26 September 2018

Tahap Perkembangan Janin di Trimester Ketiga

trimester 3, kehamilan trimester ketiga, perkembangan janin trimester ketiga

Halodoc, Jakarta – Memasuki kehamilan trimester ketiga, artinya waktu persalinan akan semakin dekat. Wajar saja jika para calon orangtua merasa tidak sabar untuk segera bertemu dan melihat wajah sang buah hati. Nah, pada trimester 3 kehamilan, ibu dan ayah sudah mulai bisa mengenalinya, lho!

Pasalnya, salah satu perkembangan yang terjadi pada janin di trimester ketiga terjadi pada bagian wajah. Trimester ketiga terdiri dari bulan ketujuh, delapan, dan bulan kesembilan kehamilan. Agar lebih jelas, yuk bahas tahapan perkembangan janin di trimester 3 kehamilan!

1. Bulan Ketujuh

Pada bulan ketujuh, perkembangan janin yang terjadi mulai terasa “hidup”. Pasalnya, janin sudah dapat menanggapi cahaya, mendengar suara, merasakan sakit, hingga mengubah posisi tubuh. Pada bulan ketujuh, tubuh janin mulai berkembang dan mampu untuk menyimpan lemak.

Organ pendengaran janin pun semakin sempurna yang membuat dia menjadi lebih peka dan dapat mendengar suara dengan lebih baik. Pada usia kehamilan tujuh bulan, panjang janin bisa mencapai 36-42 sentimeter dengan berat sebesar 1.000–1.700 gram.

2. Delapan Bulan Kehamilan

Pada bulan kedelapan kehamilan, hampir semua bagian tubuh dan organ janin telah berkembang dengan baik. Meskipun demikian, ada bagian tubuh yang masih belum sempurna pada masa ini, yaitu paru-paru. Hal inilah yang menyebabkan sering terjadi gangguan paru-paru dan pernapasan pada bayi yang lahir sebelum waktunya atau disebut lahir prematur.

Sementara itu, bagian otak anak cenderung berkembang lebih pesat dibanding bulan-bulan sebelumnya. Seiring bertambahnya usia janin, cadangan lemak tubuh pun akan semakin meningkat. Di usia kehamilan delapan bulan, janin akan lebih aktif bergerak.

Maka ibu tidak perlu terlalu khawatir jika mendapati Si Kecil sering mendadak melakukan tendangan di masa-masa akhir kehamilan. Selain itu, di bulan kedelapan pun tendangan yang diberikan janin biasanya akan terasa lebih kencang dibandingkan biasanya. Pada bulan kedelapan kehamilan, janin biasanya sudah mencapai panjang sekitar 47 sentimeter, dengan berat minimsl 2.600 gram.

3. Bulan Kesembilan

Pada bulan kesembilan, tubuh janin sudah berkembang dengan lebih sempurna, baik pada bagian dalam maupun bagian luar. Hampir semua bagian tubuh, terutama mata dan telinga mulai bisa berfungsi. Pada usia kehamilan sembilan bulan, janin akan lebih peka terhadap rangsangan yang diberikan.

Bagian paru-paru yang sebelumnya tidak sempurna pun sudah lebih baik pada masa ini. Di usia kehamilan sembilan bulan, panjang janin sudah mencapai 46–51 centimeter dengan berat kira-kira 2,5–3,2 kilogram. Tak hanya itu, pada bulan kesembilan, janin pun sudah bersiap untuk dilahirkan. Salah satu tandanya adalah posisi janin mulai berpindah dengan bagian kepala menghadap ke jalan lahir.

Memantau perkembangan janin sejak trimester 1 hingga akhir kehamilan trimester 3, bisa membuat ibu lebih percaya diri untuk melahirkan. Sebab, ibu akan terdorong untuk selalu menjaga kesehatan agar bisa memberi yang terbaik untuk menyambut kelahiran bayi ke dunia. Mengikuti perkembangan bayi dari bulan ke bulan juga dapat membantu calon orangtua mengetahui risiko atau gangguan yang mungkin terjadi selama kehamilan. Jadi, bahaya bisa dicegah dengan berkonsultasi ke dokter.

Cari tahu lebih lengkap mengenai serba-serbi perkembangan janin pada trimester 3 dengan bertanya ke dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kehamilan tetap sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: