangsung lebih dari 10 hari bisa jadi merupakan gejala dari kondisi lain yang lebih serius.

Baca juga: 7 Makanan Penyebab Suara Serak

Penyebab Suara Serak

Suara serak bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Tapi, kebanyakan suara serak terjadi akibat laringitis atau peradangan laring yang disebabkan oleh infeksi virus saluran pernapasan atas. Berikut penyebab suara serak lainnya:

  • Pita suara yang rusak

  • Cedera pada laring atau pita suara

  • Iritasi pada saluran pernapasan

  • Batuk kronis

  • Adanya polip, kista, ataupun benjolan pada pita suara

  • Penyakit GERD (gastroesophageal reflux)

  • Gangguan kelenjar tiroid

  • Alergi

  • Penyakit saraf, misalnya stroke atau penyakit Parkinson

  • Kanker pita suara

  • Kanker laring, paru-paru, tiroid, ataupun tenggorokan

  • Aneurisma aorta.

Selain kondisi medis di atas, beberapa hal berikut juga bisa memicu terjadinya suara serak:

  • Kebiasaan merokok

  • Dampak dari masa pubertas (pada pria)

  • Sering mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol

  • Terpapar zat beracun

  • Berteriak atau bernyanyi secara berlebihan atau dalam waktu yang lama.

Baca juga: Awasi Penyebab Laringitis yang Menyerang Tenggorokan

Cara Mengatasi Suara Serak

Sebenarnya, cara paling efektif untuk mengatasi suara serak adalah dengan menangani penyebabnya. Bila kondisi yang menjadi penyebab suara serak berhasil ditangani, maka otomatis suara serak juga akan sembuh. Suara serak yang termasuk ringan dan belum berlangsung terlalu lama tidak memerlukan pengobatan khusus. Kamu bisa melakukan perawatan berikut secara mandiri di rumah untuk meredakannya:

  1. Minum air putih yang banyak, setidaknya sebanyak dua liter sehari

  2. Mengistirahatkan pita suara selama beberapa hari dengan cara mengurangi bicara dan tidak berteriak

  3. Tidak merokok

  4. Hindari mengonsumsi minuman berkafein atau beralkohol

  5. Sebisa mungkin hindari faktor-faktor yang bisa memicu alergi

  6. Makan permen pelega tenggorokan

  7. Mandi air hangat

  8. Gunakan alat pelembap udara di dalam ruangan untuk menjaga jalan napas tetap terbuka, sehingga melancarkan pernapasan.

Bila perawatan mandiri tersebut tidak mampu mengatasi suara serak, maka dokter bisa memberikan pengobatan yang disesuaikan dengan penyebab suara serak. Misalnya, obat laringitis untuk suara serak yang disebabkan laringitis, obat antialergi untuk mengatasi alergi, dan obat asam lambung untuk mengatasi GERD yang menyebabkan suara serak.

Baca juga: 7 Kiat Berhenti Merokok

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi suara serak. Untuk membeli obat-obatan yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.