Tak Cuma Kolak, Ini Deretan Menu Buka Puasa yang Disarankan

tak-cuma-kolak-ini-deretan-menu-buka-puasa-yang-disarankan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Setelah berpuasa selama hampir 14 jam, buka puasa tentu menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Kamu tentunya sudah membayangkan berbagai jenis hidangan buka puasa yang lezat dan menggiurkan. Bila berbicara seputar menu buka puasa, kolak pisang adalah salah satu makanan yang paling populer dan digemari banyak orang.

Namun, selain kolak pisang, sebenarnya masih banyak lagi menu buka puasa lainnya yang enggak hanya enak tapi juga sehat. Berikut deretan menu buka puasa rekomendasi untuk kamu.

Sehat Saat Berbuka dengan Menu Berikut

1. Kurma

Setelah minum air putih, kamu dianjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis. Ini karena puasa bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kamu, sehingga kamu perlu mengembalikannya dengan cara mengonsumsi makanan yang manis-manis. Nah, salah satu makanan manis yang jadi menu buka puasa favorit adalah kurma.

Buah yang berasal dari Timur tengah ini enggak hanya memiliki rasa yang sangat manis, tapi juga memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, lho. Makan tiga buah kurma sudah cukup untuk membuat tubuh kembali bugar setelah seharian berpuasa.

2. Sup

Menu buka puasa favorit selanjutnya yang bisa kamu coba adalah sup. Sup biasanya terdiri dari aneka sayuran segar yang bisa kamu kreasikan dan tambahkan dengan daging ayam, jamur, bakso, dan lain-lain. Sup yang hangat dan bernutrisi ini bisa mengembalikan energi kamu setelah seharian berpuasa.

3. Jus Buah

Setelah menahan dahaga selama seharian, jus semangka tidak pernah gagal untuk menyegarkan kembali tenggorokan kamu yang kering. Selain jus semangka, kamu juga bisa membuat jus dari campuran buah jeruk, nanas, dan pisang yang tentu sangat menggugah selera. Tidak hanya nikmat, minuman yang terdiri dari buah-buahan kuning tersebut juga kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh kamu selama bulan Ramadan.

Baca juga: 3 Pilihan Jus untuk Buka Puasa Berbahan Sayuran

4. Bubur Kacang Ijo

Bubur kacang ijo juga menjadi salah satu menu buka puasa favorit selain kolak pisang. Hidangan yang terbuat dari kacang hijau yang lembut dan gurih, gula jawa, serta santan yang manis dan juga creamy, akan memanjakan lidah dan tenggorokan kamu setelah menahan dahaga seharian.

5. Kolak Biji Salak

Kolak biji salak juga merupakan menu buka puasa favorit yang enggak kalah nikmat dari kolak pisang. Kandungan karbohidrat dari ubi juga mampu mengembalikan tenaga yang sudah terkuras seharian selama berpuasa.

Baca juga: 5 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

6. Es Kelapa

Es kelapa muda juga bisa menjadi pilihan minuman untuk melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa. Kandungan air kelapa muda bisa mengembalikan ion tubuh yang hilang selama berpuasa seharian. Kamu bisa menambahkan gula merah atau sirup ke dalam es kelapa muda kamu untuk rasa yang lebih manis.

7. Nasi Merah

Nah, untuk makanan berat, dibanding mengonsumsi nasi putih, ada baiknya sekarang kamu menggantinya dengan beras merah. Nasi merah kaya akan kandungan zat besi, sehingga bisa mengembalikan energi di dalam tubuh dengan cepat. Selain itu, nasi merah juga sangat baik untuk dikonsumsi kamu yang memiliki anemia. Ini karena kandungan zat besi di dalam beras merah bisa membantu pembentukan sel darah merah, sehingga kamu tidak mudah lemas saat puasa.

Baca juga: Inspirasi Ketupat Beras Merah, Lebih Sehat?

Nah, itulah deretan menu buka puasa favorit yang bisa kamu coba. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama bulan puasa. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.